Struktur Organisasi FOKUSHIMITI

Nama Organisasi
Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia yang disingkat FOKUSHIMITI


Bentuk dan Sifat
FOKUSHIMITI berbentuk federasi dan bersifat independent.

Skala

Fokushimiti berskala nasional


Tujuan
menjalin, membina, serta mengembangkan komunikasi dan kerja sama antar himpunan mahasiswa ilmu tanah se-Indonesia beserta anggotanya, dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi yang berguna bagi masyarakat.


Azas
Pancasila


Keanggotaan
Anggota FOKUSHIMITI adalah Himpunan mahasiswa Ilmu tanah yang disahkan keanggotaanya dalam Pertemuan Nasional.
Setiap anggota FOKUSHIMITI mempunyai kedudukan yang sederajat.


Badan Kelengkapan Organisasi
Pertemuan Nasional, sebagai Badan Legeslatif yang memegang kekuasan tertinggi.
Badan Eksekutif Pusat, sebagai Badan Koordinasi dan Pusat Jaringan Informasi untuk semua anggota.
Badan Eksekutif Wilayah, sebagai Badan Koordinasi dan Pusat Jaringan Informasi untuk anggota diwilayahnya.
Badan Pengawas Organisasi, sebagi pengawas, pemantau kelancaran organisasi baik ditingkat pusat dan wilayah.


Koordinasi
Hubungan antar Badan Eksekutif Pusat, Badan Eksekutif Wilayah dan anggota tidak bersifat struktural tetapi bersifat koordinatif.


Pertemuan
Pertemuan Nasional diadakan setiap dua tahun sekali.
Pertemuan Wilayah diadakan sekurang-kurangnya satu kali dalam dua tahun

Musywarah Kerja Nasional dilaksanakan setelah Pernas

Musyawarah Kerja Wilayah dilakukan oleh Badan Eksekutif wilayah dalam Perwil

Pertemuan pra-pernas dalam kegiatan LKTI

Pertemuan Nasional Luar Biasa jika ada kondisi yang bertentangan dengan aturan organisasi

Kedudukan

Fokushimiti berkedudukan di institusi dimana Sekretaris Jendral berasal sebagai Badan Eksekutif Pusat yang menyelenggarakan pengorganisasian.


Pranala di Blog ini:

Ilmu Tanah
Tanah dan Lahan
Tanah
Susunan Utama Tanah
Segitiga Tekstur
Evaluasi Lahan
SUMBERDAYA
Pertanian Berkelanjutan
Pertanian Organik, Latar Belakangnya
Resep Pembuatan Kascing Dari Segi Ilmu Tanah
LAHAN KERING
Konservasi Tanah dan Air di Lahan Kering
Konservasi Tanah di Pulau Nusa Penida
EROSI DAN PERUBAHAN IKLIM
Pengaruh Tutupan Kanopi terhadap Besarnya Erosi Tanah
Prediksi Erosi dengan USLE dan Sistem Informasi Geografi
Klimatologi untuk Pertanian
Klasifikasi Iklim
MIKORIZA
Mikoriza, Tanah dan Tanaman di Lahan Kering
PERTANIAN PADA MASA BALI KUNO
Sejarah FOKUSHIMITI (Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia)
Struktur Organisasi FOKUSHIMITI
Potensi Sampah Kota Sebagai Sumber Bahan Organik
Sampah dan Permasalahannya
Sistem Informasi Geografi (SIG)/Geographic Information System (GIS)
Aplikasi GIS untuk Klasifikasi Iklim Schmidt-Ferguson
Implementasi SIG dalam Menunjang Pertanian Berkelanjutan
Peta Jenis Tanah Bali
Evaluasi Kesesuaian Curah Hujan, Temperatur dan Ketinggian untuk Tanaman Pisang dengan GIS
Aplikasi SIG dalam Proses Perencanaan

31 Tanggapan to “Struktur Organisasi FOKUSHIMITI”

  1. Apong Says:

    e Sekjen, perhatikan PELMITANAS DI kENDARI. Sampai dimana peranmu? Jangan cuma enak-enak menunggu hasilnya. Rekanmu dikendari hidup tak mau matipun tak mau………………………………………….

  2. nda Says:

    http://www.friendster.com/user.php?uid=37453733

    nitip yaa link nya himilta UNSRI..

    viva solis

  3. La An Says:

    @Apong
    Waduh… aq ini bukan Sekjen dan ga pernah ketemu ama sekjen yg baru, danjuga ga pernah jadi pengurus BEP
    aq hanya orang yg berusaha mengenalkan FOKUSHIMITI ke dunia luar, salah satu cara ya lewat dunia maya
    aq hanya ingin ada orang2 tau klo FOKUSHIMITI itu ada dan milik Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia. seperti itu aq di ajarin oleh teman2 di FOKUSHIMITI dulu, ga tau klo sekarang.
    Untuk PILMITANAS sendiri dan kegiatan2 lain yang di adakan oleh FOKUSHIMITI serta BEPnya memang dah seharusnya ngedapat perhatian dari sang Sekjen serta pengurusnya. tp mungkin kendala komunikasi dan lintas daerahlah yg membuat hal itu agak susah di jalanin. sebenarnya teknologi yang selama ini ada cukup mampu mengatasi hal itu. Friendster, forum diskusi, HP, email bisa meminimalkan masalah itu. skrg tinggal kemauan sang sekjen serta pengurusnya aja.

    seandainya kalian mau berdiskusi tentang FOKUSHIMITI disini silahkan. tp ada baiknya di lakukan di Forum diskusi. udah aq link disamping itu kok.

    @Nda
    sip nda… nanti aq link kan alamat FS kalian
    di Unsri, aq punya pengalaman menarik. kapan ya aq bisa kesana lagi?
    salam buat semua rekan2 disana

    VIVA SOIL….
    SOIL SOLID….

  4. muslim chan Says:

    hai…!!!!!
    gue boleh bergabung gak dalam komunitas ini.
    memang sih gue bukan mahasiswa ilmu tanah, but gua suka ama bnidang yang dipelajari di jurusan tersebut.
    atau gue hanya boleh tengok-tengok aja…
    gak papapapapapa

  5. La An Says:

    hai juga Muslim Chan
    silahkan bergabung, walaupun bukan dari lingkungan Ilmu Tanah, bisa kok gabung.
    sebagai gambaran nanti di awal bulan september akan di adain Seminar Nasional dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional di Universitas Haluleo, Kendari. trus sekitar bulan April 2008 akan di adakan Seminar Nasional dan Pertemuan Nasional di Universitas Udayana, Bali.

  6. muslim chan Says:

    oke, deh…
    tapi kayaknya gue gak bisa ngikutin acara tersebut langsung disana, sebab kami sudah mulai aktif kuliah ditanggal 30 juli ini dah mulai kuliah.
    jadi aku tanya sama kamu aja ya, tentang acara tersebut.
    thank’s ya udah mau respon apa yang di tulis.
    eh ..!!
    tapi uda dijawab belum pertanyaan ku. lihat pertanyaan nya diartikel yang udah kamu buat.
    kunjungi fs aku kalau tau identitas ku.

  7. Jamali Says:

    Halo, semuanya bravo ilmu tanah, Nama aku jamali, NIM 050303037, aku Mahasiswa ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, IMILTA, nih lg cari tahu ttg website ini, aku tahu dari Temanku Muslim, katanya ia baru saja memberi pesan kemari.

    Bagaimana Renacana Kongres HITI yg bakalan diadakan di Yogya tepatnya Univ. Veteran Yogya, 3-5 Desember mendatang???

    Udah ada persiapan dari temen-temen imilta disana???

  8. La An Says:

    @muslim chan
    terus terang aja saya dah ga punya hak utk ikut acara2 seperti itu lagi, tapi seandainya nanti saya dapatkan informasinya akan saya informasikan.

    @Jamali
    Bravo Ilmu Tanah….
    salam kenal juga Jamali
    mohon maaf sebelumnya jamali, utk kongres HITI saya belum tau kabarnya

    seandainya mau diskusi lebih enak dengan anak2 tanah yang lain bisa manfaatkan FS dan Forum diskusinya

  9. Jamali Says:

    Kalau Mengenai Analisis Tanah dan Tanaman pasti Tahukan??Btw nama abang sapa ya???
    Pengen Kenal ja, kan kayak pepatah tak kenal maka tak sayang.

    Btw stmabuk brapa bang???

    Tahu g situs tentang Ilmu Tanah dan Jurnal-jurnal tanah dari Luar negeri kayak USA, AUS, UK, CANADA, dan lainnya, kalau bisa ma situsnya ya…..

    Thanks b4……..

  10. dayu Says:

    salam kenal ja dulu

    gue nak ilmu tanah angkatan 05 FP Ilmu tanah USU..

    memang seh saya belum taw banyak tentang FOKUSHIMITI tapi kemaren saat ada pertemuan JITI III di jambi saya datang dan bru tw tentang semuanya dan mulai ngerti

    oh ya.. sekjen yang sya kenal langsung

    YUDI FP Hasanudin…dy cerita banyak tentang FoKUSHIMITI..

    saya mw tanya kan bentar lagi ada acara di KENDARI..tapi sampai sekarang setau saya uNDAngan belum masuk ke Sekretariat Kami…

    atau saya yang salah…

    memang seh kemaren itu kata YUdi undangan di percepat maksudnya udah akan dikirim jauh jauh hari

  11. JuJu-UNAND Says:

    Ai…Aq mhswi Ilmu Tanah UNAND Padang, aq lg nyari bahan utk nyelesain skripsi ne…aq perlu bgt bhn,jurnal,pokoke smua literatur tentang EROSI DI LAHAN KEBUN CAMPURAN,ALANG-ALANG & SEMAK BELUKAR…Tlgn aq dunk,cz aq hrs ngjar wisuda November ne…Plizzzz…..

  12. La An Says:

    @Dayu
    Salam kenal juga Dayu
    untuk proposal PILMITANAS sebenarnya udah aq upload di internet
    kebetulan UNUD dah dapat, langsung deh aq scan
    tp ga bisa aq tampilin disini web buat ngedownloadnya
    itukan rahasia fokushimiti
    masuk aja di forum diskusi
    tau kan alamatnya webnya
    proposalnya sendiri dah dikirim sejak 2 bulan yg lalu

    @Juju-UNAND
    Juju skripsimu mirip dengan skripsinya Ciencin UNPAD Bandung
    dia anak Tanah ’03
    bahan2 literatur tentang itu dah banyak di bahas di Forum diskusinya
    bagus bangat klo ada 2 orang yg skripsinya mirip trus bisa diskusi bareng
    pasti banyak sudut pandang yg bisa di ambil. coba deh masuk kesitu
    atau klo ada yg pingin di tanyakan, tanyakan aja disini
    mudah2an bisa ku jawab.
    tp harus diingat, karena yg ngejawab cuman aq sendiri, jadi masih dangkal jawabannya. klo diforumkan banyak yg bisa ngebantu.

    atau mungkin ada teman2 yg lain yg bisa ngebantu Juju…
    biar diskusinya juga tambah asyik
    di tunggu ya

  13. Fandi Says:

    Assalammaualikum

    Pa kabar teman-teman ilmu tanah senusantara ?
    Perkenalkan nama saya fandi angk. 05 jur. tanah universitas gdajah mada (UGM) yogyakarta.

    Gimana kabar teman-teman yang kemarin ikut PILMITANAS ?

    buat teman-teman yang lain, salam kenal ya… Kita ketemu di UNUD BALI dalam Pertemuan Nasional Fokushimiti X… OK!!!

    Viva SOil, Soil Solid!!!

  14. Syahrul Belantara Kamilah Says:

    Salam…
    salam kepada alam semesta
    salam kepada kawan-kawan “pengendali tanah”

    Sungguh amat disayangkan bahwa kegiatan pilmitanas di kendari hanya dihadiri oleh 8 institusi, padahal kehadiran saudara-saudaraku dari institusi lainnya sangat kami harapkan.
    betapa tidak, infoermasi dari berbagai institusi setidaknya dapat diperoleh melalui moment ini.
    tapi saya yakin masih ada tetesan keringat usaha, dan tetesan air mata kerinduan kawan-kawan untuk berbagi cerita.
    tak dipungkiri jarak yang kemudian memisahkan kita.

    berharap bukan hanya kehadiran mahasiswa ilmu tanah di hati kalian, akan tetapi masih ada ruang buat para petani dinegeri ini.

    Bagi kawan-kawan yang sempat membaca tulisan ini,
    saya mengajak kawan-kawan untuk menggagas isue menyambut hari tani yang jatuh pada tanggal 24 september nanti.

    Seperti elang kami melayang
    seperti air kami mengalir
    seperti mentari kami bersinar
    seperti gunung kami merenung
    di alam kami membuka mata
    di lingkaran kami selalu mengucap
    aku cinta padamu

    salam…
    salam kepada jiwa yang tenang…
    salam kepada menifesto petani…

  15. La An Says:

    @Fandi
    Waalaikumussalam… salam kenal juga Fandi
    waduh saya belum dapat info terbaru tentang PILMITANAS di kendari. tp cukup di sayangkan juga klo cuman 8 institsi yg hadir.
    mudah2an Pernas di Denpasar nanti banyak Institusi yg datang, sekalian untuk instropeksi diri FOKUSHIMITI.

    @Syahrul
    waduh…., terus terang ga mengerti yg begituan
    klo itu baek dan benar menurut qm, lanjutkan dengan terus beruasaha

  16. bunk Says:

    salam tuk semua soilers indonesia
    Info: HITI bulan november 2008 di unsri.,., buat anggota fokushimiti yg mau tau tny lgs ma korwil krn akn sy krim ke tiap korwil., atw krm ja email km ke bunk_botak@yahoo.com
    ntr pamfletnya sy krim

  17. Christin UNTAD Says:

    hay soilers tanah air, boleh dounk aku gabung
    kenalin aku christin agkatan 06 ilmu tanah UNTAD Palu,kemaren aku ikut PERNAS di UNUD Bali asyiik loch…ketemu ama Soilers Nusantara. Gak nyesel milih ilmu tanah meskipun kerjaannya kalau siang survey2 kalau malam analisis tetap aja SOLID hehehe…kangen nich ma suasana ruang sidang waktu di bali….eh iya JITI nanti di Palu loch….datang yach..kita lagi sibuk-sibuknya neh mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kalian semua….Buat para soilers doain kita yach..

    VIVA SOIL…..!!! SOIL SOLID………..!!!!

  18. mecky Says:

    hai…sahabat2 ku seILMU TANAH seNUSANTARA kenalin aku mecky angkatan 06 dari UNMUL,aku nyampaikan uneg2 ku ilmu tanah di unmul uda dlebur,hima kami uda ga eksis lagi di kampus,kami tidak tahu apa masih bisa ketemu sahabat2 senusantara…….??????

    VIVA SOIL…VIVA FOKUSHIMITI…!!!!!!!!!!!!

  19. Rakhmad Hartanto Says:

    hai…………………hai boleh ikut gabung g nich,
    so aq ank Tanah angk.06 di Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan btw aq tau situs ini g sengaja sech penasaran pengin tau jg kenal ama ank2 Tanah se-Indonesia
    Oo iya skalian mau numpang publikasi nich acra TIMT (Temu Ilmiah Mahasiswa Tanah) se-Indonesia yang rencananya mau diadain di UNLAM skitar bulan februari khalo g ada halangan n rintangan seblumnya makacich atas tumpangannya……….he99x
    VIVA SOIL…………………………..!!!!!!!!!!!…………………..SOIL SOLID………CAYO…..

  20. Ancha Coil Says:

    hai…para soilers……..
    salam kenal semuanya!
    cuma mau mengingatkan untuk mengikuti JITI IV dipalu (sulawesi tengah), undangan akan dikirim ke institusi masing2….. ditunggu loh kedatangan…. para soilers semuanya! insya allah acara bulan januari 2009.

    VIVA SOIL….!!!!

  21. amar Says:

    jangan lupa fren proposal kegiatan dikirim ke unmul faperta himaita……………………………
    viva soil………

  22. wahyu Says:

    saya alumni soil science unud, angkatan ’92, jadul sich, minta informasi temen2 seangkatan ada dimana sekarang. Thanks.
    wahyu.w@haldin-natural.com

  23. La An Says:

    @wahyu
    salam kenal mas
    saya adek tingkat mas angkatan 99
    alhamdulillah bisa silaturahmi disini

  24. n_dra Says:

    hai. . . hai……ne gue hEndra from Soil Science ’06 unmul .. . . . BT BT BT BT BT ne. . . .ilmu tanah dsini udh Bubar Cuy. . . . .Pdhl Geologi Gue Ngulang frennnnnn………………………salam kenal Z wat mua ank cucu ilmu tanah sedunia. . . .he5

  25. pandi Says:

    mekom.,,
    lam kenal.,,
    pandi ne.,,
    mhssa Ilmu Tanah USU

    ternyata linknya fokushimiti menarik Y.,,
    salut ne bagi si penulisnya.,,
    o ya saya mw request ne.,,
    sedia-in ebook atau tulisan2 mengenai
    kesuburan tanah dunk, Pengelolaan DAS, Bioteknologi Tanah, Analisis Tanah dan Tanaman, Pemupukan dkk dah coz Ilmu Tanah tu kan luas banget tu ilmunya.,,
    gak hanya di bidang pemetaan dkk.,,
    trus lok bisa hasil2 penelitian teman2 kita yang ada di seluruh Indonesia di kumpulin terus di tampilan juga,.. pasti bisa kan??
    tks Y.,,
    dikabulin Y.,,
    moga makin sakses key.,

    o y ni email saya: funD_tab@yahoo.com

  26. m.s. daulay Says:

    salam kenal kwan2…
    knalkan nme sye, ALAN
    klu blh tau y kpan y da acr ilmu tnh lg, dah lm ni tak ngumpul2 kwn2 IT se-Indonesia, klu tk slh di PALEMBANG khan….
    t hrus buktiin klu kt msih da wlpun prodi dah gulung tikar tapi rakyat masih menunggu kita loh unk sebuah perubahan ….
    hidup ILMU TANAH
    hidup RAKYAY……

  27. Apik Nusantari Says:

    low soilerz se-Nusantara…salam kenal toek smua..nmaq Apik Nusantari Angk 06 UNSRAT..cmn pengen nulis kesan aj tntg fokushimiti… satu organisasi yg mnrtq sangat solid…bneran loh…g rugi bs kenal sm tmn2 soil science se-Indonesia…harapan ke depan fokushimiti tap berjaya n berkarya..
    mmmm….toek mslh peleburan (merger) emang sih sgt d sygkan pa lg akn d bntuk himp mhswa agrotek se-Indonesia… g rela..hehe..gmn dg generasi fokushimiti???😦
    tap semngat aj yach soilerz…
    VIVA SOIL…
    SOIL SOLID… 🙂

  28. Lalu Agus Wirawan P. Says:

    Hi…….,
    Boleh gabung ne
    Alo Soiler seluruh Indonesia….salam kenal ya. Sy alumni Ilmu Tanah UPN”Veteran” Yogyakarta angk 01…..pengen aja berbagi cerita tentang Fokushimiti. Kesan yang saya dapat top abizzz…..pertama kenal Fokushimiti waktu PERNAS FOKUSHIMITI ke-8 di Pontianak tahun 2003. selanjutnya diadakan Pemilihan Sekjen di Unsoed Purwokerto. Ya setelah itu mungkin karena kendala komunikasi dan jarak jarang lagi terdengar gaungnya yang namanya Fokushimiti. Apalagi sekarng dah dilebur tu amaa agronomi, gak seru cuy………manaa ne dedengkot-dedengkot Fokushimiti (Bang Ucok,Grandong,Mas Kitir, Rangga dan kawan2 laen di seluruh Indonesia)……
    VIVA SOIL………

  29. toddy-malang Says:

    Salam soiler..
    Viva soil!
    Saya Toddy arek tanah unibraw 01, buat mas Lalu kayaknya kita pernah ketemu baik di pontianak maupun di unsoed.salam aja dech…

  30. yoga afrianto Says:

    saya yoga afrianto dari unand……..gmna jdinya jurusan tanah yang di lebur……….?

  31. sigitadisetyanto Says:

    gimana cara bergabung dengan forum ini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!