Sejarah FOKUSHIMITI (Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia)

Pada tanggal 9 – 13 November 1989 jaringan organisasi mahasiswa ilmu tanah yang ada di Indonesia bertemu di Kaliurang, Yogyakarta. Bertindak sebagai tuan rumah yaitu KMIT – UGM, yang juga memandang arti penting organisasi nasional sebagai alat perjuangan perkembangan keilmuan dan keprofesian. Melalui kegiatan yang bertajuk Pertemuan dan Seninar Nasional Mahasiswa Ilmu Tanah 1989 berhasil dirumuskan sebuah kesepakatan tentang wadah bersama antar organisasi mahasiswa ilmu tanah se-Indonesia sebagai paying nasional yang mengayomi organisasi tingkat institusi ilmu tanah di bawahnya.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh oleh unsure mahasiswa tanah yang ada di tanah air, diantaranya adalah:

HIMAILTA / UNSYIAH – Aceh

IMILTA / USU – Medan

GMIT / UNAND – Padang

HMIT / UNJA – Jambi

HIMITA / UNSRI – Palembang

GAMATALA / UNILA – Lampung

HMIT / IPB – Bogor

HIMATAN / UNPAD – Bandung

HIMATAN / UNSOED – Purwokerto

KMIT / UGM – Yogyakarta

PERMAHAMI / UGM – Yogyakarta

HIMITI / UPN Veteran – Yogyakarta

KMIT / UNS – Surakarta

HMIT / UNIBRAW – Malang

KAMARUTA / UNUD – Denpasar

HIMAITA / UNMUL – Samarinda

Kelompok Mahasiswa Peminat Ilmu Tanah FAPERTA UNHALU – Kendari

Kelompok Mahasiswa Peminat Ilmu Tanah FAPERTA UNTAN – Pontianak

Kelompok Mahasiswa Peminat Ilmu Tanah FAPERTA UNIB – Bengkulu

Selanjutnya pertemuan ini disahkan sebagai Pertemuan Nasional I FOKUSHIMITI dengan anggotanya seperti yang tersebut diatas. Dalam perkembangannya, organisasi mengalami fluktruasi pergerakan yang menuntut anlisa pemikiran tajam dalam membaca kebutuhan organisasi.

Urutan Pernas FOKUSHIMITI

Pernas I di KMIT / UGM Yogyakarta 9-13 November 1989

Pernas II di HMIT / UNIBRAW – Malang

Pernas III di HIMITA / UNHAS – Makasar

Pernas IV di HMIT / IPB – Bogor

Pernas V di KMIT / UGM – Yogyakarta

Pernas VI di HIMATAN / UNPAD – Bandung 31 Okt – 6 Nov 1999

Pernas VII di HIMILTA / UNSRI – Palembang Oktober 2001

Pernas VIII di KAMAHITA / UNTAN – Pontianak, November 2003

Pernas Luar Biasa di KAMIRAD/UNSUD – Purwokerto – 2004

Pernas IX di HIMITA/UNHAS – Makasar 2006

Pernas X akan dilaksanakan di HIMAITA/UNUD – Denpasar, Februari 2008

Pranala di Blog ini:

Ilmu Tanah
Tanah dan Lahan
Tanah
Susunan Utama Tanah
Segitiga Tekstur
Evaluasi Lahan
SUMBERDAYA
Pertanian Berkelanjutan
Pertanian Organik, Latar Belakangnya
Resep Pembuatan Kascing Dari Segi Ilmu Tanah
LAHAN KERING
Konservasi Tanah dan Air di Lahan Kering
Konservasi Tanah di Pulau Nusa Penida
EROSI DAN PERUBAHAN IKLIM
Pengaruh Tutupan Kanopi terhadap Besarnya Erosi Tanah
Prediksi Erosi dengan USLE dan Sistem Informasi Geografi
Klimatologi untuk Pertanian
Klasifikasi Iklim
MIKORIZA
Mikoriza, Tanah dan Tanaman di Lahan Kering
PERTANIAN PADA MASA BALI KUNO
Sejarah FOKUSHIMITI (Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia)
Struktur Organisasi FOKUSHIMITI
Potensi Sampah Kota Sebagai Sumber Bahan Organik
Sampah dan Permasalahannya
Sistem Informasi Geografi (SIG)/Geographic Information System (GIS)
Aplikasi GIS untuk Klasifikasi Iklim Schmidt-Ferguson
Implementasi SIG dalam Menunjang Pertanian Berkelanjutan
Peta Jenis Tanah Bali
Evaluasi Kesesuaian Curah Hujan, Temperatur dan Ketinggian untuk Tanaman Pisang dengan GIS
Aplikasi SIG dalam Proses Perencanaan

60 Tanggapan to “Sejarah FOKUSHIMITI (Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia)”

  1. Efron Dwi Poyo Says:

    Halo,

    Hari ini saya nyasar di blog ini. Penasaran, saya baca karena ini menyangkut tanggal 9 – 13 November 1989.

    Salam,
    Efron
    Ketua Umum Penyelenggara Pernas I
    0818169xxx

  2. La An Says:

    hallo juga mas Efron
    Alhamdulillah setelah lama mencari akhirnya ketemu juga disini mas
    benar2 bingung kami yg kecil2 ini mencari sumber sejarah terbentuknya FOKUSHIMITI ini. kami harap dengan adanya mas, bisa sedikit memberi kami pencerahan tentang ide dasar pembentukkan organisasi ini, biar kami bisa belajar dari sejarah itu.

    oh iya mas, mungkin akan ada banyak pertanyaan nanti. utk no hpnya saya edit aja biar ga berterbangan di dunia maya ini. klo ada yg butuh nanti saya kirimkan lewat emailnya.

    sekali lagi terimakasih bangat dah nyangkut disini… kapan2 akan saya hubungin mas

    Salam
    VIVA SOIL….

  3. jamali Says:

    Mangnya ada apaan sih di FokusHiti??? Pening juga aku ttg organisasi yg ada di Ilmu Tanah padahal kami anak Ilmu Tanah juga, ya cuma di USU, sekarang lagi pusing nyari referensi mengenai Analisis Tanah dan Tanaman, ohh ya bang Laan, bisa kasih tau g situs yg nawari informasi ttg analsis c-organik, atau N-total,P-Total, Fraksionasi P, soalnya menyangkut Skripsi kami bang, maklum ambil prodi Kesuburan Tanah.

    Balas ya Bang….

  4. La An Says:

    ada apaan di fokushimiti? pertanyaan yg dilontarkana ama anak ilmu tanah sendiri nieh. kaget dan juga ada perasaan bersalah.
    dalam kegiatan FOKUSHIMITI cuman 2 kali ketemu ama anak2 USU. PILMITANAS di Denpasar thun 2001 ama Pernas di Palembang tahun 2001 juga. setlah itu sampai tahun 2005 ikut kegiatan2 Fokushimiti ga pernah lagi ketemu anak2 USU. mungkin karena ga pernah mengikuti inilah yg menyebabkan transfer inforasi tentang fokushimiti kurang di USU. apa yg bisa di dapatkan dari Fokushmiti? banyak. mulai dr teman, pengalaman sampai informasi terbaru tentang ilmu tanah. coba seandainya qm pernah mengikuti kegiatan2 fokushimiti, mungkin pertanyaan tentang penelitianmu itu ga akan qm tanyakan disini. mngkin qm akan menanyakan ke taman2 yg ada di IPB, UGM atau univ lainnya. karena kita satu jurusan, dijurusan tanah, maka jiwa kebersamaan pasti lebih melekat, walaupun kita berbeda universitas. itulah manfaat Fokushimiti.

    untuk menjawab pertanyaanmu. coba qm klik link ini. mudah2an bisa membantu

  5. Satanq Says:

    Hi
    goood!!!

    bb

  6. eko ketaren Says:

    hiiiiiii
    salam kenal buat rekan2 ilmu tanah .
    saya ketua imilta.

  7. La An Says:

    Salam kenal juga buat Satang dan Eko

  8. oghe Plat 089 Says:

    Buat anak2 FOKUSHIMITI
    salam sejahtera bagi kita semua.
    saya panglima biro khusus peduli lingkungan alam dan tanah (PLAT)HIMTI UNHAS. organisasi yang memadukan antara kepropesian ilmu tanah dan petualangan alam bebas (pencinta alam)
    kalo boleh tahu, apa ada organisasi seperti ini di himpunan anda.
    wassalam.

    nb. bagi yang membacanya wajib di balas

  9. La An Says:

    @Oghe Plat
    salam kenal panglima…😉
    setau saya di setiap institusi Ilmu tanah kyaknya ada kumpulan dr orang2 PA, walaupun tidak di bawah HMJ, tapi mereka punya kegiatan. yg berada di bawah HMJ itu ada di IPB dan UNTAN, itu yg aq tau

  10. Dwi Gatot Says:

    Weh…salam kenal sama mantan peserta fokushimiti di Unej (jember) 1999, dari Unmul angkatan 97… moga tetap suskes aja FOKUSHIMITInya…
    http://it97unmul.wordpress.com

  11. La An Says:

    salam kenal mas Dwi. saya sudah berkunjung ke link yg dikasih. dan saya juga dah tautkan link itu. semoga teman2 dr tanah se Indonesia bisa terus berkumpul dan memupuk rasa persaudaraannya baik didunia nyata maupun didunia maya.

    VIVA SOIL!!!

  12. PuTrI Says:

    Assalamualaikum,…..
    Salam kenal buat anak-anak dokter tanah sekalian,
    walau saya termasuk anak baru(Karena baru aja masuk…)saya salut,soalnya baru aja tahu ada perkumpulan anak tanah.
    Pokoknya mohon dukungan dan bantuannya kedepan ya….
    Wassalamualaikum,….

    VIVA SOIL,SOIL SOLID !!!!!

  13. niel_soil uh Says:

    Assalamualaikum,…..

    hai pa kabar laskar-laskar tanah unmul, apa kegiatannya sakarang disitu?
    salam kangen dengan teman-teman disitu

  14. niel_soil uh Says:

    salam kenal putri………
    kalo bleh tau kamu dari institusi mana dan skarang udah semester berapa?

  15. komang Says:

    viva soil…
    salam sejahtera,assamualaikum,omswastyastu..
    saya ketua panitia pernas X fokushimiti universitas udayana..
    kepada para sesepuh fokushimiti kiranya dapat membantu kita dalam hal penyebaran proposal guna melancarkan kegiatan ini.karena fokushimiti adalah milik kita bersama..

  16. ajat Says:

    assalamualaikum…
    salam kenal u/ semua teman2 fokus himiti…
    sekedar pengen beritahu u/ semua teman2 yang sekarang lagi menduduki jabatan terpenting di masing2 institusi,sesuai rencana FOKUSHIMITI yang telah lalu n kita melihat pada perkembangan dunia yang ada sekarang ini dalam hal yang berkaitan dengan bidang ilmu yang kita geluti sekarang ini,,, jadi aku pengen nitip saran n harapan untuk teman-teman semuax gimana kalo dalam pelaksanaan pernas nanti yang rencananya thn depan saya ajak teman2 semuanya untuk melakukan dialog yang menyinggung tentang perkembangan dunia yang lagi marak sekarang ini (PEMANASAN GLOBAL),,, karena menurut saya sebagai alumni mahasiswa ilmu tanah, saya sangat berharap agar kita jangan hanya melihat pada pelajaran dan organisasi yang kita jalani, tapi mari kita melihat kepada hal2 yang sekarang ini telah mengancam dunia kita yang semakin hari semakin manjadi. dan itu juga menjadi tanggung jawab kita sebagai seorang intelektual ilmu tanah.semoga saran saya ini dapat di terima oleh teman-teman sekalian.wassalam…

    …Viva Soil…
    kita sebagai manusia yang dikatakan intalek…
    dan kita hidup di bumi ini…
    sudah sepantasnya kita melihat dan memelihara bumi ini dengan ide dan kreatifitas kita…
    kalobukan kita…
    siapa lagi…

  17. Yanuar Nasrullah Says:

    Assalamu”alaikum
    salam kenal, saya yanuar dari HIMATAN UNSOED.
    kalo boleh saya ingin tahu agenda2 kegiatan FOKUSHIMITI yang akan dilaksanakan, saya ingin lebih mengenal FOKUSHIMITI lebih laus dan ingin bergabung dengan temen-temen Se-SOIL.
    kalo ad info temen-temen bisa add saya di nasroell_yanoear@yahoo.co.id

    hatur nuhun sebelumna
    Wassalamm..

    VIVA SOIL
    SOIL SOLID

  18. Is One Says:

    wah….boleh juga nih link.
    adek2 ku yang di kamahita untan udah pada tau ga ya?
    tok aan udayana bilangin ama temen lo (yang sosek itu) balikin baju perintis UNTAN gw. hahahaha
    jujur ya, aku seneng banget gitu tau ada nih situs.

    tok temen2 yang di udayana
    semangat terus ya, semoga PERNAS X sukses diadain disana.

    bravo d buat soiler sekalian

    By: Iswansyah, Eks KAMAHITA UNTAN

  19. La An Says:

    Selamat datang teman2….
    Putri, Niel, Komang, Ajat, Yanuar, Iswan (Is One)

    Komang itu adek tingkatku, ketua panitia Pernas 2008 di denpasar. sukses buat kegiatannya. Iswan…. ini penjahat dari Untan😆 , sorry wan… akhirnya kita ketemu lagi disini. salam hngat buat teman2 disana.

    @Ajat
    ide yang bagus, tp coba kita lihat dari segi ilmu tanahnya. mudah2an bisa di tampung utk di bawa di pernas nanti. sayang aq dah ga bisa ikut….

  20. ulf4 Says:

    Ass….
    mas kenapa ya forum fokushimiti gak bisa dibuka lagi…
    Thx…
    (ulf4 Himatan UNPAD)

  21. Jamali Says:

    Opps, Makasih deh bang atas jawabannya yg memang menurut aku lumayan memuaskan, Hmmm gimana ya, kami kan anak Stb 005 kurang tahu bgt ttg persatuan di kalangan mahasiswa, maklum aja seniornya jarang ngasih tahu, ya kurang sosialisasi, Aneh emang tp kemarin tuh mulai digerakkan kembali antara lain kami ikut kegiatan JITI di UNJAB JAmbi Mei 2007 lalu, kami juga mau ikut kegiatan HITI di Univ. Veteran Yogya, Desember lalu, hanya saja kebetulan ada UAS dan Dies Natalis FP USU yg ke 51 dimana kami bertindak selaku panitia.
    Gitu deh Bang…..Tapi ya buat semuanya yang mau lebih kenal ma asku lihat aja ya FS aku di jamaludin31@yahoo.co.id…..

    Ohh ya slaam kenal buat semuanya…..

    VIVA SOIL VIVA FOREVER

  22. Jamali Says:

    Buat Semua Anak Ilmu Tanah USU met Jalani SEmester Genap T.A 2007/2008 kususnya COSS 05…Met PKL ya semuanya…

    Moga kita semua jd sarjana yang berguna bg semua aspek dan membantu petani-petani melarat di Indonesia tercinta ini………

    Met menikmati IP kalian yg hampir semuanya 3, …..Ok……

    Persiapan diri untuk ke Bali April 2008 nanti untuk JITI ke IV Di Denpasar Bali……

    ViVa SOIL Hidup ILMU TANAH

  23. La An Says:

    @Ulf4
    lagi diperbaiki
    coba masuk ke http://www.amburadul.co.nr

  24. Jamali Says:

    Alo bang La An, aku mau minta tolong ini, bisa kan bang,….

    Gini lo bang aku dapat tugas untuk mencari data curah hujan 10 tahun terakhir terserah dari provinsi mana oleh dosen aku, aku bingung mau nyari kemana, kalau k BMG sumut ribet, apalagi ke dinas pertanian, sombong semuanya………

    Aku harap disinibisa saling berbagi bantuan….aku mau ngedapatin data curah hujan itu…kira-kira ada g situsnya?trus ada juga g ya data yang ada ma abang, kalau ada tolong kirimkan via Email ke email aku ya bang, jamaludin31@yahoo.co.id atau jejem21@yahoo.com, aku bener2 bingung, disitus BMG g ada bang……..

    Tolong ya bang, soalnya datanya g boleh sama…terserah mau dari daerah mana, yang penting masih indonesia, BAli juga gpp…

    Thansk Ya bang and Help Me….

    Bravo Ilmu Tanah

  25. COZI Says:

    IMITA (IKATAN MAHASISWA ILMU TANAH) FP-UISU,MEDAN KOQ KAGAK ADA DISEBUT DALAM FOKUSHIMITI……………..?PADAHAL KAMI DAH IKUT KEGIATAN FOKUSHIMITI.TEGA KALI KALIAN.INGAT….! KAMI TUNGGU NAMA UNIVERSITAS KAMI JUGA DISEBUT JUGA DONG…….

  26. La An Says:

    @COZI
    maaf cozi, tulisan di atas hanya sebuah sejarah pembentukkan, berdasarkan apa yang saya tau seperti itulah sejarah pembentukan FOKUSHIMITI. dan pernas2 di lakukan di tempat tersebut. seandainya pingin masuk dalam sejarah FOKUSHIMIT jngan hanya jadi peserta dunk, ikut ambil bagain sebagai penyelenggara kegiatan2 FOKUSHIMIT.
    datangkan ke PERNAS di Denpasar 14 – 20 April 2008 ini?

  27. amar ma'ruf Says:

    Lam , Buat anak-anak tanah se-nusantara
    tetap semangat berjuang kepada anak tanah nusantara
    N yang terpilih atas sebagai pengurus tahun 08-09 di pernas bali tetap eksis dengan amanah yang diberikan Viva soil ….

  28. bunk Says:

    mas, bs minta email semua soiler ga???

  29. La An Says:

    @bunk
    ga punya aq

  30. sendyf Says:

    Halo,
    Salam Kenal.

    Salam,
    Sendy
    http://simurl.com/berhasil

  31. coss_daniel Says:

    HORAS…

    saya daniel, dari IMILTA-USU angkatan 2005

    salam knal buat smua ya, khususnya bang La An…

    smoga ilmu tanah tetap jaya, dan menjadi fundamental bagi pertanian dan perkebunan di Indonesia

    neh emai: danielsydney14@yahoo.com
    dan fs: nielnafani_2d@yahoo.co.id

    smoga komunikasi kita tetap lancar ya…

  32. Syamsul Bachri Achmadi Says:

    Ass.Wr.Wb
    Saya alumni Ilmu Tanah Unsoed angkatan 90,..Seingat saya kegiatan Fokushimiti ga cuma Pernas melulu deh..Ada yang di Universitas Jember, UNS..knp gak di sosialisasikan lg..By the way, sukses selalu,..ditunggu kabarnya..wassalam

  33. La An Says:

    @Syamsul Bachri Achmadi
    Wss. Wr. Wb
    iya mas, memang ga cuman pernas. klo jaman dulu *berdasarkan kabar dr dedengkot2 Fokushimisti* ada pernas dan pilmitanas yg mrupakan kegiatan2 nasionalnya, trus utk kegiatan wilayahnya ada perwil dan LKTI wilayah. oh iya mas, kenal ama mas aryo ga? tanah unud angk 90 juga kyaknya. sring ikut kegiatan fokushimiti juga. saya banyak dapat cerita dari beliau.
    salam kenal mas…

    Wss. Wr. Wb.

  34. ndahmaldiniwati Says:

    Assalamu’alaikum,

    wah seneng akhirnya nemu juga yg nulis ttg fokushimiti. dulu saya ikut di Bandung awal November 1999, lumayan alot pembahasannya apalagi mahasiswa2 aceh sedang dalam tingkat kepercayaan diri yg “berlebihan” dgn isu kemerdekaan GAM. cape’, kesel, tapi seneng juga krn ketemu temen2 tanah dari prguruan tinggi lain. Bagaimana kabar fokushimiti skarang ini??

    Kalo ada yg tau kabar Ari “Ilmu Tanah 96 Jember” dan Syarifudin “ilmu tanah 95 UNS” kabarin dunx. Ohya gw Ndah alumni Ilmu Tanah 96 UNSOED.

    Wassalam.

  35. chiko Says:

    “cahyoo..himiti”
    pleasa liatin donk himita seindonesia, cos ada keakraban sesama soil science se tanah air, ap lg ad isu bahwa himita di berbagai universitas di ganti atw dicuci gudang kn mahasiswa ny, sedih bgt tuk generasi yg akan dtg, bahwa hilang ny soil science. thanks

  36. Jourvivotiarl Says:

    Hello. It is test.

  37. eldo from unila Says:

    assalamu’alaikum… viva soil…. dengan peleburan seluruh jurusan ilmu tanah d setiap universitas menjadi jurusan agroekoteknologi…. apakah fokushimiti nanti nya akan tetap eksis ne bang???????saya alumni… JITI II d unpad.. taon 2005….

  38. La An Says:

    @ndahmaldiniwati
    Waalaikumussalam…
    wah peserta pernas 1999 ya mbak… saya cuman sempat ngeliat prosedingnya aja… ama cerita2 dr senior yg ikut di bndung. waktu itu yg ikut dari unud ada mas harto (97), diana (98), iwan (98) dan mbak arik (97). klo sekarang sih yg masih kontak2an cuman ama mbak arik

    @chiko & eldo from unila
    terus terang saya sudah tidak tau ttng kabar terbaru dr fokushimiti. saya bikin ini cuman ingin agar fokushimiti itu diketahuin oleh orang bnyak. sebenarnya fokushimiti itu ada, bukan hanya cerita fiksi. untuk informasi terbaru ttng fokushimiti coba liat difrensternya. mungkin disitu ada info2 terbaru. lihat aja dilink yg saya kasih disamping…

  39. armanmunabay@yahoo.co.id Says:

    ass.wr.wb
    saya arman imilta unhalu angkatan 2007
    salam kenal buat anak-anak tanah
    semoga tetap jaya
    VIVA SOIL…….!!!!
    ne email:armanmunabay@yahoo.co.id

  40. Triyoko Says:

    Penasaran juga saya dengan situs Fokus Himiti ini,
    Mengingat kalau enggak salah Pernas Fokus HIMITI pernah dilakukan sekali di Malang, kalau enggak salah pada saat Ketua HMIT-nya adalah Brahma… (angkatan 89), sedangkan saya pada saat itu menjadi Ketua SC pelaksanaan Pernas tsb.. Penyelenggaraan tahun 1992.

    Tolong mungkin dikonfirmasi kepada temen2 seangkatan pada saat itu atau setidaknya kepada Himpunan yang bersangkutan.. atau dalam dokumen-dokumen Pernas
    Terima Kasih

    Yoko
    HMIT-FP-UB (Angkatan 89)

  41. La An Says:

    @armanmunabay@yahoo.co.id
    salam kenal juga arman

    @Triyoko
    Salam kenal mas… terimakasih koreksinya… saya yg khilaf. maafkan saya mas. mksud saya itu memang KMIT Unibraw. saya juga pernah dengar itu, klo pernas II itu dilakukan di malang pada tahun 1992 dan pada saat itu juga Fokushimiti juga mendapatkan surat keputusan dari Dikti tentang pengakuan adanya Fokushimiti sebagai sebuah organisasi keprofesian nasioanal di bidang Ilmu Tanah. tapi sayang surat itu sudah tidak kami temukan lagi, padahal surat itu cukup penting. dari tahun 2002 kami coba telusuri surat tersebut, tapi kami tidak mendapatkannya. apakah mas punya salinan surat tersebut. klo ada tlong kabari kami mas. terimakasih kunjungannya. akan saya rubah ttang sejarah diatas. sekali lagi terimakasih mas.
    salam

  42. Alo jie Says:

    Aslm.salam buat SOILER smua..smangaaaat..buat La an thanks infox..ku dari HIMAILTA Unhalu,ku alumni ank.2000,ku jga iktn di keg.LKTI 2003 Di jember,salam knal buat smuax..ku lgi nyari2 kbar dri saudra2 dri Aceh neh,coz stlah sunami ga ada yg bsa ku contak lge neh…
    Hub.ALO 085250844104

  43. bahtiar Says:

    wah…. gak nyangka nich fokushimiti msh bersuara, kbr saat ini gmn ya? temen2 HIMAHITA mana oe?? temen2 UNRAM: Rizal, Rani,dll dimana kalian?? *tyank 00′

  44. La An Says:

    @Alo jie
    kayaknya kita dah kenal deh klo ikut LKTI Jember😆
    aq juga iku waktu disana. nanti deh coba aq lihat2 Proseding LKTInya. saya juga kehilangan kontak dengan teman2 aceh.

    @bahtiar
    hallo um… nongol juga nieh orang
    syukurlah :mergreen:
    Rizal mah dah ga di Indonesia lagi
    klo um Rani dah jadi M.P. sekarang
    hebat tuh dia:mrgreen:

  45. Tyank 00' Says:

    hi, temen2 soil 00′ sebenernya msh sering komunikasi. mungkin mrk blm tau yg ini bozz.

  46. Tyank 00' Says:

    coba kamu hub mas wamel, dia opeator soil 00′ sekali “klik” Insy yang lain pd gabung. okey coy?!

  47. Indi Says:

    Mas Admin.. masih ada sering kontek2an dg ank2 jember ndak.. Aku cari Ririn 97 dulu panitia jg di jember taun 99. Eh, ada info kontak gak peserta2 waktu itu..

  48. Tyank 00' Says:

    Indi= apa mbak Ririn tnh ya?

  49. indi Says:

    Ya.. TAU?!

  50. edy hartono Says:

    met sore sahabat,….
    Mahasiswa dan ahli Ilmu Tanah di Indonesia
    saya dulu juga ikut membidani lahirnya FOKUSHIMITI di kaliurang jogjakarta atas inisiatif temen-temen KMIT UGM Jogjakarta pada tahun 1989, moga aja FOKUSHIMITI dapat lebih bermaslahat,
    sedikit koreksi yang mungkin ada yang kurang dalam menyusun urutan PERNAS, pada tahun 1991 diadakan PERNAS ke-2 oleh HMIT-IPB Bogor, selanjutnya PERNAS ke-3 oleh HMIT-UNIBRAW Malang, kebetulan saya selaku wakil delegasi KAMARUTA/HIMAIT Universitas Udayana, ikut dan mengikuti ketiga Pernas Fokushimiti tersebut,

    Edy Hartono MH

  51. edy hartono Says:

    adayang lupa mungkin ada yang tau nomer telp/HP temen2 yang pernah ikut Pernas FOKUSHIMITI, habis kangen, ada om Efron Dwi Poyo aja NoHPnya disembunyikan, saya sebetulnya masih inggat betul kejadian-kejadian detik demi detik yang kita perdebatkan untuk melahirkan FOKUSHIMITI di kaliurang Jogjakarta

    Edy Hartono MH

  52. beny ambon Says:

    viva soil…
    teman2 anggota fokushimiti seng boleh lupa anak ambon ee,,,, kalau ada kegiatan lainnya tolong infonya……
    harus dibahas kenapa sekarang ilmu tanah menjadi ilmu yang kurang diminati…

  53. beny ambon Says:

    hehehe…pha kabar dwi….

  54. La An Says:

    @edy hartono
    salam hangat mas edy… senangnya ada senior Fokushimiti bisa pada ngumpul di blog ini.
    sepertinya sejarah Fokushimiti perlu masukan dari senior2 ini untuk lebih memahami lagi maksud dan tujuan pendirian fokushimiti dulu. terimakasih masukannya mas

    @beny ambon
    viva soil…
    klo ga salah dengar akan ada kegiatan fokushimiti di jogya dalam waktu dekat ini… silahkan cek di FBnya fokushimiti atau FSnya fokushimiti

  55. efron dwi poyo Says:

    halo, aku masuk lagi.
    maaf banget aku “menghilang”. bukannya apa2, tapi karena kondisi yang keterbatasan akses internet. maklum saja aku nyari makan di hutan yang gprs saja sulit didapatkan (waktu itu).

    efron dwi poyo
    klinsi68@yahoo.com

  56. Ari Wibowo Says:

    Fokushimiti awalnya dibentuk untuk menjadi wahana penyampaian informasi tentang kemajuan ilmu tanah dan aplikasinya untuk membangun pertanian indonesia, serta menjadi wadah pemersatu mahasiswa Ilmu Tanah se Indonesia (karena waktu itu Mahasiswa Ilmu Tanah belum punya forum/wadah tingkat Nasional). (Untuk Efron kapan pulang ke Tanjung Enim?). Semoga seluruh mahasiswa Ilmu Tanah makin kritis memikirkan kondisi tana/lahan yang makin kritis, agar mampu memberi sumbangan pemikiran terhadap kemajuan pertanian di Indonesia.

  57. Ari Wibowo Says:

    ed, sih na Bali-kah? apa wis bali na njawa? Di kalimantan kali!

  58. Ari Wibowo Says:

    koen, gak lulus-lulus ket 89 kae Ed? Nganti ping 3 melu pernas?

  59. Adji Purwadhi Says:

    Viva Soils,Jayalah Fokushimiti.Baru kebaca nie Blog.Kaget campur rindu.Buat eks Pernas II di Unibraw dan Pernas VI di UNPAD Bandung,yang membaca Blog ini.Bisa kirim khabar atau no telp ya.Adji (Himatan UNPAD 91)

  60. roby Says:

    salam kenal kepada abag2 dan kakak soiler semua saya roby pengurus bep fokushimiti bidang kaum info periode 2015-2017.
    kepada abg2 semua ada yang tau dimana posisi PIALA BERGILIR PILMATANAS KEMENTRIAN PERTANIAN kami mohon bantuan untuk informasinya bagi abang2 dan kakak yang mengetahui keberadaan piala tersebut.
    sebelumnya saya ucapkan terimaksih
    viva soil solid


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!