Digitasi Peta Secara Otomatis Lewat ArcGIS

sebelumnya saya mohon maaf buat pak Andy Setiawan. karena tulisannya saya muat disini tanpa minta ijin terlebih dahulu. saya sebenarnya ga begitu sering bekerja di ArcGIS, saya lebih sering menggunakan ArcView. hanya untuk analisis dan manipulasi saya sering menggunakan ArcGIS. oleh karena itu adanya nfo ini sangat menarik buat saya, dan saya langsung up load disini. Ok inilah tulisan pak Andy Setiwan tersebut

Digitasi Peta Secara Otomatis di Arcgis
Mungkin anda sudah mengenal software digitasi peta secara otomatis macam RasterVect ataupun Raster2Vector. Sekali lagi, saya mempromosikan piranti lunak GIS dan mapping tercanggih saat ini; ESRI ArcGIS, untuk melakukan operasi yang sama, digitasi otomatis tanpa kita kudu klak-klik tanpa henti. Kini, anda bisa menghemat tenaga dan menghindari jari telunjuk anda menjadi tremor!

Aktifkan ArcMap dari menu Start> All Programs> ArcGIS> ArcMap. Dari View, tekan Add Data. Pilih file gambar raster yang akan di-scan. Setelah muncul jendela Add Data, misalnya yang akan dipanggil adalah peta.bmp. jangan langsung di-klik, lalu Add. dalam hal ini, yang musti kita lakukan adalah dengan klik ganda file peta.bmp hingga kita bisa ‘masuk’ dalam file raster tersebut, dan menemukan band RGB atau Band_1, 2 dan 3. Misalnya, yang akan kita pilih adalah Band_1, tinggal klik sekali, lalu tekan Add, atau klik ganda pada file Band_1. Tidak ada pengaruh signifikan untuk kita pilih band 1, 2 atau 3. singkatnya, semua sama.

Pastikan anda sudah mengaktifkan ekstensi ArcScan, yaitu dari menu Tools> Extensions…>ArcScan. Beri tanda centang (V), lalu klik Close

Klik pada sembarang tempat kosong di menu bar atau button bar, lalu dari list yang ada, pilih ArcScan

Sekarang toolbar ArcScan sudah muncul, akan tetapi menu Vectorization tetap belum aktif. Hal ini disebabkan karena belum ada ‘shapefile’ atau fitur yang akan digunakan sebagai lokasi tujuan atau lokasi penyimpanan hasil scanning. Karena itu, kita juga harus menampilkan shapefile yang akan dijadikan sebagai lokasi penyimpanan hasil scanning. Dari tombol Add Data, dalam contoh ini kita panggil scanning.shp

Apa sekarang menu Vectorization pada toolbar ArcScan sudah aktif? belum. Sekarang kita perlu mengatur shapefile scanning dalam mode editing, yaitu dari toolbar Editor, tekan drop-down menu Editor, lalu pilih Start Editing. maka menu-menu pada toolbar ArcScan akan menjadi aktif.

Dari menu Vectorization, pilih sub-menu Generate features hingga muncul jendela Generate Features. Di bawah tulisan Choose the line layer to add the centerlines to:, akan muncul shapefile dimana kita bisa jadikan target untuk penyimpanan hasil scanning. Anda bisa langsung menge-klik OK, maka hasil scanning akan muncul di shapefile scanning.shp. Sekarang dari menu Editor, pilih sub-menu Stop Editing. Anda akan ditanya apakah anda ingin menyimpan hasil editing (Do you want to save your edits?), pilih Yes.
Mengkonversi hasil digitasi otomat menjadi fitur poligon
Apabila anda tidak hanya sekedar menginginkan scanning dalam bentuk topologi line, akan tetapi anda menginginkan hasil dalam bentuk topologi poligon, maka yang perlu anda lakukan sekarang adalah menambahkan shapefile kosong dengan tipe poligon sebagai lokasi atau target penyimpanan hasil konversi topologi garis menjadi poligon, dalam contoh ini, kita panggil shapefile bertopologi poligon dengan nama fromline.shp.

Ubah mode editing dari menu Editor> Start Editing

Klik di sembarang tempat kosong di menu bar atau tool bar, lalu dari list yang ada, pilih Topology, sehingga berikutnya akan muncul toolbar Topology.

Gunakan tool panah Edit Tool untuk menyeleksi seluruh bagian yang akan dikonversi menjadi topologi poligon, dengan cara membuat seleksi dengan bentuk kotak melingkup keseluruhan fitur dari shapefile scanning.shp..

Setelah seluruh bagian yang akan dikonversi terseleksi, maka tombol Construct Feature akan menjadi aktif. Tinggal klik tombol tersebut, dan jangan lupa dari toolbar Editor, pada opsi Target:, yang anda pilih adalah shapefile topologi poligon yang akan anda jadikan sebagai target/lokasi penyimpanan hasil konversi. Berikutnya akan muncul jendela Construct Features, dimana akan ada kolom isian Cluster Tolerance:, dan adapula Construction Options. Pada Construction Options, ada tiga opsi yang bisa anda pilih:
(1) Create new polygon from selected features
Opsi ini secara otomatis akan langung membuat fitur poligon tanpa mempedulikan apakah dalam fitur yang akan dijadikan sebagai wadah sudah memiliki fitur atau masih kosong.
(2) Create new polygons (considering existing features in target layer)
Untuk opsi ini, apabila layer target sudah memiliki fitur, maka poligon akan ditambahkan ke dalam fitur yang sudah ada, sehingga apabila fiturnya saling bertampalan, maka secara otomatis fitur dari polyline milik layer scanning dan fitur poligon yang sudah ada pada shapefile fromline akan saling diintersect, sehingga akan terbentuk poligon yang merupakan gabungan dari fitur poligon yang sudah ada dengan fitur hasil konversi yang sudah ter-construct alias tidak ada poligon yang saling betumpukan karena sudah terintersect.
(3) Split existing features in target layer using selection
Untuk opsi ini, fitur poligon yang ada pada layer target akan di-split menggunakan garis-garis yang membentuk fitur scanning.

Karena shapefile target kita masih kosong, maka opsi yang terpilih adalah Create new polygon from selected features. Selanjutnya klik OK. Sekarang layer fromline anda sudah memiliki fitur berbentuk poligon. dari menu Editor, pilih Stop Editing, lalu simpan perubahan yang sudah anda lakukan.
Tutorial ini saya praktikkan dengan menggunakan piranti lunak ESRI ArcGIS 9.2, dengan kontribusi dari rekan saya; Bang Satrio. Saya dulu ‘tidak sengaja’ menemukan fasilitas ini dengan menggunakan program ESRI ArcGIS versi 9.0, dan dari pengamatan saya, operasi scanning ini hanya bisa dilakukan dengan syarat bahwa file raster yang ditampilkan hanya memiliki 2 warna, yaitu hitam dan putih. Saya sedikit lupa dengan langkah yang harus dilakukan pada ESRI ArcGIS 9.0, tapi secara garis besar tidak jauh beda dengan tutorial ini.

Sumber:
http://www.khofia.s5.com/s04-03-003.html

Pranala di Blog ini:

PETA
ArcView GIS
Modul ArcView
GPS (Global Positioning System)
Proyeksi Peta
Aplikasi GIS untuk Klasifikasi Iklim Schmidt-Ferguson
Implementasi SIG dalam Menunjang Pertanian Berkelanjutan
Sistem Informasi Geografi (SIG)/Geographic Information System (GIS)
Pemasukan Data Dalam Sistem Informasi Geografi (SIG)
Sistem Informasi Geografi Perikanan; Sebuah Wacana
GIS untuk Penginderaan Jauh dan Indeks Vegetasi
Cara memotong data bentuk raster di ArcView
Peta Jenis Tanah Bali
Data Indonesia Dalam Bentuk *.shp (Gratisssss….!!!)
GIS untuk Penginderaan Jauh dan Indeks Vegetasi
Sistem Informasi Geografi Perikanan; Sebuah Wacana
Interpretasi Citra Penginderaan Jauh
Penginderaan Jauh
Joint Tabel di ArcView
Vegetation Index
Registrasi Peta di ArcView Menggunakan Extension Register and Transform tool
Prediksi Erosi dengan USLE dan Sistem Informasi Geografi
PERENCANAAN PENGELOLAAN WILAYAH PESISIR DENGAN MEMANFAATKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DAN DATA PENGINDERAAN JAUH
Evaluasi Kesesuaian Curah Hujan, Temperatur dan Ketinggian untuk Tanaman Pisang dengan GIS
Cara memotong file image di ArcView
PERUBAHAN LUASAN TANAMAN MANGROVE DI TAHURA NGURAH RAI – BALI
PERTUKARAN CO2 ANTARA ATMOSFER DAN LAUT: Pendahuluan
Aplikasi SIG dalam Proses Perencanaan
Buka Data SRTM Lewat ArcView
EVALUASI ZONA AGROKLIMAT KLASIFIKASI SCHIMIDT-FERGUSON DI PULAU LOMBOK
PERTUKARAN CO2 ANTARA ATMOSFER DAN LAUT: Eksplorasi Data Penginderaan Jauh – Kecepatan transfer gas CO2

77 Tanggapan to “Digitasi Peta Secara Otomatis Lewat ArcGIS”

  1. habibi Says:

    mas…

    ini guwe banget lohhhh….
    thanks ya

    salam

  2. bijex Says:

    trims, gue bangket juga……….

  3. andex Says:

    hngg.. gak pa pa koq… saya iklas… lagian itu homepage saya udah ilang entah gimana…

  4. fandil Says:

    Terima kasih… Artikelnya sangat membantu saya memahami arcview

  5. dodoy Says:

    kynya bagus bgt… dmana saya bs dapet programnya??

  6. Qq Says:

    Oi Makasih atas pengetahuannya q ikutan lomba GISIC pake arc Gis tapi bingung apa yang mau di GIS-in ada ide?

  7. osorio Says:

    Makasih banyak atas informasinya.
    kalo bisa info dikit mengenai analisis dengan ARCGIS.
    toolsnya dan contohnya aplikasinya thanks

  8. Andi Says:

    Makasih buanyak mas, udah saya praktek in, ternyata benar.. saya mo nanya nich.. katanya dengan ermapper juga bisa digitasi otomatis ya.. klu iya kasih tau donk caranya.. thanks sekali lagi….

  9. La An Says:

    @Andex
    terimakasih pak dah ijinin tulisan bapak untuk di tampilin disini. dan sekali lagi saya mohon maaf dah ngambil tulisan ini tampa ijin

    @fandil
    sama-sama

    @Qq
    banyak kok yg bisa diGISin. yg penting nyarilah ide yg cocok dengan latar belakang ilmumu, dan aplikasikan itu menjadi suatu yg bisa ditampilkan secara spasial/keruangan/sebuah peta. contoh peta hujan, peta sebaran TPS pemilu dll

    @osorio
    sama2. tp yg layak dapat ucapan terimakasih itu pak Andy Setiawan kok🙂. untuk Aplikasi ArcGIS coba lihat di halaman Link & Download di atas. ada sedikit modul ArcGIS untuk aplikasi yg lain

    @Andi
    sama2. klo dr ErMapper malah saya ga tau tuh. saya jarang pake ArcGIS. tulisan ini aja saya comot dari webnya Pak Andy Setiawan. berterimakasihlah kepada beliau…

  10. ipur Says:

    Gimana instal arcGIs 9.2 di windows vista?
    udah coba gak mau-mau

  11. La An Says:

    @ipur
    sepertinya ga bisa deh nginstal ArcGIS 9.2 di vista
    tp coba kunjungin web ESRI atau lihat2 di webnya RSGISForum. pernah diskusi tentang susahnya nginstal ArcGIS 9.2 di windows vista. klo ArcGIS 9.3 bisa nginstal di vista

  12. Ujha Says:

    mas..
    aku baru mo blajar ArcGIS niy..
    tuntutan kerjaan…buat bkn peta..
    tadi na disuruh pake autocad, cm ada yg saran pake ArcGIS lebih komplit..
    minta saran na ya..
    tq

  13. Ujha Says:

    aku butuh saran dunks..
    aku baru mo blajar ArcGIS, tuntutan kerjaan
    buat bikin Peta.tdna disuruh bljr autocad, tp ada yg saran.
    kt na ArcGIS lbh komplit..

  14. La An Says:

    @Ujha
    silahkan masuk aja ke halaman Link & Download di atas. ada bagi2 modul ArcGIS dari pak Sudomo. bisa juga masuk ke iniGIS.info, ada modul gratis juga. silahkan di manfaatkan untuk blajar ArcGIS…

  15. La awir Says:

    mo nanya ma abang2x, gimana caranya digitasi di google earth? klo tau, posting ya…

    thengkyu

  16. awh Says:

    pada paragraf 6-7 diatas saya kesulitan untuk mempraktekkan, sepertinya ada petunjuk yang terlewat,
    “Sekarang toolbar ArcScan sudah muncul, akan tetapi menu Vectorization tetap belum aktif. Hal ini disebabkan karena belum ada ’shapefile’ atau fitur yang akan digunakan sebagai lokasi tujuan atau lokasi penyimpanan hasil scanning. Karena itu, kita juga harus menampilkan shapefile yang akan dijadikan sebagai lokasi penyimpanan hasil scanning. Dari tombol Add Data, dalam contoh ini kita panggil scanning.shp”. Nah pada kalimat terakhir panggil scanning.shp, tidak dijelaskan dimana letak scanning.shp-nya apakah harus biikin dulu berupa layer kosong atau bagaimana???, sehingga langkah berikutnya Vectorization, pilih sub-menu Generate features tidak pernah berhasil…. maklum wong ndeso rodo gaptek… hehee… mohon petunjuk… maturnuwon.
    salam.

  17. animaster Says:

    Terima kasih banyak atas artikelnya. Saya masih sangat awam dalam dunia GIS.
    Saya ada permasalahan sebagai berikut:

    Saya ingin menampilkan sebuah peta lantai 2 dari sebuah gedung ke web, menggunakan MapServer. Saya sudah punya arsip petanya dalam bentuk DWG (AutoCAD) dan PNG. Tetapi setahu saya MapServer membutuhkan arsip shapefile.
    Bagaimana saya dapat membuat arsip shapefile tsb menggunakan ArcGIS?
    Bagaimana proyeksi petanya?
    Apakah pemahaman saya mengenai permasalahan ini sudah benar?
    Terima kasih banyak.

  18. Eirlangga Says:

    mas laan.. ini di arcgis ku
    itu tool measure yg buat ngetahui luas poligon nya ngak bisa di klik
    trus distance area nya juga ngak bsa di klik..???
    knapa yaah ??
    tlang pencerahan nya.
    soal nya aku mau buat peta jenis lereng .

    segera ya mas di tunggu balasan nya

  19. La An Says:

    @animaster
    coba di export file CADnya ke bentuk shp melalui ArcCatalog. utk proyeksi peta, agak susah seandainya bntuknya bngunan. tp coba pake UTM. coba baca2 link2 yang ini dan yang ini

    @Eirlangga
    itu kira2 tolbarnya apaan yah….
    sorry blum begitu tau ArcGIS

  20. mardi Says:

    oh hiyo mas La An

    untuk digitasi otomatis itu gimana?????

    sama seperti pertanyaan awh…..?

    shapefile scaning.shp nya gimana tuh…..

    kasih contoh yg agak jelas dikit dong…
    suwun

  21. Mr. supian Says:

    pak saya gunakan ArcGis 9.2, dulunya ArcView 3.3. saya mau gunakan fasilitas hotlink di ArcGis (gimana caranya? mohon informasi

  22. fhuad Says:

    mas La An mentok nie, di extension saya kok gak ada pilihan buat dicecklist nya sih?
    saya make arc GIS 9.1, itu yg pertama

    yang kedua sama dengan pertanyaannya yang diatas!(Mardi,AWH)
    shapefile scaning.shp nya gimana y gak ngerti nie aku!
    mohon dibales secepatnya y(buat skripsi nieee)
    trima kasih La An.

  23. kusma Says:

    mass…bs ngk mnt extention gratis.. dmn ya klo emg bs di download

  24. pixelcooker Says:

    mas, punya xtools pro 5.1?

  25. aku Says:

    mo nanya nich, tool arcscan sudah muncul tapi menu Vectorization tetap belum aktif. atau karena bajakan yach?

  26. nano Says:

    maaf mas la an, saya ikut nimbrung ni ye.
    to mas “aku” :
    tool arcscan yang udah muncul tapi belum aktif bisa disebabkan :
    1. format raster image mas “aku” masih berwarna atau masih dalam format RGB. coba di edit dulu rasternya dengan software pengedit gambar spt : Photoshop, atau coreldraw rubah gambar (raster) tsb menjadi format hitam putih.

    2. raster sudah format hitam putih tapi di properties layer raster tersebut, range simbology-nya belum dirubah menjadi 2 range, coba rubah dulu simbology-nya menjadi 2 range hitam dan putih.

    3. belum ada layer yang ditambahkan (add) ke arcmap yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan vektor hasil digitasi. Coba mas buat layer (shape, gdb atau mdb) baik format polyline atau polygon lalu add kan ke layer raster yang akan di digitasi (arcmap), trus klik “start editing” mudah-mudahan vectorization-nya bisa aktif.

    semoga bisa bermanfaat mas “aku”
    trimakasih mas la an atas tempatnya. mudah-mudahan blog mas la an tambah maju, dan bermanfaat bagi yang membacanya.
    salam.

  27. brodin Says:

    sama seperti awh:
    pada paragraf 6-7 diatas saya kesulitan untuk mempraktekkan, sepertinya ada petunjuk yang terlewat,
    “Sekarang toolbar ArcScan sudah muncul, akan tetapi menu Vectorization tetap belum aktif. Hal ini disebabkan karena belum ada ’shapefile’ atau fitur yang akan digunakan sebagai lokasi tujuan atau lokasi penyimpanan hasil scanning. Karena itu, kita juga harus menampilkan shapefile yang akan dijadikan sebagai lokasi penyimpanan hasil scanning. Dari tombol Add Data, dalam contoh ini kita panggil scanning.shp”. Nah pada kalimat terakhir panggil scanning.shp, tidak dijelaskan dimana letak scanning.shp-nya apakah harus biikin dulu berupa layer kosong atau bagaimana???, sehingga langkah berikutnya Vectorization, pilih sub-menu Generate features tidak pernah aktif
    mohon bantuannya
    terima kasih

  28. mblendhes Says:

    sorry bro…..salah kamar……

    link ke BBSDLP yg tercantum udah ga valid lg…..
    coba yang ini:
    http://bbsdlp.litbang.deptan.go.id/

  29. deny Says:

    Mas aku mau tnya ArcGIS 9.0 dan ArcGIS 3D analyst tu sama ga to, apa perbedaanya. Terus klo mau download keduanya tu linknya pa yang gratis???Mohon di komentari…

  30. La An Says:

    @nano
    terimakasih atas jawabannya mas nano

    @brodin
    scanning.shp itu nama file baru. seperti komentarnya mas nano di atas. untuk lebih lengkapnya coba baca komennya mas nano

    @mblendhes
    terimakasih infonya. sudah saya ganti

    @deny
    sama. ArcGIS 9.0 itu nama program induknya sedangkan ArcGIS 3D itu salah satu program tambahan dalam program induknya ArcGIS. tidak ada yg gratis program ini…

  31. Upi Says:

    mas mo nanya nih..gmana cara menampilkan luas dan panjang di argis 9.2? aku dah masuk di filed calculator tapi
    ga bisa perintahnya..tanks banget

  32. madd Says:

    arcgis emang terbaik selama ini

  33. Hamim Says:

    ada yang tau gk ya menggunakan HOTLINK di ARCGIS??
    Please Advice….🙂

  34. puguh Says:

    mas untuk di arcScan belum aktif
    padahan raster nya udah saya ganti dengan format hitam putih. thaks

  35. guru muda goegrafi Says:

    lengkap banget pak…
    maklum aq guru baru, perlu banyak belajar : )

  36. La An Says:

    @Upi
    ga pernah gunakan ArcGIS untuk ngitung luas
    tapi coba pake syntax ini
    untuk cari luas: [Shape].ReturnArea
    untuk cari panjang: [Shape].ReturnLength
    klo ga bisa di ArcGIS syntax itu. coba di arcview. klo di arcview bisa

    @Hamim
    coba baca Modul ArcGIS yang linknya ada di halam Link & Download

    @puguh
    silahkan dibaca komentarnya pak nano diatas. mungkin di layer propertiesnya bagain Symbology RGB compositenya diganti pake Stretched atau belum ada layer baru dalam keadaan terediting

    @guru muda goegrafi
    terimakasih
    sama pak… saya juga masih belajar

  37. fik Says:

    mas…makasih banged yaaa…
    senengna..buat tentang web GIS dunk mas…

  38. guntur Says:

    Mas Aq mau nanya.,,Kan Sya Punya Data Titik Koordinat Geografis Trus Aq mau rubah menjadi UTM, Gmna Carax? Mohon Balasanx soalx aq butuh buat susun skripsi….Thanks Sebelumnya

  39. aku Says:

    thank mas nano dan mas la an
    klo cara ambil image citra dari google earth gmn caranya ya?
    satu-satu pake print screen atau ada softaware laen.
    thanks

  40. Fiqi Says:

    Mas Aku udah coba Menu Vectorization masih blm aktif ya?
    padahal semua langkah udah bener aku coba,…
    Thx Ya mas

  41. iwan Says:

    mas….dah saya coba yang digitasi otomatis itu tapi ko yang vectorization nya ttp ga aktif ya padahal dah saya masukkan juga .shp nya tuh…
    oon ni mas, mohon dibantu yah….

    thanks….(^_^)

  42. La An Says:

    @Fiqi & iwan
    coba cek lagi imagenya dan shpnya… apakah sudah seperti pak nano (komentar di atas) katakan…

  43. tHe edGe Says:

    salam kenal…buat smuanya …

    Saya tertarik nih buat belajar GIS , cuman bingung awalnya dari mana ya …. mohon bantuannya

    step by step for learn GIS concept

    thx b4
    GIS newbie

  44. willy Says:

    minta bantuannya mas, bagaimana cara registrasi peta dalam bentuk utm pada arcgis.
    thanks

  45. HENDRA Says:

    Saya Pengen Bgt Belajar Arc Gis Tapi Ga tau Harus Belajar Dri Mana

  46. hilman Says:

    permios..
    mas maaf punya tutorial tentang digitasi peta menggunakan ArcView 3.3, saya butuh untuk mengerjakan tugas kuliah..
    dosen saya tidak menjelaskan, kmaren2 sih pake AutoCAD tp skrng dosennya mau pake ArcView katanya..

    diantos..
    haturnuhun..

  47. opik katili Says:

    mantap……kita bisa nambahin ilmu nih….thanks banget..trus berkarya…

  48. dianta Says:

    terimakasih banyak pak atas infonya. saya dianta ginting,saya sekarang ngabil s2 di jerman jurusan geoinfomasi dan visualisasi di uni potsdam. jadi saya sangat terbantu dengan blok ini. saya masih buta dengan gis karena dulu s1 saya kuliah jurusan geofisika

  49. La An Says:

    @tHe edGe dan HENDRA
    klo saya dulu mulai dari ngutak ngatik program ArcView. kan ada tuh data dari programnya, itu aja yg saya utak atik. trus ngasih ke diri sendiri sebuah kasus, syukur2 klo kasusnya itu wajib. lama2 juga dengan sendirinya akan bisa kok… selamat mencoba…

    @willy
    sama saja dengan registrasi peta dalam bentuk projection. cuman koordinatnya titik ikatnya harus dalam bntuk UTM

    @hilman
    silahkan ambil di tulisan yang berjudul Modul ArcView. download aja modulnya

    @opik katili dan dianta
    alhamdulillah berguna buat pak opik katili dan pak dianta ginting

    @

  50. Ayah Boy Says:

    sama dg yg lainnya, cari lokasi spesifk lalu gunakan GPS tinggal rectify…. (mininal 4 titik spesifikasi dg GPS)

  51. Ayah Boy Says:

    kalo nggak sala:
    Klik “ArcToolbox”
    pilih conversion tools
    to Shapefile
    Feature Class to Shapfile… ok…

  52. Ayah Boy Says:

    mau nanyak… nih
    saya gunakan ArcGIS 9.3, data2nya (yg lama) masih banyak yg dari ArcGIS9.2 tapi tidak bisa dibuka…. gimana caranya … bisa nggk dikonversikan? trims atas jawabannya..

  53. Pandu Says:

    mohon bantuan nya tentang proyeksi TM3, cz d ArcGIS g da…!!!

  54. La An Says:

    @Ayah Boy
    data dalam bentuk *.shp atau dalam bntuk *.mxd. kalau shp saya rasa ga ada masalah, tp kalau mxd, saya juga mengalami hal sama, ga punya solusi saya, krn menurut saya krn extensions yg aktif beda, makanya mxdnya eror…

    @Pandu
    coba masuk kesini
    Konversi Koordinat TM3-BPN

  55. bambang Says:

    thanks bgt buat infonya, klo gak kberatan smisal ada blog sputar SIG yg bru bs dikrim ke email sya. terima kasih.

  56. Beni Raharjo Says:

    Mungkin terminologi Otomatis harus diralat dengan semi-otomatis, karena menurut saya tetap diperlukan supervisi oleh operator sehingga hampir ‘mustahil’ ada digitasi otomatis.

  57. Erwin Says:

    bos gimana ya caranya ngimport project ArcView ke Arc Gis

  58. La An Says:

    @bambang
    sama-sama

    @Beni Raharjo
    seharusnya memang seperti yang bapak bilang, karena mmang masih ada proses2 yang memerlukan user dalam menjalankannya. tetapi tulisan di atas bukan tulisan saya. saya hanya memindahkan tulisannya pak Andy Setiawan kesini. jadi menurut saya, saya tidak memiliki hak untuk merubah judulnya. terimakasih atas koreksinya pak.

    @Erwin
    setelah buka ArcMap. pilih menu file dan sub menu Import from ArcView Project. selanjutnya pilih project arcview yang ingin di import. selamat mencoba…

  59. maria Says:

    saya mencoba untuk mempraktekkan
    tetapi kok arcscan saya tetap tidak aktif ya
    mohon sarannya
    terima kasih

  60. dwi wahyu Says:

    saya tertarik dengan arcview untuk penelitian kesehatan sya… saya baru pemula, mohon bantuannya ya….

  61. Juya Says:

    sebelumnya terima kasih mas,,,artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yg lagi kuliah,,,,

    mas mas,,,ada yang punya Software ArcGIs ga????
    to dmana yah downloadnya???

    sekalian modul Arcgis ada gg????

    Thx

  62. Faruid Says:

    Mungkin ada yang bisa bantu.
    Saya coba untuk memotong layer dengan fitur line (layer jalan) dengan menggunakan layer ber-fitur polygon (layer administratif desa), tapi kok tidak bisa ya.

  63. arsita Says:

    Sofware Arcgis 91 di dpt yg mudah gimana yah, SHP Jaringan jalan Daerah Indramayu Ada gak yah, atau caranya cemana supaya dpt kita bikin tata ruang daerah sy itu.trims mas?

  64. ari Says:

    met malem
    mo nanya nich…!!!
    bisa ga yach data SHP diubah menjadi .MAP???
    kalo bisa minta tolonk dounk kasih info na
    penting banget

  65. La An Says:

    @ari
    bisa… tp harus pake ArcGIS atau MapInfo…

  66. Wawan Says:

    Pak mau tanya bagaimana caranya convert data GIS STRUMAP menjadi data ArcGIS.

    Terima Kasih

  67. Teuku David Says:

    Saya sudah Memakai Aplikasi Arc Gis 9.3 Selama Ini Tetapi Saya Mau Tanya Ni…
    Bagaimana Cara Kita Membuat Peta Lengkap dengan Topology nya Karena Saya Membuat Peta Pesisir dan Laut Untuk Project Pembangunan Pelabuhan. Tlg Ya siapa yang bisa Bantu
    Kita Bisa Kerja Sama.
    Tks….

    By David
    Email : teuku_davidsafrizan@yahoo.co.id

  68. Riko Says:

    Salam Kenal .pak Bisa dibantu Saya Cara instal Arcgis 9.3 dalam Bahasa indonesia.soalnya uda beberapa kali saya instal gagal terus lho pak .tq kalau bisa kirimin ke emailnya saya ya pak.trimaksi

  69. Tutorial ArcGIS « Wawan Setiawan Blog Says:

    […] GIS Blog Indonesia PelaGIS esri tips inigis/ http://arcgistip.wordpress.com/ digitasi peta secara otomatis di arcgis maptools ms4w belajar menggunakan spatial […]

  70. pengen jadi presiden Says:

    Apa sekarang menu Vectorization pada toolbar ArcScan sudah aktif? belum. Sekarang kita perlu mengatur shapefile scanning dalam mode editing, yaitu dari toolbar Editor, tekan drop-down menu Editor, lalu pilih Start Editing. maka menu-menu pada toolbar ArcScan akan menjadi aktif.

    saya terhalang disini. knp Arcscan sy tidak aktif.
    kebetulan sya harus menggunakan arcGIS, karena kebetlan berkuliah di jurusan yang menggunakan program ini.

    mohon bantuannya.

  71. Ilmu Pengetahuan Says:

    informmasi menarik dan sangat pemberi Ilmu Pengetahuan kepada pembaca….

  72. Ocky Cool Says:

    Wah,.mantap neeh gan,..
    Kebetulan saya masih pemula dan sangat tertarik dengan software arcgis,..
    Saya sudah mencoba praktek brdasarkan informasi yg gan tulis diatas, tapi masih mengalami banyak kendala terutama mengenai peta raster dan file format shp,. (Dalam kasus ini saya menggunakan arcgis versi 10.1),..
    Yang mau saya tanyakan,.
    – Bagaimana cara membuat peta raster berformat bmp???
    – Apa foto dari hasil citra satelit google earth dapat dijadikan format bmp dan kemudian dapat di digitasi di arcgis???
    – Terakhir,.bagaimana cara membuat file baru/kosong berformat shp???

    Demikian pertanyaan saya,.mohon pencerahannya..thanks a lot….

  73. NOVI Says:

    makasih pak,,belum dicoba tapi artikel nya cukup membantu, ketemu matkul arcgis tapi dosennya bahasanya tingkat dewa untung ane paham dikit2 arcgis, kalo tmen ane yg dasar aja kagak ngarti udah mangap2, ini membantu sekali,,,,(artikelnya)
    mbojo??orang bima ya pak?? saya juga *gak penting*
    saya juga menulis blog tentang klimatologi juga sedikit, ini alamatnya theordinaryovy.blogspot.com

  74. Haris Says:

    Salam Kenal mas, saya udah coba tp vectorization nya belum aktif2 ya,,, mohon pencerahan nya donk , ,, terima kasih

  75. pony Says:

    SALAM GIS_maaf mau tanya pak,,,,,,,,,,,,menu Vectorization tetap belum aktif. Hal ini disebabkan karena belum ada ‘shapefile’ atau fitur yang akan digunakan sebagai lokasi tujuan atau lokasi penyimpanan hasil scanning. Karena itu, kita juga harus menampilkan shapefile yang akan dijadikan sebagai lokasi penyimpanan hasil scanning. Dari tombol Add Data, dalam contoh ini kita panggil scanning.shp>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>ini shp yang kita panggil adlh semarang shp kah???? atau bgmn??? karna menu Vect saya gak bisa aktif,,,,,,,terimakasih sblmnya…………

  76. jailani Says:

    asssalamualaikum pak, sudah saya aktifkan extension arcscan nya dan juga shp sudah saya add, tapi menu vectorization nya belum aktif2 ya,,, mohon pencerahan..

  77. Sandi Says:

    Menarik sekali! Bermanfaat banget pak (y). Salam dari sandy enginering konsultan PT.Bias reka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!