Pemasukan Data Dalam Sistem Informasi Geografi (SIG)

Seperti yang telah kita ketahui bersama, ada 4 proses penting dalam Sistem Informasi Geografi yaitu pemasukan data, manajemen data, manipulasi/analisis data dan keluaran data. Keempat proses tersebut harus dilakukan tahap demi tahap untuk menghasilkan output SIG yang baik. Proses pemasukkan data bisa melibatkan banyak hal baik hardware maupun softwarenya, begitu juga dengan proses manajemen data serta output datanya. Akan tetapi untuk proses analisis dan manipulasi data, dalam hal ini gabungan data atribut dan data spasial maka hanya program-program GIS yang bisa melakukannya. Software-software SIG juga kadang diseting untuk bisa melakukan keempat proses-proses tersebut, misalnya software ArcView GIS.

Untuk seseorang yang baru mengetahui SIG, proses pemasukkan data bisanya merupakan proses yang sangat ruwet, kadang proses pemasukkan data dipelajari lebih belakangan dibandingkan dengan proses-proses yang lainnya. Karena memang saat ini dah banyak sekali data-data peta digital (bentuk vektor dan grid) yang beredar, sehingga untuk menghasilkan otuput GIS yang baik tidak perlu lagi melakukan proses pemasukkan data (merubah peta hardcopy menjadi softcopy).

Akan tetapi proses ini sangatlah penting. Karena tidak akan ada peta digital seandainya tidak ada proses pemasukkan data. Menurut Lukman (1993) pemasukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data statistik, data hasil analisis penginderaan jauh, data hasil pengolahan citra digital penginderaan jauh, dan lain-lain. Data-data spasial dan atribut baik dalam bentuk analog maupun data digital tersebut dikonversikan kedalam format yang diminta oleh perangkat lunak sehingga terbentuk basisdata (database). Basisdata adalah pengorganisasian data yang tidak berlebihan dalam komputer sehingga dapat dilakukan pengembangan, pembaharuan, pemanggilan, dan dapat digunakan secara bersama oleh pengguna (Anon, 2003).

Menurut Puntodewo, dkk (2003) ada beberapa macam sumber data spasial yang dapat digunakan dalam GIS diantaranya yaitu:

1. Peta analog

Peta analog adalah peta dalam bentuk cetakan seperti peta rupa bumi yang diterbitkan Bakosurtanal. Pada umumnya peta analog dibuat dengan teknik kartografi, sehingga sudah mempunyai referensi spasial seperti koordinat, skala, arah mata angina dsb walaupun pada akhirnya koordinatnya harus dikoreksi kedalam koordinat digital. Peta analog harus dikonversikan menjadi peta digital dengan berbagai cara misalnya digitasi.

Karsidi (1996) dalam geocities.com/yaslinus (2007), mengatakan bahwa untuk mengubah data peta menjadi data sistem informasi geografi digital, maka ada dua proses yang dapat dilakukan yaitu melalui digitasi garis dan penyiaman/penyapuan (scanning). Dengan digitasi maka obyek–obyek di peta digambarkan ulang dalam bentuk digital menggunakan peralatan meja digitasi atau bantuan mouse dan monitor. Meja digitasi adalah alat perekam koordinat yang akan mencatat posisi dari kursor yang dipakai untuk menggambar ulang obyek peta. Dilain pihak dengan teknik scanning/penyiaman, maka obyek–obyek peta direkam ulang dengan alat optik (semacam mesin foto copy) yang kemudian akan mengubah data rekaman gambar ke dalam format raster/image yang dalam proses digitasinya menggunakan teknik On Screen Digitazier.

Digitasi adalah pengambilan data dengan cara menelusuri peta yang telah ada dengan menggunakan meja gambar yang disebut Digitizer Tablet atau mengikuti gambar hasil scanner/penyiaman di layar monitor yang disebut dengan On Screen Digitizer.

2. Data dari sistem Penginderaan Jauh

Data Pengindraan Jauh dapat dikatakan sebagai sumber data yang terpenting bagi SIG karena ketersediaannya secara berkala. Dengan adanya bermacam-macam satelit di ruang angkasa dengan spesifikasinya masing-masing, kita bisa menerima berbagai jenis citra satelit untuk beragam tujuan pemakaian. Data ini biasanya direpresentasikan dalam format raster seperti citra satelit dan foto udara.

Citra penginderaan jauh yang berupa foto udara atau dapat diinterpretasi terlebih dahulu sebelum dikonversi kedalam bentuk digital. Sedangkan citra yang diperoleh dari satelit yang sudah dalam bentuk digital dapat langsung digunakan setelah diadakan koreksi seperlunya. Lebih lanjut dinyatakan ketiga sumber tersebut saling mendukung satu terhadap yang lain. Data lapangan dapat digunakan untuk membuat peta fisik, sedangkan data penginderaan jauh juga memerlukan data lapangan untuk lebih memastikan kebenaran data tersebut. Jadi ketiga sumber data saling berkaitan, melengkapi dan mendukung, sehingga tidak boleh ada yang terabaikan (geocities.com/yaslinus).

3. Data hasil pengukuran lapangan.

Contoh data hasil pengukuran lapang adalah data batas administrasi, batas kepemilikan lahan, batas persil, batas hak pengusahaan hutan, dsb., yang dihasilkan berdasarkan teknik perhitungan tersendiri. Pada umumnya data ini merupakan sumber data atribut.

4. Data GPS.

Teknologi GPS memberikan terobosan penting dalam menyediakan data bagi SIG. Keakuratan pengukuran GPS semakin tinggi seiring dengan pencabutan Selective Availability (SA) oleh Amerika Serikat (AS). Sebelum SA di cabut oleh AS keakuratan sebuah GPS hanya 100m dari seharusnya dan saat ini pada umumnya keakuratan sebuah GPS adalah 10m. data posisi GPS dapat digunakan sebagai data dasar koordinat bumi, selain itu hasil traning area sebuah GPS dapat juga digunakan sebagai data penunjang dalam pembuatan peta.

Pranala lain

PETA
ArcView GIS
Modul ArcView
GPS (Global Positioning System)
Proyeksi Peta
Aplikasi GIS untuk Klasifikasi Iklim Schmidt-Ferguson
Implementasi SIG dalam Menunjang Pertanian Berkelanjutan
Sistem Informasi Geografi (SIG)/Geographic Information System (GIS)
Digitasi Peta Secara Otomatis Lewat ArcGIS
Sistem Informasi Geografi Perikanan; Sebuah Wacana
GIS untuk Penginderaan Jauh dan Indeks Vegetasi
Cara memotong data bentuk raster di ArcView
Peta Jenis Tanah Bali
Data Indonesia Dalam Bentuk *.shp (Gratisssss….!!!)
GIS untuk Penginderaan Jauh dan Indeks Vegetasi
Sistem Informasi Geografi Perikanan; Sebuah Wacana
Interpretasi Citra Penginderaan Jauh
Penginderaan Jauh
Joint Tabel di ArcView
Vegetation Index
Registrasi Peta di ArcView Menggunakan Extension Register and Transform tool
Prediksi Erosi dengan USLE dan Sistem Informasi Geografi
PERENCANAAN PENGELOLAAN WILAYAH PESISIR DENGAN MEMANFAATKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DAN DATA PENGINDERAAN JAUH
Evaluasi Kesesuaian Curah Hujan, Temperatur dan Ketinggian untuk Tanaman Pisang dengan GIS
Cara memotong file image di ArcView
PERUBAHAN LUASAN TANAMAN MANGROVE DI TAHURA NGURAH RAI – BALI
PERTUKARAN CO2 ANTARA ATMOSFER DAN LAUT: Pendahuluan
Aplikasi SIG dalam Proses Perencanaan
Buka Data SRTM Lewat ArcView
EVALUASI ZONA AGROKLIMAT KLASIFIKASI SCHIMIDT-FERGUSON DI PULAU LOMBOK
PERTUKARAN CO2 ANTARA ATMOSFER DAN LAUT: Eksplorasi Data Penginderaan Jauh – Kecepatan transfer gas CO2

About these ads

44 Tanggapan to “Pemasukan Data Dalam Sistem Informasi Geografi (SIG)”

  1. vella Says:

    keren bgt! buat tugas skul gw!

  2. sifa Says:

    ahhhhh!!!!!mana deui???g keren juga!
    knp g ada artikel mengenai manfaat SIG.padahalkan sangat diperlukan dalam kehidupan………

  3. La An Says:

    sabar ya…..

    inikan masih di bagian pemasukkan data
    masih ada 3 bagian lagi dllnya. OK…. ;)

  4. syafriadi Says:

    waduh lg pengen belajar GIS nih

  5. humairah Says:

    artikel tetang guna GIS untuk Transport ada? Mohon bantuannya ya

  6. La An Says:

    @Humairah
    coba kunjungi link ini. atau coba masuk ke link ini, trus hubungin bapaknya, mudah2an bapaknya bisa membantu. semoga berguna

  7. (SIG) « Syaiful88’s Weblog Says:

    [...] Pemasukan Data Dalam Sistem Informasi Geografi (SIG) [...]

  8. Pemasukan Data Dalam Sistem Informasi Geografi (SIG) « Ganez’s Weblog Says:

    [...] Pemasukan Data Dalam Sistem Informasi Geografi (SIG) Pemasukan Data Dalam Sistem Informasi Geografi (SIG) [...]

  9. Sistem Informasi Geografis « Hudha’s BlogMaster Says:

    [...] Pemasukan Data Dalam Sistem Informasi Geografi (SIG) [...]

  10. triana Says:

    qo tak ada yang mananya kelemahan data spasial atau data atributif…
    penting banget tuh..

  11. La An Says:

    kelemahan yg seperti apa Triana? data spasial dan data atribut itu dua jenis data yg brebeda dan saling mendukung. klo mau cari kelemahannya ya ga bisa. soalnya klo data spasial tanpa ada data atribut, berarti bukan GIS lagi namanya. untuk kedua jenis istilah ini lebih sering dibicarakan di Manajemen Data

  12. &'s Says:

    yups kita butuh bnget data inf. SIG

  13. ew4nk Says:

    apasih gunanya GIS.. kok pada rame dibicarain… Gimana sich cara kerjanya..??

  14. La An Says:

    @Ew4nk

    coba deh baca prnala2 di atas. mngkin qm akan paham manfaat GIS. intinya GIS itu mnyederhanakan bntuk permukaan bumi sehingga bisa dimanfaatkan sesuai dengan keinginan kita.

  15. Agus Says:

    mas tolong kirimkan aku password modul gis yg kuperoleh dari sini ya. Pas mo dibuka ternyata butuh password, tolong ya….

  16. La An Says:

    dah ada kok paswordnya di artikelnya

  17. Restu Says:

    kk La An itu MapInfo kan bagian dari gis Fungsi na wat apaan sih ??

    Langsung bales ya !!!!

  18. La An Says:

    sama seperti program2 GIS yang lain seperti ArcView, ArcGIS, AutoCAD MAP, IDRISI dll. utk mengolah data spasial. tp tiap2 program punya keunggulan dan kelemahannya masing2. dan semuanya tergantung dari kebiasaan

  19. abi Says:

    maaf saya blm ngerti tentang SIG?tapi saya akan ikuti…

  20. bulan Says:

    kk klu fungsi dari pemanggilan/penelusuran data (data retrieval) dalam SIG apa ya?????

    mohon bantuannya………

    bales ya…
    buat tgs kuliah…….

    ^_^

  21. Ary Says:

    Mas/ om, tolongin aku gimana caranya biar data dari .dbf bisa join. Dan gimana caranya mengubah key field yang udah ada menjadi data numerik atau string. Dan lagi, gimana caranya kita tahu kalo key field dari peta jenisnya numerik atau string. Ditunggu banget om.

  22. La An Says:

    @Ary
    untuk bisa join lihat modul aja. secara otomatis utk merubah field dari numerik ke string atau sebaliknya sepertinya ada, tapi lupa caranya gimana, extensions apa yg digunakan, lupa. tapi cara gampangnya bikin field baru, trus calculate. utk mengetahui apa bentuk filed kita, lewat extensioan X-tools, akan ada menu baru. dari situ ada properties utk tabel. lihat aja disitu

  23. zarot Says:

    mas pengen tahu gimana sih source code buat nampilin gambar…misalnya kita uda punya denah lapangan trus kita pengen nampilin di web cara nampilin/uploadnya gimana…..
    makasih ya..

    trus gimana caranya untuk ngeprintnya denah sehingga bisa pakai kertas a4 ngeprintnya ..

    makasih ya

  24. johny Says:

    mas, mau tanya nih gimana cara nampilin gis yg kita buat di arcview supya bisa tampil di web. trims

  25. Amir Rachman Website « Amir Rachman Says:

    [...] Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data [...]

  26. Sistem Informasi Geografi (SIG)/Geographic Information System (GIS) « Teknikinformatika05’s Blog Says:

    [...] Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data [...]

  27. SIG « GEOGRAFIZONE90 Says:

    [...] !supportLists]–>1. <!–[endif]–>Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data [...]

  28. GIS (Geographic Information System) « Bagi-bagi Ilmu Says:

    [...] Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data [...]

  29. purnama saputra Says:

    mas, mau nanya nieh pentingnya upgrade peta itu apa ya. tolong ya mas ya.

  30. purnama saputra Says:

    artikel tentang upgrade peta dan metode upgrade peta dengan perangkat lunak Arcview da gax mas tolong ya mas.

  31. Pengantar GIS « Computer and Technology Says:

    [...] Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data [...]

  32. Sistem Informasi Geografi (SIG)/Geographic Information System (GIS) | ILMU TI dot COM Says:

    [...] 1. Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data statistik, data hasil analisis penginderaan jauh data hasil pengolahan citra digital penginderaan jauh, dan lain-lain. Data-data spasial dan atribut baik dalam bentuk analog maupun data digital tersebut dikonversikan kedalam format yang diminta oleh perangkat lunak sehingga terbentuk basisdata (database). Menurut Anon (2003) basisdata adalah pengorganisasian data yang tidak berlebihan dalam komputer sehingga dapat dilakukan pengembangan, pembaharuan, pemanggilan, dan dapat digunakan secara bersama oleh pengguna. [...]

  33. Pemakaian Geographic Information System Untuk Penentuan Lokasi Usaha « juliet8stories Says:

    [...] 1.Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data statistik, data hasil analisis penginderaan jauh data hasil pengolahan citra digital penginderaan jauh, dan lain-lain lalu data-data spasial dan atribut baik dalam bentuk analog maupun data digital tersebut dikonversikan kedalam format yang diminta oleh perangkat lunak sehingga terbentuk basis data yang dapat dibaca oleh komputer. [...]

  34. Demonz Says:

    broo …
    tolong donk …
    saia lagi ad tgas nii ..
    dsru bwat GIS in Desktop …
    gmna caranya ya nge’Link dari ArcGis ?
    bsa ga ya ??

  35. Sistem Informasi Geografi (SIG)/Geographic Information System (GIS) « geografiunm Says:

    [...] 1. Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data statistik, data hasil analisis penginderaan jauh data hasil pengolahan citra digital penginderaan jauh, dan lain-lain. Data-data spasial dan atribut baik dalam bentuk analog maupun data digital tersebut dikonversikan kedalam format yang diminta oleh perangkat lunak sehingga terbentuk basisdata (database). Menurut Anon (2003) basisdata adalah pengorganisasian data yang tidak berlebihan dalam komputer sehingga dapat dilakukan pengembangan, pembaharuan, pemanggilan, dan dapat digunakan secara bersama oleh pengguna. [...]

  36. Sistem Informasi Geografis (GIS) « idhamhafizh Says:

    [...] Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data [...]

  37. miah Says:

    mudah ndaq untuk seorang pemula mempelajari pemograman SIG !!! ( Tdak ngerti sm sekali )

  38. PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEORGRAFIS | surveyoryoga Says:

    [...] 1. Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data statistik, data hasil analisis penginderaan jauh data hasil pengolahan citra digital penginderaan jauh, dan lain-lain. Data-data spasial dan atribut baik dalam bentuk analog maupun data digital tersebut dikonversikan kedalam format yang diminta oleh perangkat lunak sehingga terbentuk basisdata (database). Menurut Anon (2003) basisdata adalah pengorganisasian data yang tidak berlebihan dalam komputer sehingga dapat dilakukan pengembangan, pembaharuan, pemanggilan, dan dapat digunakan secara bersama oleh pengguna. [...]

  39. Sistem Informasi Geografi (SIG)/Geographic Information System (GIS) « charles7samosir Says:

    [...] Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data [...]

  40. MENGENAL SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG/GIS) | RENGGAS BLOG Says:

    [...] Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data [...]

  41. Sistem Informasi Geografi (SIG) Atau Geographic Information System (GIS) | selalucintaindonesia Says:

    […] 1.Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data statistik, data hasil analisis penginderaan jauh data hasil pengolahan citra digital penginderaan jauh, dan lain-lain. Data-data spasial dan atribut baik dalam bentuk analog maupun data digital tersebut dikonversikan kedalam format yang diminta oleh perangkat lunak sehingga terbentuk basisdata (database). Menurut Anon (2003) basisdata adalah pengorganisasian data yang tidak berlebihan dalam komputer sehingga dapat dilakukan pengembangan, pembaharuan, pemanggilan, dan dapat digunakan secara bersama oleh pengguna. […]

  42. Sistem Informasi Geografi (SIG)/Geographic Information System (GIS) | prasetyotheocean Says:

    […] 1. Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data statistik, data hasil analisis penginderaan jauh data hasil pengolahan citra digital penginderaan jauh, dan lain-lain. Data-data spasial dan atribut baik dalam bentuk analog maupun data digital tersebut dikonversikan kedalam format yang diminta oleh perangkat lunak sehingga terbentuk basisdata (database). Menurut Anon (2003) basisdata adalah pengorganisasian data yang tidak berlebihan dalam komputer sehingga dapat dilakukan pengembangan, pembaharuan, pemanggilan, dan dapat digunakan secara bersama oleh pengguna. […]

  43. Pengantar GIS 1 | G I S Says:

    […] 1. Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data statistik, data hasil analisis penginderaan jauh data hasil pengolahan citra digital penginderaan jauh, dan lain-lain. Data-data spasial dan atribut baik dalam bentuk analog maupun data digital tersebut dikonversikan kedalam format yang diminta oleh perangkat lunak sehingga terbentuk basisdata (database). Menurut Anon (2003) basisdata adalah pengorganisasian data yang tidak berlebihan dalam komputer sehingga dapat dilakukan pengembangan, pembaharuan, pemanggilan, dan dapat digunakan secara bersama oleh pengguna. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!
  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 65 pengikut lainnya.