Sistem Informasi Geografi (SIG)/Geographic Information System (GIS)

Tulisanku yang mangkrak lg, mending aku upload disini

Sistem Informasi Geografi (SIG) atau Geographic Information System (GIS) adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang bereferensi spasial atau berkoordinat geografi atau dengan kata lain suatu SIG adalah suatu sistem basis data dengan kemampuan khusus untuk menangani data yang bereferensi keruangan (spasial) bersamaan dengan seperangkat operasi kerja (Barus dan Wiradisastra, 2000). Sedangkan menurut Anon (2001) Sistem Informasi geografi adalah suatu sistem Informasi yang dapat memadukan antara data grafis (spasial) dengan data teks (atribut) objek yang dihubungkan secara geogrfis di bumi (georeference). Disamping itu, SIG juga dapat menggabungkan data, mengatur data dan melakukan analisis data yang akhirnya akan menghasilkan keluaran yang dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan pada masalah yang berhubungan dengan geografi.

Sistem Informasi Geografis dibagi menjadi dua kelompok yaitu sistem manual (analog), dan sistem otomatis (yang berbasis digital komputer). Perbedaan yang paling mendasar terletak pada cara pengelolaannya. Sistem Informasi manual biasanya menggabungkan beberapa data seperti peta, lembar transparansi untuk tumpang susun (overlay), foto udara, laporan statistik dan laporan survey lapangan. Kesemua data tersebut dikompilasi dan dianalisis secara manual dengan alat tanpa komputer. Sedangkan Sistem Informasi Geografis otomatis telah menggunakan komputer sebagai sistem pengolah data melalui proses digitasi. Sumber data digital dapat berupa citra satelit atau foto udara digital serta foto udara yang terdigitasi. Data lain dapat berupa peta dasar terdigitasi (Nurshanti, 1995).

Pengertian GIS/SIG saat ini lebih sering diterapkan bagi teknologi informasi spasial atau geografi yang berorientasi pada penggunaan teknologi komputer. Dalam hubungannya dengan teknologi komputer, Arronoff (1989) dalam Anon (2003) mendifinisikan SIG sebagai sistem berbasis komputer yang memiliki kemampuan dalam menangani data bereferensi geografi yaitu pemasukan data, manajemen data (penyimpanan dan pemanggilan kembali), memanipulasi dan analisis data, serta keluaran sebagai hasil akhir (output). Sedangkan Burrough, 1986 mendefinisikan Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai sistem berbasis komputer yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, mengelola, menganalisis dan mengaktifkan kembali data yang mempunyai referensi keruangan untuk berbagai tujuan yang berkaitan dengan pemetaan dan perencanaan. Komponen utama Sistem Informasi Geografis dapat dibagi kedalam 4 komponen utama yaitu: perangkat keras (digitizer, scanner, Central Procesing Unit (CPU), hard-disk, dan lain-lain), perangkat lunak (ArcView, Idrisi, ARC/INFO, ILWIS, MapInfo, dan lain-lain), organisasi (manajemen) dan pemakai (user). Kombinasi yang benar antara keempat komponen utama ini akan menentukan kesuksesan suatu proyek pengembangan Sistem Informasi Geografis.

Aplikasi SIG dapat digunakan untuk berbagai kepentingan selama data yang diolah memiliki refrensi geografi, maksudnya data tersebut terdiri dari fenomena atau objek yang dapat disajikan dalam bentuk fisik serta memiliki lokasi keruangan (Indrawati, 2002).

Tujuan pokok dari pemanfaatan Sistem Informasi Geografis adalah untuk mempermudah mendapatkan informasi yang telah diolah dan tersimpan sebagai atribut suatu lokasi atau obyek. Ciri utama data yang bisa dimanfaatkan dalam Sistem Informasi Geografis adalah data yang telah terikat dengan lokasi dan merupakan data dasar yang belum dispesifikasi (Dulbahri, 1993).

Data-data yang diolah dalam SIG pada dasarnya terdiri dari data spasial dan data atribut dalam bentuk digital, dengan demikian analisis yang dapat digunakan adalah analisis spasial dan analisis atribut. Data spasial merupakan data yang berkaitan dengan lokasi keruangan yang umumnya berbentuk peta. Sedangkan data atribut merupakan data tabel yang berfungsi menjelaskan keberadaan berbagai objek sebagai data spasial.

Penyajian data spasial mempunyai tiga cara dasar yaitu dalam bentuk titik, bentuk garis dan bentuk area (polygon). Titik merupakan kenampakan tunggal dari sepasang koordinat x,y yang menunjukkan lokasi suatu obyek berupa ketinggian, lokasi kota, lokasi pengambilan sample dan lain-lain. Garis merupakan sekumpulan titik-titik yang membentuk suatu kenampakan memanjang seperti sungai, jalan, kontus dan lain-lain. Sedangkan area adalah kenampakan yang dibatasi oleh suatu garis yang membentuk suatu ruang homogen, misalnya: batas daerah, batas penggunaan lahan, pulau dan lain sebagainya.

Struktur data spasial dibagi dua yaitu model data raster dan model data vektor. Data raster adalah data yang disimpan dalam bentuk kotak segi empat (grid)/sel sehingga terbentuk suatu ruang yang teratur. Data vektor adalah data yang direkam dalam bentuk koordinat titik yang menampilkan, menempatkan dan menyimpan data spasial dengan menggunakan titik, garis atau area (polygon) (Barus dan Wiradisastra, 2000).

Lukman (1993) menyatakan bahwa sistem informasi geografi menyajikan informasi keruangan beserta atributnya yang terdiri dari beberapa komponen utama yaitu:

1. Masukan data merupakan proses pemasukan data pada komputer dari peta (peta topografi dan peta tematik), data statistik, data hasil analisis penginderaan jauh data hasil pengolahan citra digital penginderaan jauh, dan lain-lain. Data-data spasial dan atribut baik dalam bentuk analog maupun data digital tersebut dikonversikan kedalam format yang diminta oleh perangkat lunak sehingga terbentuk basisdata (database). Menurut Anon (2003) basisdata adalah pengorganisasian data yang tidak berlebihan dalam komputer sehingga dapat dilakukan pengembangan, pembaharuan, pemanggilan, dan dapat digunakan secara bersama oleh pengguna.

2. Penyimpanan data dan pemanggilan kembali (data storage dan retrieval) ialah penyimpanan data pada komputer dan pemanggilan kembali dengan cepat (penampilan pada layar monitor dan dapat ditampilkan/cetak pada kertas).

3. Manipulasi data dan analisis ialah kegiatan yang dapat dilakukan berbagai macam perintah misalnya overlay antara dua tema peta, membuat buffer zone jarak tertentu dari suatu area atau titik dan sebagainya. Anon (2003) mengatakan bahwa manipulasi dan analisis data merupakan ciri utama dari SIG. Kemampuan SIG dalam melakukan analisis gabungan dari data spasial dan data atribut akan menghasilkan informasi yang berguna untuk berbagai aplikasi

4. Pelaporan data ialah dapat menyajikan data dasar, data hasil pengolahan data dari model menjadi bentuk peta atau data tabular. Menurut Barus dan wiradisastra (2000) Bentuk produk suatu SIG dapat bervariasi baik dalam hal kualitas, keakuratan dan kemudahan pemakainya. Hasil ini dapat dibuat dalam bentuk peta-peta, tabel angka-angka: teks di atas kertas atau media lain (hard copy), atau dalam cetak lunak (seperti file elektronik).

Menurut Anon (2003) ada beberapa alasan mengapa perlu menggunakan SIG, diantaranya adalah:

1. SIG menggunakan data spasial maupun atribut secara terintegrasi

2. SIG dapat digunakansebagai alat bantu interaktif yang menarik dalam usaha meningkatkan pemahaman mengenai konsep lokasi, ruang, kependudukan, dan unsur-unsur geografi yang ada dipermukaan bumi.

3. SIG dapat memisahkan antara bentuk presentasi dan basis data

4. SIG memiliki kemampuan menguraikan unsur-unsur yang ada dipermukaan bumi kedalam beberapa layer atau coverage data spasial

5. SIG memiliki kemapuan yang sangat baik dalam memvisualisasikan data spasial berikut atributnya

6. Semua operasi SIG dapat dilakukan secara interaktif

7. SIG dengan mudah menghsilkan peta-peta tematik

8. semua operasi SIG dapat di costumize dengan menggunakan perintah-perintah dalam bahaa script.

9. Peragkat lunak SIG menyediakan fasilitas untuk berkomunikasi dengan perangkat lunak lain

10. SIG sangat membantu pekerjaan yang erat kaitannya dengan bidang spasial dan geoinformatika.

Barus dan Wiradisastra (2000) juga mengungkapkan bahwa SIG adalah alat yang handal untuk menangani data spasial, dimana dalam SIG data dipelihara dalam bentuk digital sehingga data ini lebih padat dibanding dalam bentuk peta cetak, tabel atau dalam bentuk konvensional lainnya yang akhirnya akan mempercepat pekerjaan dan meringankan biaya yang diperlukan.

Sarana utama untuk penanganan data spasial adalah SIG. SIG didesain untuk menerima data spasial dalam jumlah besar dari berbagai sumber dan mengintergrasikannya menjadi sebuah informasi, salah satu jenis data ini adalah data pengindraan jauh. Pengindraan jauh mempunyai kemampuan menghasilkan data spasial yang susunan geometrinya mendekati keadaan sebenarnya dengan cepat dan dalam jumlah besar. Barus dan Wiradisastra (2000) mengatakan bahwa SIG akan memberi nilai tambah pada kemampuan pengindraan jauh dalam menghasilkan data spasial yang besar dimana pemanfaatan data pengindraan jauh tersebut tergantung pada cara penanganan dan pengolahan data yang akan mengubahnya menjadi informasi yang berguna.

Pranala di Blog ini:

PETA
ArcView GIS
Modul ArcView
GPS (Global Positioning System)
Proyeksi Peta
Aplikasi GIS untuk Klasifikasi Iklim Schmidt-Ferguson
Pemasukan Data Dalam Sistem Informasi Geografi (SIG)
Implementasi SIG dalam Menunjang Pertanian Berkelanjutan
Digitasi Peta Secara Otomatis Lewat ArcGIS
Sistem Informasi Geografi Perikanan; Sebuah Wacana
GIS untuk Penginderaan Jauh dan Indeks Vegetasi
Cara memotong data bentuk raster di ArcView
Peta Jenis Tanah Bali
Data Indonesia Dalam Bentuk *.shp (Gratisssss….!!!)
GIS untuk Penginderaan Jauh dan Indeks Vegetasi
Sistem Informasi Geografi Perikanan; Sebuah Wacana
Interpretasi Citra Penginderaan Jauh
Penginderaan Jauh
Joint Tabel di ArcView
Vegetation Index
Registrasi Peta di ArcView Menggunakan Extension Register and Transform tool
Prediksi Erosi dengan USLE dan Sistem Informasi Geografi
PERENCANAAN PENGELOLAAN WILAYAH PESISIR DENGAN MEMANFAATKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DAN DATA PENGINDERAAN JAUH
Evaluasi Kesesuaian Curah Hujan, Temperatur dan Ketinggian untuk Tanaman Pisang dengan GIS
Cara memotong file image di ArcView
PERUBAHAN LUASAN TANAMAN MANGROVE DI TAHURA NGURAH RAI – BALI
PERTUKARAN CO2 ANTARA ATMOSFER DAN LAUT: Pendahuluan
Aplikasi SIG dalam Proses Perencanaan
Buka Data SRTM Lewat ArcView
EVALUASI ZONA AGROKLIMAT KLASIFIKASI SCHIMIDT-FERGUSON DI PULAU LOMBOK
PERTUKARAN CO2 ANTARA ATMOSFER DAN LAUT: Eksplorasi Data Penginderaan Jauh – Kecepatan transfer gas CO2

About these ads

150 Tanggapan to “Sistem Informasi Geografi (SIG)/Geographic Information System (GIS)”

  1. neen Says:

    aku copy ya, buat belajar

  2. La An Says:

    silahkan mbak Neen
    mudah2 tulisan kecil itu bisa berguna buat mbak

  3. kul Says:

    Boz… ada tulisan atau tutorial tentang autocad map 2000 gak ya??? saya lg pengen belajar autocad map 2000 nih…

  4. La An Says:

    kemarin sempat dapat link yg membahas tentang AutoCAD MAP, tapi sempat dikunjungi lagi ternyata dah ga bisa dibuka. cuman satu itu aja linknya. tahun 2004 kamarin sempat ngeliat buku AutoCAD MAP 2000 dijogya. ga tau sekarang masih ada atau ga. coba aja nyari

  5. E_ma Says:

    Ass… Saat ini saya sedang membuat tugas akhir saya kesulitan mencari referensi tentang script avenue (salah satu komponen yang terdapat pada software ArcView, apakah ada artikel atau semacamnya yang berkaitan?

  6. La An Says:

    coba lihat Avenue – Pendahuluan
    salah satu materi yg ditampilkan oleh web info GIS ini
    semoga berguna

  7. uca Says:

    aq barusan DL materi GISnya.Ntu pake password ya?

  8. La An Says:

    yup ada paswordnya
    paswordnya = http://www.amburadul.com

  9. didit (bangka) Says:

    lo oke banget man…thks bagi2 ilmunya…

  10. vira Says:

    oke banget tulisannya..tp sayang password modul arcviewnya ga ada.boleh minta ga passwordnya
    ini juga bwt bahan ajar..
    thanks ya..

  11. La An Says:

    Thanks mba vira
    mudah2an bisa membantu bikin orang lebih pintar
    paswordnya di komen ke 8
    atau di komen pertama di sini

  12. Flo Says:

    Kasih comment dunk tentang ini…
    Saat ini pada lomba fotografi sudah mengizinkan proses digital image processing pada hasil fotonya, bagaimana menurut anda? apakah sebaiknya ada batasan proses apa yang boleh dilakukan, atau mungkin dibuat kategori khusus dalam lomba tersebut sehingga foto hasil olah digital dinilai sebagai kategori sendiri?

    Thanks^^

  13. La An Says:

    @ Flo

    klo menurut saya sih dibuat kategori khusus aja. klo udah memanfaatkan digital image processing itu dah lain ceritanya. kemampuan seorang fotograferkan dilihat waktu ngambil fotonya itu

  14. Lesi Puspitawati Says:

    mas, boleh minta dapusnya? kebetulan saya mau penelitian itu. kalau ada bahan tentang GIS+dapusnya, tolong kirim ke email saya forester_ksh40@yahoo.com. makasih ya mas.

  15. La An Says:

    @Lesi
    Dapus itu apa yah…? :D
    sorry ga tau saya istilah itu :)

    baru sadar klo Dapus itu “Daftar Pustaka” :mrgreen:
    maaf, ga ada yg dalam bntuk file elektronik, semuanya dalam bntuk buku. ada beberapa yg dah ilang ~dipinjam dan ga balik2 :D ~ yg ada di saya skrg itu “Barus dan Wiradisastra;IPB, Anon;UPN Jogya, Burrough, Indrawati;IPB” kyaknya sisa itu deh. aq tulis tulisan ini dr tahun 2004 sih… :D

  16. i cal Says:

    mas, aku meh bikin ta ttg sig. Nah masalahnya aku blm bisa make arcview… caranya gmn ya?
    mohon petunjuk….

  17. La An Says:

    @i cal
    ada modul tuh di Link & Download atau di tulisanku yg ini. bisa juga kunjungin iniGIS.info. silahkan di manfaatkan untuk belajar ArcView

  18. i cal Says:

    mas, kalo TA pake GPS tu gmn?
    susah ga c?

  19. Cuplis Aceh Says:

    salam kenal mas, kalau tidak keberatan boleh g’ saya minta dikirimkan software arcview Gis 3.3 ke email saya. thank

  20. boy Says:

    ass… sy boy d NTT tepatx d soE, saya mau nanya mas apa sih keuntungan dan kekukaran dari SIG itu sendiri?

  21. sulfi Says:

    makash,bt tulisannya :)
    Aq copy,buat tugas sekalian untuk dipelajari,tahank be4 n after

  22. JOhn Says:

    Thank man,,,,
    Klo ada DP nya, tlg cantumin ya?

  23. La An Says:

    @ i cal
    tergantung mau di apakan GPS itu utk TA. bisa susah bisa juga ga…

    @boy
    coba baca artikel ttng SIG di artikel disini. penjelasannya dah cukup jelas ttng kekurangan dan kelebihan GIS

    @sulfi dan J0hn
    silahkan… semoga berguna…

  24. Rakin Says:

    mas La An…saya copy tulisanny ya..terima kasih sebelumnya..
    tulisanny bagus n cukup lengkap..

  25. lilik Says:

    maz,q minta ijin ngopy…..makasih….

  26. Mas Toto Says:

    Mas La An, saat ini say sedang nyusun makalah untuk sidang outline saya. Saya mengambil judul Sistem Informasi Geografis. Minta bantuannya dong….ada e Book tentang sistem Informasi geografis???, kalo ada Minta ya…….Tersua apa sich bedanya Sistem Informasi Web dengan Sistem Informasi Geografis…….?
    Ditunggu ya….Kalau Bisa langsung aja kirim ke email saya.

    Terima kasih

  27. Mas Toto Says:

    Mas La An, saat ini say sedang nyusun makalah untuk sidang outline saya. Saya mengambil judul Sistem Informasi Geografis. Minta bantuannya dong….ada e Book tentang sistem Informasi geografis???, kalo ada Minta ya…….Tersua apa sich bedanya Sistem Informasi Web dengan Sistem Informasi Geografis…….?
    Ditunggu ya….Kalau Bisa langsung aja kirim ke email saya.
    toto76sogo@yahoo.com
    Terima kasih

  28. aj Says:

    makasih atas infonya… mohon maaf saya sadur sebagai bahan tugas mata kuliah….. tengkyu

  29. SanSan Says:

    Terima kasih buat materi yang sangat bermanfaat ni..
    Skalian minta ijin buat copy ya :)

  30. imam Says:

    mas, analisis buffer pada GIS tu ap?

  31. La An Says:

    @Rakin, lilik, aj & SanSan
    silahkan… semoga terus berguna…

    @Mas Toto
    utk ebook coba dilihat di Link&Download.

    @imam
    buffer itu mencari suatu area, tempat atau nilai2 tertentu pada jarak tertentu dari objek yg telah ditentukan

  32. NISWAN Says:

    trma ksih atas infonya. saya seorang juru ukur lahan kebun yg ingin tahu tentang data GIS.

  33. hijrah Says:

    bisa bantu w ngerjain tugas ga

  34. massugiono Says:

    makasih mas buat nambah-namabah referensi mata kuliah gue nih sekali lgi maksih banget…dari gue di Kepl. Talaud

  35. habibi Says:

    dear mas la an
    saya mahasiswa ilmu tanah univ jambi
    lagi belajar script avenue nih/ tapi kesu;itan cari panduan ma sampel aplikasi berserta scriptnya..mungkin dengan sampel saya bisa improve untuk pembuatan aplikasi yang baru..
    bisa bantu ya mas e book nya
    terimakasih

    salam
    habibi (susufanta@yahoo.com)

  36. TRI RAHMAT Says:

    Asalaamu’alaikum. Wr. Wb.
    Nama saya : TRI RAHMAT
    Email saya : SIR200531@yahoo.com
    Komentar saya :
    Kalau bisa diblog mas La An sekalian diberi button download software : MapInfo Professional, MapBasic, ArcView GIS, dll yang berhubungan dengan GIS. karena banyak situs web yang kurang menyediakan sumbansi software tersebut kepada masyarakat.
    Sekian komentar saya, jika ada kekurangan mohon dimaafkan.

  37. RONY Says:

    ASS…. mas saya mau tanya ne saya kan sekarang lagi ambil tugas Akhir S1 sekripsi saya tentang Studi Perubahan penggunan lahan dengan menggunakan Gis yang saya teleiti tentang perubahan penggunaan lahan kebun campuran jadi saya mau minta tolong ne mas kira2 ada tidak bahan atau bacaan untuk membantu saya dalam menyelesaikan tugas tersebut thks kalu ada blz ke email saya aza ya

  38. kurniawan Says:

    sy tertarik dengan model Topographic Wetness indeks (TWI) yang dikembangkan untuk extensionnya arcview, dengan mengunakan topocrop (terrain analisys). ada yang punya tutorialnya……

  39. Tcha Says:

    salam kenal,bos ada punya tutorial mapinfo?

  40. La An Says:

    @NISWAN & massugiono
    Sama2…

    @habibi
    waduh saya tidak punya e-book tentang script, tp pak eddy prahasta pernah membuat buku ttng scriptnya ArcView. coba aja nyari2 di gramed atau toko buku. klo ga ada pesan aja. klo ga salah yg nerbitin itu ITB Press

    @RONY
    coba lihat2 di halaman Link & Download. ada bnyak literatur disitu.

    @kurniawan
    yang dicari ditutorial itu apanya ya? klo nilainya TWInya dah langsung keluarkan… skrg tinggal mau diinterpretasikan sebagai apa nilai TWI itu. yg selama ini saya lihat baru untuk banjir

    @Tcha
    silahkan meluncur ke situs ini

  41. LIAMSI Says:

    syukron yach atas artikelnya….!
    ini bermanfaat banget bwt ngerjain tugas di IC BS

  42. leony Says:

    mas la an..
    lam knal y…
    q mw bwt gis tuk skripsi, enak’nya tentang apa y mas..?
    gis apa gt…
    bantuin q dunk…………!!
    yayaya.. ^_^
    kiyimin ke mail q y mas… (el_ei_ou@yahoo.com)
    ukey?! hehe”

  43. toni Says:

    ngapusi….
    ghedebus….

    sotoi…..

  44. ayub Says:

    mas la an..
    tulisan tentang GISnya mantap…..

    aq lg mau nyari judul skripsi tentang GIS tapi agak bingung mau fokusnya kemana,soalnya agak luas cakupannya…
    ada rekomendasi judul skripsi gak? jujur aq masih buta soal GIS dan belum pernah sama sekali mencoba software yang tentang GIS.

    mohon yag mas…
    klu teman-teman yang lain punya rekomendasi punya rekomendasi judul, tolong krim ke emailq yah… :-)
    ayubpongrekun@yahoo.co.id

  45. La An Says:

    @LIAMSI
    Alhamdulillah klo berguna…

    @leony dan ayub
    wah umum bngat nieh…
    klo menurut saya sesuaikan dengan bidang yang ditekunin dan juga tentu saja minat dan spesialisasinya. bnyak bangat yang bisa diaplikasikan dari GIS, mulai dari transportasi, sosial ekonomi, seumberdaya alam sampai hukum dan politik. klo dah ketemu bidang dan minatnya. cba myari2 di internet penelitian2 yang mirip dengan penelitianmu. bnyak bngat kok…

  46. ariefien Sby Says:

    mas punya peta lansat jawa timur yahun 1997 (kalo bisa) sekitar itu juga boleh. aq bth peta lansat bangkalan madura. Ta q mangkrak juga mas.
    aq punya lansat bangkalan tahun 2002

  47. innitial v Says:

    lumayanlah…………………………………

  48. dessy Says:

    SIG…. sullit yach……………….

    males………

  49. dian Says:

    assalamualaikum…….
    saya mhs jurusan teknik informatika sekarang kagi nyusun tugas akhir tentang SIG pemantauan enyeberan zakat. nah saya bingung metode apa yag akan digunakan. mas, kassih saran dunk.terima kasih

  50. La An Says:

    @ariefien Sby
    coba cari di situsnya (saya tautkan ditautan Web di sebelah kanan). ada beberapa yang bisa didownload gratis… klo beruntung bisa dapat citra yang tahun 1997.

    @innitial v
    makacih… :D

    @dessy
    GIS sulit…??? ah ga juga tuh…
    malah asyik tuh…
    yg bikin sulit itu krn malasnya :mrgreen:

    @dian
    Waalaikumussalam….
    coba cari dulu apa yg mau di jawab dari sebaran zakat itu. misalnya sebaran penerima zakat tahun ini per desa, kecamatan atau kabupaten. saya belum pernah melakukan hal2 spt itu, tp dalam bayangan saya sih yg lebih berperan itu analisis tabelnya. dimana nanti kita akan bermain query di data tabular dengan persamaan2 yang kita kembangkan. misal persamaan tingkat pertumbuhan penduduk dll. coba baca “Customizing GIS for Economic Development“. ada beberapa pertanyaan yg bisa di jawab oleh GIS. mudah2an bisa berimprovisasi dari pertanyaan2 itu.
    Wss…

  51. D'JoEL Says:

    masss….
    tengkyu!!!
    tapi bisa kasih pencerahan ga bwat qtq…kira2 pernah pake mapX?kalo ada saya boleh minta ga??

  52. arief Says:

    Bro… gw copy ya… buat bahan paper. ya ya ya….

  53. rangga firdaus Says:

    dear mas, apakah saya bisa mendapatan info detail dengan sig, boleh tahu emailnya mas ?

    salam hangat
    rf
    rangga.firdaus@gmail.com

  54. Theo Aminta Says:

    Mas, saya copy ya…
    Saya mahasiswa yang sedang menyusun Tugas Akhir..
    Tulisannya sangat membantu,.
    Terima Kasih..

  55. La An Says:

    @D’JoEL
    sama2…
    waduh ga pernah pake mapX

    @arief
    Ok… silahkan…

    @rangga firdaus
    SIG yg bagian mananya nieh…
    lumayan banyak artikel ttng SIG di web ini
    silahkan baca dengan mengklik kategori tulisan Sistem Informasi Geografi
    email saya bisa dilihat di Tentang Si Tukang Ketik

    @Theo Aminta
    Silahkan…
    Alhamdulillah klo membantu…

  56. orien Says:

    mas…boleh tau detail referensi yang digunakan untuk menulis artikel tentang GIS ga? misalnya anon (2003),,,apa judul penelitian/buku/artiklel nya…terimakasih…

  57. La An Says:

    @orien
    Anonimus. 2003. Pemanfaatan SIG Dalam Studi Potensi Sumber Daya Lahan Dan Wilayah; Modul Pelatihan. Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UPN “Veteran”. Yogyakarta.

  58. harris Says:

    mas… ijin download mas….

  59. aliridwan Says:

    bagus mas artikelnya ….tanks tambahan ilmunya

  60. La An Says:

    @harris
    silahkan…

    @aliridwan
    sama2…
    semoga berguna

  61. Mhs Bingung Says:

    Mas…saya tulisannya berguna bgt nigh…ijin download yah. terima kasih

  62. nissacenter Says:

    HI LAN,sory ni gw ikt gbng

  63. Rudolf Abrauw Says:

    sorry ya mas, tulisannya saya downlands untuk belajar ya…, soalnya saya kuliah di Geografi Universitas Cenderawasih, kebetulan lagi dalam tahap pengontrakan mata kuliah pada semester V nanti jadi. Thank’s

  64. misbahul Says:

    mas ada contoh pembuatan laporan hasil sig ta?kalau ada minta dong

  65. La An Says:

    @Mhs Bingung dan Rudolf Abrauw
    silahkan…

    @nissacenter
    ga pa2… gabung aja…

    @misbahul
    waduh… saya ga punya…

  66. deksa Says:

    mba, saya ingin mendapatkan e-buku sig tapi yang gratis, bisa didapatnya dimana yah, soalnya saya sudah mencari kemana-mana tetapi tidak dpt

  67. Ahmad Amin Udin Says:

    Ternyata SIG memiliki banyak cabang ilmu ya…nggak nyangka “geografi” seluas ini, tapi mengapa anggapan orang tentang “geografi” kok memandang sebelah mata ya? Makanya satu persatu batas Indonesia dipereteli pihak yang berwenang “cuek” aja. Aparat TNI mengenal “SIG” sehingga mereka sigap betul, tergantung ni…yang lainnya harus paham betul dengan “geografi” jangan sampai lurah, camat, bupati, gubernur nggak tahu tentang “peta” wah…capek deh.

  68. Rifqi Says:

    pernah pakai xtool extention gak mas?

  69. La An Says:

    @deksa
    coba masuk di halaman Link & Download. disitu ada buku SIG.

    http://mbojo.wordpress.com/link-download/

    @Ahmad Amin Udin :D masih perlu proses pak. semua ilmu itu penting, para pejabat dan pengambil keputusan akan lebih bisa punya wawasan yg luas, salah satunya bisa membaca peta dan paham geografi. dan saya rasa sudah dimulai proses untuk itu…

    @Rifqi
    Pernah…

  70. Bambang Says:

    Mas, apa boleh saya minta dikirimkan software ArcView, Idrisi, ARC/INFO, ILWIS, MapInfo ke email saya. Terima kasih

  71. mbanxlambang Says:

    Makasih KK…
    uraian tentang SIG-nya membantu sekalo

  72. Agus Suryawan Says:

    Siang mas… tx atas infonya yg oke punya. minta informasi dikit nih. Kalo mo buat 1 system ini kira2 perlu anggaran berapa ya..?

  73. 23 Says:

    atur aja. . . .

  74. 23 Says:

    no coment!!!!!!!

  75. udin Says:

    sip mantap tnks yayaya

  76. ARV Says:

    siiiip,,,thank’s yo la an

  77. La An Says:

    @mbanxlambang, Agus Suryawan, udin, & ARV
    sama-sama…

  78. Rifky Says:

    ada yg punya tutorial atau pun tulisan tentang TWI (Topographic Wetness Index) dan Extension Topocrop?saya sangat membutuhkannya untuk tugas akhir saya. klo ada tlg ya.Trimakasih

  79. jhon Says:

    bos cariin modul sma kelas 3

  80. La An Says:

    @Rifky
    maaf, saya tidak punya modulnya. untuk extensioan coba cari di sini

  81. rief Says:

    Tak copy yo mas…???

  82. rampai Says:

    saya copy ya..ada tugas bwt paper tentang sig and friend’s,,,
    100 halaman booooo!!!
    thX yo…

  83. geknis Says:

    wow menarik bngt,,,wah jd ada masukan ni…ow iya salam knl ya mas.. blh minta tlng,minta tutorial avenue untuk dekstop. krn skrng aku lg kesulitan mengenai tutorial script avenue dekstop dan buku nya pun juga sulit di cari. mohon bantuan & pencerahannya..

  84. aris Says:

    saya kan buat Tugas Ahir / skripsi tentang SIG,saya mau minta saran,bahan-bahan yang diperlukan,dan program apa saja yang dipakai.

    terimakasih..

  85. salma Says:

    judul tugas akhir saya tentang GIS “tentang sarana pendidikan dan puskesmas, ” gmna bikin programnya binggung…..

  86. La An Says:

    @rief & rampai
    silahkan….

    @aris
    bila ingin memanfaatkan GIS maka data peta itu wajib. krn GIS berbasis spasial. untuk program, saya sarankan untuk memanfaatkan program yang familiar dengan anda

    @reza
    terimakasih…

    @salma
    saya tidak paham pembuatan program… maaf ya…

  87. Jabon Says:

    saya belum pernah melihat alatnya

  88. syahmi Says:

    pucing…….!^_^

  89. Lilys Says:

    Kamu memang yang pertama….

  90. jabon Says:

    nice info..
    salam dari petani jabon

  91. machi Says:

    gan,,,ane copy sebagian buat bahan paper ya… tnang aja credit ditulis ko di dafpus… hehehe… tqtq…

  92. singgih Says:

    ada tutorial tentang apliakasi Quantum GIS 1.5.0 ga?
    klo, ada bleh dkrim ke amail saya : gih1403@gmail.com

  93. dyan Says:

    mas ada source code javatentang SIG g????????q pakek netbeans 6.7

  94. defriansyah Says:

    aslkm mas, mau nanya ni mas
    mas,sekarang dv lagi kerjain skripsi tentang webgis…
    mohon bantuan mas…
    terbentuk pada register peta…..
    biar pas titik koordinat yang dimasukkan agar tidak eror gmn caranya mas???
    mohon bantuan ya mas…..

  95. murayusuf Says:

    thanks very much bro,,,
    atas referensinya…

    kawan ada yang bs bantuin sya cri referensi gak?
    sya lg PKL,
    judulnya distribusi spasial daerah penangkapan ikan…

    bantuin ksh link referensi SIG untuk perikanan.

    salam…

  96. asmane bejo Says:

    Selamat diang. aq berterima kasih atas artel ini sangat membantu aq dlm mengembangkan ilmu

  97. erick Says:

    makasih ya buat artikelnya..
    berguna buat nyusun TA saya..

  98. DIKA Says:

    TOLONG DNG,,,,,di jelasin lagi bagian” dari proses masukannya,,,,meliputi apa ajja,,,,,,

  99. Rafly Kevin Says:

    aku lg nyari program hasil foto digital bisa dimerger di file shp, aq pakai arcview 3.2, tlg kalo ada modulnya…thx

  100. komang iwan Says:

    boss….punya shp pulau morotai yang 3D gak?
    thanks….

  101. La An Says:

    @DIKA
    silahkan klik tautan yang dilink pada tulisan tentang pemasukan data untuk lebih lengkapnya

    @Rafly Kevin
    silahkan dilihat di http://mbojo.wordpress.com/2007/04/08/2007/04/11/modul-arcview/

    @komang iwan
    maaf boz… ga punya nieh…

  102. heny Says:

    mas La an… asslamualaikm…..
    mo nanya ne…
    heny sekarang ge ngolah citra pakai ER maper…trus salah satu dari dua buah citra yang heny pakai koordinatnya belum benar….udah heny coba menyamakan koordinatnya di geociding wizard(quadratic)….dan hasil citranya kebalik…. trus koordinatnya malah 0.0E n 0.0N gitu…. apanya yang salah yah?
    mohon bantuannya….
    wassalam… ^_^

  103. Erlita Says:

    Mas,manfaat GPS buat untuk GIS itu ap??

  104. zia Says:

    pengen daftar pustaka nya dong

  105. kumpulan bahan kuliah Says:

    salam kenal….saya lagi blogwalking ni di blog2 yang betema pendidikan…dan siapa tahu mao tukaran link…..artikelanya bagus sekali….terimakasih

  106. achit Says:

    boleh mnta tolong gak…kalo yg Anon dan Indrawati itu judul, dan nama penerbit’a apa???
    butuh banget soal’a…makasih sebelumnya_^..

  107. nty Says:

    mas..aqu copy ya artikelnya….oh ya mas boleh mintak daftar referensi lengkapnya ngk….makasih ya mas…

  108. Hadi Says:

    Ass…Mas minta izin mau down load modulnya….mau belajar ArcView neh…… boleh ya….!

  109. aulia Says:

    wah mksih atas infonya ya

  110. fifi Says:

    mau tanya ada tulisan tutorial tentang MAPServer gak ya?

  111. asrofi Says:

    pak, boleh saya copy ya..untuk proposal di kantor..thx pak.

  112. La An Says:

    @heny
    mungkin ada kesalahan dalam memasukkan data koordinatnya

    @kumpulan bahan kuliah
    boleh sekali… silahkan…

    @nty, Hadi, & asrofi
    silahkan, semoga berguna…

  113. gunawan wotanngare Says:

    Wah,,, mas ane ijin ngopi njeh,,,
    makasih,,,

  114. tien Says:

    ka’ mkasih ya kbtulan skali lg ada tugas ttng GIS berbasis web tulisan ka’ banyak mmbantu saya…blh ngga tulisan kaka ditambahin sma panduan Gis berbasis Web sekalian cara koneksinya….
    sebelumnya tks ya !

  115. tini Says:

    ka’ mkasih ya kbtulan skali lg ada tugas ttng GIS berbasis web tulisan ka’ banyak mmbantu saya…blh ngga tulisan kaka ditambahin sma panduan Gis berbasis Web sekalian cara koneksinya….
    sebelumnya tks ya !

  116. ades pardi Says:

    mas..sya mau tnya ni.

    apa sch kekurangan SIG.,.,?

  117. Digel Says:

    Slm knal…mau nanya gi mna caranya digitasi di ArcMap agar keadaan kordinat di lapangan sesui dengan kordinat di peta yg akan di buat melalui ArcMap..thanks

  118. iim Says:

    mas bole bagi info ga ? tentang GIS . . . kirim ke email saya yahh bukan_saya26@yahoo.com

  119. athy Says:

    maksh ne atas infox,bolh tyk nda??????

  120. Endang Says:

    Makasih atas infonya…Saya lagi kesulitan nei maw milih mapserver or arcview untuk tugas akhir saya untuk menentukan lintasan terpendek berbasis web pada peta sumatra utara,,, soalnya saya masih pemula dalam hal ini. Tolong kasih saran yach ?? TQ

  121. fitri ajeng a.s Says:

    ass. .
    kalo mau cari artikel ttg kelebihan n kelemahan SIG gmn ya??

  122. Melkiades Damianus Dodon Says:

    Kebetulan Liat liat.
    Mas boleh tw, kok di arcview ga bisa smooth ya,,,?
    apa peta yang telah di smooth di mapinfow bisa ikut bentuk smoothnya di arcview?

  123. Ano Says:

    mas aku kesulitan instal arcGIS…diminta lisensi key boleh bantu lisensi key ? tolong krimin di mail aku costa_lindo@yahoo.com

  124. jigokushoujo Says:

    halo kak..
    saya lagi bikin skripsi ttg sig,tapi kesulitan untuk bikin banner di arcview :(
    adakah tutorial atau artikel yang bisa membantu?
    tolong kirim ke email di jigokushoujo26@yahoo.com
    trims..

  125. justruby Says:

    maaf kak,
    ini cha copy boleh ya.. :)

  126. fengki Says:

    akhirnya,,, tugas bisa selesai,,,, Makasih yg sebesar2nya……

  127. aprizal Says:

    ass. maaf sebelumnya. ada skripsi yg menggunakan GIS gak?? lo bisa tolong kirim ke Email saya ya.. maksihh.. wss

  128. hasby Says:

    mas kalo manfaat SIG apa aja….?
    di BIdang pa ja…?

  129. berLian Says:

    diterjemahin lagi mas kalau bisa,selengkap lengkapnya..makasihh

  130. vina Says:

    aku copy ya, buat belajar
    makasih

  131. Ma Max Says:

    oke…mksih artikelx

  132. dayat Says:

    ikuttttt

  133. Ilmu Pengetahuan Says:

    informmasi menarik dan sangat pemberi Ilmu Pengetahuan kepada pembaca….

  134. aza sandhy Says:

    thanks beritanya, menarik dan interaktif. dimana ya bisa mendapatkan aplikasi SIG tersebut?

  135. Jamaris Says:

    Trima kasih banyak buat penyusun informasi tentang SIG ini ya. Inilah info yang lagi saya cari. Sukses selalu. Wassalam.

  136. john Says:

    mantapp..lengkap infonya…kebetulan lg buat gis nih

  137. saro Says:

    mas boi mau nanya yang bisa bikin program gis ada ga
    judulnya jalur penerbangan …

  138. saro Says:

    klu ada yang bisa bikin bisa di hubungi saya no.hp 0853-8776-3366

  139. santos Says:

    mas blh gk kirim referensi tentang SIG ,,,mksh,,,,,,

  140. SupRi Adi Says:

    tulisan nya kurang besar ne buat di baca.

  141. Peengertian SIG | Geographic Information System Says:

    [...] Menurut As Syakur  penyajian data vektor mempunyai tiga cara dasar yaitu: [...]

  142. yanie Says:

    Assalamualaikum…
    makasih buat infonya..paz banget lagi ada tugas makul SIG,,

  143. thesimplelibraries.com » Sistem Informasi Goegrafi Says:

    [...] Copas : http://mbojo.wordpress.com/2007/04/08/sistem-informasi-geografi-sig/ [...]

  144. DSS (Decision Support System) « Anggie417661's Blog Says:

    [...] di transfer ke berbagai macam integrasi sistem pendukung seperti JPG Tiff dan Gif. SUMBER : 1.http://mbojo.wordpress.com/2007/04/08/sistem-informasi-geografi-sig/ [...]

  145. Baju Bola Says:

    If some one wishes to be updated with newest technologies then he must be
    pay a visit this web page and be up to date all the time.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!
  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 65 pengikut lainnya.