Ebook USLE (Walter H. Wischmeier and Dwight D. Smith)

CoverBagi para pencinta Tanah atau mungkin lebih senang di sebut Soilers, ada kabar gembira buat para Soilers ini. setelah lama mencari-cari dan mengubek-ubek dunia maya yang sangat luas ini akhir didapatkan juga mbahnya buku untuk prediksi erosi. ya bukunya si mbah eyang Walter H. Wischmeier dan Dwight D. Smith, buku yang selalu menjadi patokan para peneliti yang memprediksi erosi menggunakan metode USLE (Universal Soil Loss Equation). Buku yang melegenda tersebut berjudul “Predicting rainfall erosion losses – A guide to conservation planning”.

seperti yang sudah disebutkan disini, Metode USLE (Universal Soil Loss Equation) merupakan metode yang umum digunakan untuk memperediksi laju erosi. Selain sederhana, metode ini juga sangat baik diterapkan di daerah-daerah yang faktor utama penyebab erosinya adalah hujan dan aliran permukaan. Wischmeier mengatakan bahwa metode USLE didesain untuk digunakan memprediksi kehilangan tanah yang dihasilkan oleh erosi dan diendapkan pada segmen lereng bukan pada hulu DAS, selain itu juga didesain untuk memprediksi rata-rata jumlah erosi dalam waktu yang panjang.

Selain bukunya mbah eyang Walter H. Wischmeier dan Dwight D. Smith yang berjudul “Predicting rainfall erosion losses – A guide to conservation planning” tersebut, ada buku lain dari mereka, buku yang lahirsebelum buku tersebut. Adapun judul buku tersebut adalah “Predicting Rainfal-Erosion Losses from Cropland East of The Rocky Mountains: Guide for Selection of Practices for Soil and Water Conservation”.

Nah mudah-mudahan kedua buku ini menjadikan kita lebih bisa belajar lebih baik karena buku aslinya sudah punya. Dan juga buku ini bisa menjadikan kita bisa memiliki refrensi asli dari mbah eyang Walter H. Wischmeier dan Dwight D. Smith dan ga terus menerus menulis refresinya seperti Wischmeier, W.H., and D.D. Smith. 1978. Predicting rainfall erosion losses – A guide to conservation planning. U.S. Department of Agriculture. Agricultural Handbook 537, U.S. Government Printing Office, Washington, DC. Tapi ternyata bukunya tidak ada:mrgreen: . Bukunya bisa di download di (klik judul buku):

Wischmeier, W.H., and D.D. Smith. 1978. Predicting rainfall erosion losses – A guide to conservation planning. U.S. Department of Agriculture. Agricultural Handbook 537, U.S. Government Printing Office, Washington, DC.

Wischmeier, W.H., and D.D. Smith. 1965. Predicting Rainfall-Erosion Losses from Cropland East of the Rocky Mountains: Guide for Selection of Practices for Soil and Water Conservation. U.S. Department of Agriculture. Agricultural Handbook 282, U.S. Government Printing Office, Washington, DC.

Ditulis dalam Ilmu Tanah. 12 Comments »

12 Tanggapan to “Ebook USLE (Walter H. Wischmeier and Dwight D. Smith)”

  1. jason Says:

    Cool! thanks for that info. I looked and looked for someone who shared the same opinions and finally found it on your post. Thanks! Good writing by the way!
    blog

  2. La An Says:

    @jason
    thanks for your visiting in my blog and I hope this info helpful for you

  3. KAHFI Says:

    Pak.. mhon bantuannya ni.sya mahasiswa sedang dalam tahap penyusunan skripsi, skripsi sya berhubungan dengan USLE, sya bingung dari beberapa faktornya C,P
    C sya blum ngerti tuk menentukan nilai covered yg dimana ada kebun karetnya kira menentukan nilainya bagaimana pak?mohon bantuannya

  4. La An Says:

    @KAHFI
    untuk lebih lengkap tentang faktor C itu apa, silhkan baca paper saya disini atau tulisan yang saya posting disini. untuk lebih lengkapnya tentang nilai-nilai C yang sering digunakan di indonesia bisa di cari di bukunya Prof Sitanala Arsyad

  5. romi Says:

    mohon bantuaanya……bagai mana kiranya saya bisa mendapatkan (mendowload) buku Wischmeier, W.H., and D.D. Smith. 1978. Predicting rainfall erosion losses – A guide to conservation planning.
    kareana saya sangat tertarik dengan buku tersebut…..mohon bantuannya……….

  6. La An Says:

    @romi
    klik judul bukunya. maka akan langsung kebuka file pdfnya… semoga bermanfaat…

  7. sholeh Says:

    Apakah ada semacam terjemahnya. terimakasih….

  8. daryanto Says:

    sudah diklik tapi kok keluar:

    Maaf, kami tak dapat mengambil kembali dokumen untuk dilihat.

    mohon bantuan pak, karena saya lagi butuh referensi buat skripsi saya,

  9. galuh Says:

    sy mau bertanya lebih spesifik :
    1. Sifat fisik tanah untuh regosol dan alfisol itu bagaimana: tingkat porositasnya, kemampuan menyerap airnya, kandungan apa yang terbanyak yang dipunyai, berapa kadar liat tanah tersebut?
    2. Pengaruh air hujan dengan intensitas yang sama kira2 111mm per bulan bagaimana untuk kedua jenis tanah tersebut ?

  10. La An Says:

    @sholeh
    terjemahannya tidak ada… tp secara umum bisa membaca bukunya pak prof sitanal arsyad yang berjudul konservasi tanah dan air

    @daryanto
    bisa kok… mungkin sedang down aja servernya

    @galuh
    wah ini dua jenis tanah dari klasifikasi yang berbeda nieh.. tanah regosol bisa saja masuk ke kelasnya Alfisol, begitu juga sebaliknya. kenapa? karena berasal dari 2 sisitem klasifikasi tanah yang berbeda. tp secara umum tanah regosol (atau dalam padanannya lebih sering disebut inceptisol) itu lebih gembur dibandingka tanah Alfisol. oleh karena itu kemampuan menyerap airnya lebih baik dibandingkan Alfisol. berapa kadar liatnya? tidak bisa di jawab krn itu harus analisis lab, tp secara umum tanah Alfisol itu lebih tua di bandingkan dengan tanah regosol sehingga kadar liatnya lebih banyak dibandingkan regosol. tp semua itu secara umum, karena bisa saja terjadi sebaliknya karena proses erosi dan sedimentasi. dalam waktu singkat, hujan tidak memiliki pengaruh terhadap kedua jenis tanah itu. singkat disini bisa ratusan tahun lho… jadi tidak ada pengaruhnya…

  11. axingeniusboyz Says:

    terima kasih pak.. saya cari2 buku ini tpi gak ketemu2..

  12. Vinni Andriani Says:

    yah ko ga bisa di download ya? Not Found katanya😦


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!