Program Magister (S2) Ilmu Lingkungan UNUD

Latar Belakang

Berkembangnya pembangunan disegala bidang, membuat terjadinya tekanan yang semakin besar terhadap lingkungan, diantaranya berupa eksploitasi sumberdaya alam yang berlebihan, berkurangnya lahan produktif serta terjadinya konflik antar sektor. semakin banyak tenaga ahli lingkungan yang berasal dari berbagai disiplin ilmu akan semakin baik agar dalam penanganan permasalahan lingkungan dapat ditangani secara komperhensif. dengan memperbesar manfaat dan memperkecil resiko, maka peningkatan kegiatan dan kelangsungan proses pembangunan akan dapat berlanjut (sustain)

Berdasarkan hal tersebut maka program magister (S2) ilmu lingkungan diselenggarakan untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan akademik dan mampu mengembangkan ilmu lingkungan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, pembangunan dan keharmonisan lingkungan hidup.

Konsentrasi

a. Lingkungan Pesisir

b. Biologi Kelautan dan Perikanan *

c. Oceanography dan Remote Sensing *

*Bekerjasama dengan Center of Remote Sensing and Oceanography Science (CReSOS)

Untuk Beasiswa, di PS Ilmu Lingkungan Tersedia:
1. BPPS, dengan persyaratan
– Untuk Dosen PTS & PTN Dengan Berpangkat Serendah-rendahnya lektor dan telah mempunyai jabatan Fungsional (angka kredit minimal 100)
– Umur ; Maksimal 50 tahun
– (mengisi formulir BPPS dan pendaftaran) tersedia di Sekretariat

2. Beasiswa Unggulan Biro PKLN,
Untuk beasiswa unggulan kami belum mendapat kepastian untuk tahun 2008, namun besar kemungkinannya beasiswa ini tetap berlanjut untuk tahun 2008.
jika berminat dan memenuhi syarat, kami sarankan untuk mencoba melamar beasiswa tersebut.
syarat-syaratnya :
1. IPK minimal 3, 00
2. Prioritas untuk guru
3. khusus untuk konsentrasi Oceanography dan Remote Sensing (S1 Eksak)

Untuk Informasi Beasiswa Unggulan, bisa kunjungi website biro perencanaan dan Kerjasama luar negeri (PKLN) depdiknas di http://www.beasiswaunggulan.org
untuk keterangan lebih lanjut bisa di download disini. di file tersebut terdapat leaflet, formulir pendaftaran dan informasi beasiswa

21 Tanggapan to “Program Magister (S2) Ilmu Lingkungan UNUD”

  1. Masnun Dahniar Says:

    saya lulusan Agribisnis Fakultas Pertanian 2008 UNISMA Bekasi, bagaimana ketentuan untuk S2 secara personal tanpa ada kaitan sebagai guru / dosen

  2. La An Says:

    @Dasnun Dahniar

    Program magister Ilmu Lingkungan Menerima mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu (termasuk Agribisnis) untuk konsentrasi Lingkungan Pesisir. tapi untuk konsentrasi Oceanographi dan remote sensing serta Biologi Kelautan dan Perikanan hanya menerima calon mahasiswa dari eksata.

  3. amar Says:

    saya sangat interest untuk bisa ikut sekolah lagi, tapi untuk jurusan remote sensing apa lulusan teknik bsa ikut?..
    kalo bisa mohon info selengkapnya ke email saya.

  4. La An Says:

    @amar
    bisa. silahkan hubungi langsung Program Magister Ilmu Lingkungan. kontak personnya bisa dilihat di leflet yang bisa di download di link yg saya tautkan di atas

  5. Rine Says:

    Saya tertarik dengan jurusan2 di atas, saya lulusan ilmu Biologi, syaratnya memang harus dosen?

  6. Erwin Says:

    saya adalah PNS DKP, ingin bertanya apakah lulusan D4 Sekolah Tinggi Perikanan dapat melanjutkan ke S2 Lingkungan Pesisisr atau Lainnya? mohon info lengkap bisa di emai ke alamat email sy, trims sebelumnya

  7. jhueleks Says:

    ada nggak ya beasiswa untuk umum? saya baru lulus S1 Perikanan nih…

  8. La An Says:

    @Rine
    untuk masuk kuliah disana ga harus dosen, yang penting dah lulus S1😀 , tp klo untuk mendapatkan beasiswa BPPS memang harus doesen, tp beasiswa unggulan ga harus dosen, yg penting punya lembaga tempat bertugas, spt guru, LSM, lembaga penelitian dan lain2, tp diutamakan yg dari guru karena ini beasiswa dari Diknas.

    @Erwin
    bisa. silahkan di download leafletnya dan hubungi no tlpnya. DKP dan CReSOS ada kerjasamanya klo ga salah

    @jhueleks
    tidak ada

  9. ipeh Says:

    saya ipeh seorang guru SMU Swasta lulusan teknologi hasil pertanian, bisa nggak daftar S2 Lingkungan, syarat lengkap dan ngirimnya kemana?mohon iinfo lengkap di email ke alamat email saya

  10. elang Says:

    Sekarang S2 lingkungan dianggap tidak linier dengan S2 biologi, sehingga lulusan S1 Biologi dan S2 lingkungan tidak dapat mengikuti seleksi dosen Biologi di Udayana karena persyaratannya S2 Biologi. Padahal S2 lingkungan berasal dari multidisiplin. Mohon tanggapan..

  11. ebookscience Says:

    koleksi ebook dari bidang lingkungan

    silakan berkunjung ke

    http://koleksiebook.wordpress.com

  12. Samuel Says:

    Saya lulusan dari Ekonomi Akuntansi, bisakah saya masuk ke S2 ilmu Lingkungan ? Apa saja syaratnya ? univ. apa yang ada S2 ilmu lingkungan ? apa ada link – nya ?

  13. ian karta Says:

    Yth.Ketua Program Magister S2 Ilmu Lingkungan Universitas Udayana

    Dengan hormat,
    Sehubungan dengan keinginan saya untuk melanjutkan S2 dan tuntutan untuk memperoleh pekerjaan, maka dengan ini saya berkonsultasi dengan Bapak. Bapak saya sekarang telah menamatkan S1 Pendidikan Kimia, dan menjadi Dosen Kontrak Analis Kimia, apakah saya bisa melamar di program studi Bapak dan dapat diusulkan untuk memperoleh beasiswa. Bapak lebih tahu mengenai program-program Beasiswa yang mungkin dapat saya lamar, mohon saran Bapak. Saya sangat berkeinginan besar untuk melanjutkan Studi, tetapi saya dari segi pendanaan sangat kurang. Saya mohonkan perkenaan Bapak untuk dapat memberikan saran dan mempertimbangkannya. Dan sedikit saya perkenalkan diri: Nama : I Wayan Karta, S.Pd. (Jurusan Pendidikan Kimia). IPK 3,45. Asal : Desa Adat Nyuh Kukuh, Kec. Nusa Penida. Kemudian jika Bapak dapat mempertimbangkannya, saya sudah memiliki beberapa penelitian yang akan dilakukan untuk tesis saya mengenai spon laut.
    Demikian yang dapat saya sampaikan, atas saran yang diberikan dan pertimbangan Bapak, saya ucapkan banyak terima kasih. Mohon maaf sebelumnya saya mengganggu pekerjaan Bapak, dan jika ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

    Hormat saya,

    I Wayan Karta, S.Pd.

  14. moh.subhan Says:

    saya telah lulus di magister ilmu lingkungan universitas udayana
    saya telah mendaftar bpps online ke dikti karena kekurangan dana pribadi
    apakah saya bisa mendapat bpps tersebut untuk tahun ini dan seterusnya?

  15. Nampa Says:

    @ian karta; untuk saat ini d PS ilmu Lingkungan disediakan beasiswa untuk konstrasi Environmental Remote Sensing. kalau bapak berminat silahkan mendaftar diri ke panitia pendaftaran mahaisswa baru PPS Unud dengan melakukan registrasi secara on line di http://pps.unud.ac.id/ind/ baru melengkapi berkas dan mengumpulkan form pendaftaran yang dapat diunduk pada website tersebut.

    @ Samsuel, se ilmu lingkungan merupakan PS multi displin ilmu, jadi sarjana ekonomi bisa melanjutkan ke PS lingkungan (khusus konsentrasi Lingkungan pesisir).

    @ Elang, PS lingkungan memang merupakan PS yang multidisiplin. terkait dengan penerimaan dosen dan recrutment, itu tergantung kebutuhan yang membuka kesempatan. dapat kami sampaikan sampai saat ini lima orang mahasiswa kami telah diterima sebagai dosen di Unud dan undikas. dan emat orang alumni kami sedang dan telan menempuh PhD program di beberapa universitas terkemuka di Jepang (CHIBA dan Yamaguchi University) yang dibiayai oleh Biro PKLN Kemdiknas. PS Lingkungan merupakan satu-satunya Program studi yang secara berkesinambungan menjadi penyelenggara besasiswa unggulan dari BPKLN sejak tahun 2006.

    NB. saat ini sedang digodok kerjasama double degree dengan yamaguchi dan CHIBA university.

    trims W Nampa
    staf PS Ilmu Lingkungan
    Emal/FB: nampa_w@yahoo.com

  16. Nampa Says:

    ralat:
    @ samsuel… se (PS/program studi)
    Elang: emat = empat; PS lingkungan merupakan satu-satunya PS di Unud yang menjadi penyelenggara beasiswa unggulan secara berkesinambungan sejak tahun 2006

    trims

  17. Risma Says:

    Bapak,apakah ada s1 analis kimia di bali,saya ingin melanjutkan kuliah,saya tamatan d3 analis kimia.thx

  18. Nampa Says:

    @ Risma: yang ada jurusan Kimia untuk s1, dan Kimia terapan untuk S2Tq

  19. Pipin Says:

    Saya dosen lulusan S1 biologi, yang ingin saya tanyakan kalau saya melanjutkan kuliah S2 ilmu lingkungan apakah linear? Berkaitan dengan persyaratan sertifikasi dosen yang harus S2 dengan disiplin ilmu yang harus linear. Terima kasih

  20. ani Says:

    adakah program pasca sarjana teknik lingkungan di Udayana untuk lulusan tahun 2012 ?
    thx b4…

  21. Duarsa Says:

    apakah saat ini masih ada beasiswa untuk ilmu lingkukngan?
    saya baru lulus S1Biologi taHun 2011
    trims


Tinggalkan Balasan

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!