Rawa Mbojo

ada 2 lagu berbahasa bima yang saya upload. selain bisa di unduh, bisa juga ngeliat text dan terjemahannya. sedikit kamus juga ikutkan

WADU NTADA RAHI

wara ku sabua hidi ngarana wadu ntada rahi
tapa ndiha ba dou di rasa ba ne’e na lao ta rahina

teka, teka na doro
ntada, ntada ka lao
ade na mala lai
ntada rahi ma lao

auku ncara ra kancaruna sampe ndadi kaina wadu
ede pa tangara kai ba dou wadu, wadu ma tanda rahi

teka, teka na doro
ntada, ntada ka lao
ade na mala lai
ntada rahi ma lao

BATU YANG MENATAP SUAMI

ada suatu tempat yang bernama batu yang menatap suami
di hadang oleh orang satu kampung karena ingin pergi ke suaminya

naik, naik kebukit
menatap, menatap termenung
hatinya yang sakit
melihat suami yang pergi

apakah salahnya, sampai dia menjadi batu
oleh karena itu di namakan oleh orang batu, batu yang menatap suami

naik, naik kebukit
menatap, menatap termenung
hatinya yang sakit
melihat suami yang pergi

untuk ngedownload, silahkan klik disini

Sodi Angi

mungawasi ka io ngahi nahu arie
kone lau ndeumu ti kaku lampa ndaimu

honda bou di nente, ancu nanhu di nenti mu
ampo warana tandana ba ra meci su’u ra tundu 2x

podasi ne’e di wekiku amania
hanta ca da pu uma ma sempuru dua ri’ina

na ini mbua si ri’ina ku haju ka’a sara’a
na ciwi mbua rausi mada ku londo rai 2x

mungawasi ka io ngahi nahu arie
ku weli wea ku kariro ma ntika monca roro

wa’usi weli wea kariro aina du lampa rero
tanda meci ra ca’u ndai ma sama to’i 2x

poda si ne’e di wekiku amania
tu’u kaboupu uma palada bali bae

doho jambuta kai weki ndai ma mboto
wa’u si wara ede ku ngawa lalo pa ade 2x

na ndadi podasi nika ndai ta pede
ta weli menaku janga siwe mone

di cua ngaha ndai cumpu boho oi ndeu
ngenge kali cempe tanda bou ra campo 2x

Tanya Keluarga

klo qm mengiyakan apa yg kukatakan
pergi mandipun ga akan ku biarkan qm jalan sendirian

motor baru untuk di naiki, lunganku untuk kau pegang
baru ada tandanya kalo kita saling menyayangi 2x

klo benar menyayangi aq
angkatkan ke utara rumah yang betiang dua belas

klau yang bertiang enam, akan kujadikan kayu bakar semua
seandainya juga bertiang sembilan, aq akan lari pergi 2x

klo qm mengiyakan apa yg kukatakan
akan kubelikan giwang kuning yang cantik

kalau sudah dibelikan giwang, janganlah suka keluyuran lagi
tanda kasih sayang kita yang sama2 kecil 2x

klo benar menyayangi aq
bikinkan aq rumah yang bersayap kiri dan kanan

untuk acara pesta kluarga kita yang banyak
klo sudah ada itu, aq akan langsung menerimamu 2x

klo benar2 terjadi pernikahan kita nanti
kita akan membeli ayam jantan dan betina

untuk kita makan bersama2 setelah acara “tumpah air mandi” (boho oi ndeu)
saling suap menyuapi tanda baru bersatu 2x

Kamus

sodi = tanya
angi = keluarga
ngawa/mungawasi = mau/kalau kamu mau
io = iya
ngahi = bicara/ngomong
nahu = saya (berbicara kepada yang lebih kecil)
ari/arie = adik/adikku
honda = motor
bou = baru
nente = menaiki
ancu = lengan
nenti = pegang
meci = sayang
poda/podasi = benar/kalau benar
ne’e = suka, naik
weki/wekiku = orang, keluarga/keluargaku
amania = kakak (laki-laki)/di anggap kakak
hanta = angkat
ca da = ke utara
uma = rumah
sempuru dua = dua belas
ri’i/ri’ina = tiang/tiangnya
ini = eman
mbua = jumlah/buah
haju = kayu
ka’a = bakar
sara’a = semua
ciwi = sembilan
mada = saya (utk berbicara ke orang yang lebih tua)
londo = turun
rai = lari
weli/weli wea = beli/membelikan
kariru = anting
ntika = cantik
monca = kuning
wa’u/wa’usi = sudah/kalau sudah
aina = jangan
lampa/lampa rero = jalan/keluyuran
ca’u = suka, mau
ndai = kita
to’i = kecil
tu’u = bangun
bau/kabou = baru/membuatnya baru
doho = duduk
jambuta = pesta
mboto = banyak
wa’u = sudah
wara = ada
ede = itu
ngawa = mau
ade = hati
ndadi = jadi
poda = benar
nika = nikah
pede = nanti
janga = ayam
siwe = perempuan, betina
mone = laki-laki, jantan
ngaha = makan
cumpu = selesai
boho = tumpah
ndeu = mandi
ngenge = gigit
campu = bergabung, bersatu

untuk ngedowload silahkan klik disini

Pranala di Blog ini:

Kuliner Khas Bima/Resep Ngaha Mbojo
Bentuk 3 Dimensi Kota Bima/Dana mBojo
Ditulis dalam Rupa-rupa. 20 Comments »

20 Tanggapan to “Rawa Mbojo”

  1. saadbima Says:

    ok,salam kenal bung. 2 lagu diatas mengenangkan sy saat ngumpul dgn teman2 dibima,inyaallah januari 2008 sy bersama rudi biola dan liek matano akan produksi rawa mbojo etnik moderen rampak budaya music tradisional…doakan.

  2. phiy Says:

    Uduuh bahasanya..
    ga ngerti aku.. ;p

    Eia, emang esnips masih bisa dipake buat Download yak?

  3. La An Says:

    @Saadbima
    wah bagus tuh…. semoga sukses pak🙂

    @Phiy
    hihihihihihi….. liat aja tuh kamusnya
    kyaknya ga bisa di download deh😀
    nanti aq pindahin

  4. Arief Says:

    Salam kenal Mas AN…
    kita sama2 penikmat lagu Bima, tukeran link boleh gak yah????

  5. La An Says:

    Salam kenal juga…..
    ayo kita tukaran link

  6. AdHaR / FraNcOs SuNTu - MboJo Says:

    “””…..MaDa MuLai daRi TaHuN 2000 saMpE deNgaN sKg beLuM PerNaH PuLaNG Ke DANA RO RASA MBOJO soaLNya Mada MasiH PeNgeN NgeRaNTaU di JaKaRTa dEMi MeRubaH NaSib MaDa…, yaNG JeLas Mada saNgaT SaLuT & baNGGa sKaLi aMa iTa sa’E.., sMoGa Ke DepaN iTa TaMbaH LANCAR & SUKSES sLaLu, AMIN…3x…..”””

    AdHaR / FraNcOs
    KaMpO SuNTu – PaRuGa
    BiMa – NTB

    di –
    JaKaRTa

  7. laila Says:

    rawa mbojo,jd kangen mo pulang kampung lagi.aku jg dou mbojo lho, tinggal di jakarta
    liat aku di lailasayang.wordpress.com ya????

  8. mone Says:

    gimna kabarny mbojo ya……. kita su kagen belm plang jadi sudah mw 10 thun jd

  9. mone Says:

    ama inawai ra ompu mbune haba re…..?

  10. Biru_Lovers Says:

    rasy kangen mau pulang ke bima aja nieh
    dah lama di rantau 😦

    siapa yang baik hati jemput gw ,,,,,,

    gw ada di jayapura nih
    😛

  11. La An Says:

    @AdHaR / FraNcOs SuNTu – MboJo
    amin….
    sama2…

    @laila
    untuk menghilangkan kangen, dengarin lagu bima
    hehehehe…

    @mone
    waduh…
    dah lam ajuga nieh ga pulang ke bima
    klopun pulang, hanya sehari atio 2 hari
    tp alhamdulillah, yag saya dengar baek2 aja…

    @Biru_Lovers
    sesama perantauan harus sabar ya
    hehehehe….

  12. vaim Says:

    terimakasih amania atas lirik lagunya….mada la vaim dou mbojo bima kampo melayu…salam kenal semuanya….mada lingi ade…aka rasa..

    bodjoxbajo@yahoo.com

  13. irachman Says:

    maju trus dana mbojo, terus berikan yang terbaik. dari la irachman h. jakariah dou laju, tp nggee di cileungsi.

  14. vivi Says:

    mas,,,, bisa ga’ tulisin lriknya lagu ama ina, q mang bkan orang mbojo, tp lgu yang ntu ada makna tersndiri..

  15. Dayat Rontu Ana Umi Says:

    gaga sa,e rawire….

    semoga sukses selalu…

    rahoba ari…. loasi tau japu rawa mori kese douma sa,e…

    ama ina rocija weha ba ruma….

    trima kasih sebelumnya…..

  16. mbojonet Says:

    • twitter: @TimnaSSuporter • Web: http://timnassuporter.co.cc/

    iraee.. kawara mbojo mantoi na kamanae…

  17. mbojonet Says:

    gaga rawa reeeeeeeeee

    • twitter: @Info_Mbojo • Blog: http://mbojonet.blogspot.com/

  18. sri ramdhani Says:

    akhirnya lagu nya ketemu juga,,
    makasih sae
    salam kenal,, semoga tambah sukses,,amien
    salam kenal,, smga tmbh sukses

  19. aan Says:

    salam kenal sa’e sa’e
    saya lahir dan besar di jogja
    ibu bapak saya asli bima (bapak, wera tawali | ibu, kampo sarae)
    jujur sampe skrg nih sy masih seneng dengerin lagu-lagu bima
    memang sy ga ngerti arti liriknya, tapi ya gara-gara kebiasaan denger
    saya sampe hafal lagunya😀
    apalagi yg judulnya SODI ANGI, gile tuh suara ceweknya merdu🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!