My Opinion

Indonesia itu daerah yg kaya. Seperti kata orang2 tongkat yg ditanampun bisa tumbuh. Selain karena lahannya yg subur, Indonesia juga dikarunia oleh Nya dengan bahan tambang mineral yang berlimpah, mulai dari emas, timah, besi, tembaga, uranium dll. Hampir diseluruh kepulauan indonesia ada bahan yg bisa ditambang. Pulau Kalimantang dengan batubaranya, Pulau Papua dengan emasnya, Kepulauan Bangka dengan timahnya dan masih banyak yg lainnya lagi.

Setelah ditambang, mau diapakan lahan2 tersebut. Coba liahat dia citra aster dibawah. Pertambangan emas di Pulau Sumbawa dan di Papua (klik utk memperjelas). Apa yang akan dilakukan setelah lahan2 yang tadinya merupakan daerah resapan air menjadi lahan yg rusak dan menjadi seperti danau buatan?

newmontfreeport

Sedih, tapi pembangunan tidak bisa dihentikan, yang bisa dilakukan hanyalah berusaha agar lahan2 tersebut kerusakannya tidak terlalu parah. Konservasi lahan merupakan salah satu langkah yang bisa diambil dalam kondisi seperti ini. Adanya keinginan dan kemauan untuk memberikan warisan yang lebih baik bagi anak cucu kita atau minimal memperlihatkan sesuatu yang kita lihat saat ini kepada mereka merupakan hal bisa membangkitkan keinginan seseorang untuk dapat melindungi dan mengawetkan sumberdaya alam yang ada.

Selama ini kita sering mendengar adanya sumberdaya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Hasil tambang di atas merupakan contoh sumberdaya alam yg tidak dapat diperbaharui, sedangkan yg dapat diperbaharui contohnya adalah air. Akan tetapi menurut Voght (1948) istilah terbaharui tidak akan ada gunanya seandainya tidak ada batasan dalam pengambilan dan pemanfaatan hasil sesuai dengan kapasitas peremajaannya.

Proses laju kerusakan lingkungan saat ini sudah diatas ambang kewajaran. Kerusakan lingkungan ini tidak hanya mengakibatkan kerugian di tempat kerusakan tersebut, tapi juga berdampak pada wilayah serta lingkungan global.

Leopold, enam puluh sembilan tahun yg lalu pernah mengungkapkan tiga kekeliruan pandangan dalam pengelolaan lingkungan dan yg anehnya saat ini kita mengalaminya. Pertama, setiap kerusakan dianggap sebagai projek yang terpisah, karena dilakukan oleh kantor serta ahli yang terpisah, dan dijalankan berdasarkan bidangnya masing2 yang khas. Masyarakat tidak pernah tahu bahwa bidang yang satu dapat menghambat bidang yang lain, dan bahwa kespesifikan itu meniadakan saling pengertian. Kedua, setiap mekanisme yang dibangun dianggap lebih unggul dari yang alami. Ketiga, kita merasakan perilaku organik hanya pada organisme yang telah kita bangun. Dan akhirnya dia mengatakan “jadi manusia yang terlalu bijaksana untuk membiarkan kerja serampangan dengan undang-undang yang bersifat politik, menerima dengan tanpa ragu-ragu perubahan yang paling radikal dari undang-undang biotik kita”.

Contoh kecil dari keadaan ini adalah kasus pertambangan yang menyebabkan tercemarnya teluk buyat. Pertambangan emas yang tidak mengindahkan lingkungan dimana air raksa (Hg) menyebabkan tercemarnya ikan2 yang berada di sekitar teluk dan menciptakan berbagai jenis penyakit bagi manusia diwilayah tersebut. Contoh lain adalah peningkatan Gas Rumah Kaca yang sekarang menyebabkan bencana lingkungan global yang entah kapan akan selesai.

Satu Tanggapan to “My Opinion”

  1. mteguh budiono Says:

    beri saya penjelasan, kenapa kita harus menambang emas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!