Info El Nino dan La Nina terkini

selama ini kita sering mendapatkan info ENSO dari koran atau berita2 di TV, padahal info ENSO ini dah bisa kita lihat dan dan terjemahkan dari infomarsi suhu permukaan laut yang di bandingkan dengan suhu permukaan laut saat ini. selain itu informasi ENSO (El Nino dan La Nina) juga bisa kita lihat dari data SOI yang selalu ter up to date yang dibandingkan dengan tabel di bawah

Menurut Effendy (2001) untuk memprediksi kecenderungan yang akan terjadi pada periode mendatang adalah melihat tiga kemungkinan kejadian yaitu kondisi normal, ada El Nino ataukan muncul La Nina. Ada tiga cara yang dapat dilakukan, pertama melihat prediksi curah hujan beberapa bulan mendatang, kedua melihat prediksi anomali suhu muka laut (Sea Surface Temperatur Anomaly (SSTA)) (Gambar dibawah) cara ketiga melihat Indeks Osilasi Selatan (Southern Ocilation Indeks (SOI)) lewat Tabel di bawah yakni melihat nilai beda tekanan atmosfer antara Tahiti dan Darwin.

gambar di bawah merupakan gambar suhu permukaan laut saat EL Nino, Normal dan La Nina yang di bandingkan dengan suhu permukaan laut pada saat ini (gambar di bawahnya). dari data tersebut dapat diketahui apakah saat ini terjadi El Nino, La Nina atau Normal

saya lengkapi data tersebut dengan data arah angin saat ini di samudra pasifik

tabel di bawah merupakan panduan untuk melihat kondisi El Nino dan La Nina berdasarkan tabel SOI

sedangkan tabel perkembangan Nilai SOI lengkap dapa di lihat disini untuk membandingkannya dengan tabel di atas. adapun contoh tabel tersebut seperti di bawah

Pranala di Blog ini:

Pemanasan Global (catatan mengenai sebabnya)
Pemanasan Global (catatan mengenai akibatnya)
Cuaca dan Iklim
Klimatologi untuk Pertanian
Perubahan Iklim di Bali
Susahnya Memprediksi Hujan
El Nino dan La Nina
Klasifikasi Iklim
Perlukan Informasi Peringatan Dini Kebencanaan???
Aplikasi GIS untuk Klasifikasi Iklim Schmidt-Ferguson
HUJAN
La Nina kah Penyebab Banjir Dimusim Kemarau?
Bencana Cuaca
Identifikasi Hubungan Fluktuasi Nilai SOI Terhadap Curah Hujan Bulanan Di Kawasan Batukaru-Bedugul, Bali
Perubahan Iklim; Tinjauan Pustaka
PENYEBAB VARIABILITAS HUJAN DI INDONESIA
Hubungan Efek Rumah Kaca, Pemanasan Global dan Perubahan Iklim
EROSI DAN PERUBAHAN IKLIM
PERTUKARAN CO2 ANTARA ATMOSFER DAN LAUT: Pendahuluan
EVALUASI ZONA AGROKLIMAT KLASIFIKASI SCHIMIDT-FERGUSON DI PULAU LOMBOK
Apa sih Banjir…?
Faktor Penyebab Banjir (1)
Faktor Penyebab Banjir (2): Perubahan Lingkungan
Ditulis dalam Klimatologi. 7 Comments »

7 Tanggapan to “Info El Nino dan La Nina terkini”

  1. DA SHT Says:

    bagaimana dapat mengakses langsung data satelit untuk kondisi greenland (kutub utara) dan iklim indonesia aau situs yang berkaitan. Thank’s

  2. ahmadinejad Says:

    Saran, mas. Kasih dapus dong (daftar pustaka), biar lebih yakin, Seperti yang di artikel ini, menurut Efendi, 2001….. Siapakah gerangan dia? Apa efendi temenku bukan ya?!! he..he..he…

    Terimakasih.

  3. La An Says:

    @ahmadinejad
    hehehehe…. mngkin juga kyak gitu. klo seandainya Effendy teman mas itu punya tulisan yg berjudul “Urgensi Prediksi Cuaca Dan Iklim Di Bursa Komoditas Unggulan Pertanian” trus berasal dr IPB, itu pasti tmannya mas:mrgreen:
    sorry bcanda, lagi disusun, nanti daftar pustakanya di bikin di halaman tersendiri. makasih sarannya🙂

  4. chairul umam kusuma Says:

    Saya sebagai pembaca berharap agar anda dapat menampilkan informasi-informasi dengan baik dan jelas.Terima kasih.

  5. nazrin Says:

    bentangkan maklumat dengan terperinci conth-kesan2,conth negara, dan sebagainya…

  6. ai_ling Says:

    tengz bangettt….
    infonya help me sekaliii

  7. budi santoso Says:

    makasih mas sgla inf. ttg pemanasan global…. sangat membantu saya mengajar Geo Lingk.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!