Apa sih Banjir…?

kita mulai dari berita2 dikoran dan tv yang akhir2 ini sering bangat munculin berita tentang banjir. Malah karena hujan sebentar aja, jakarta dah kebanjiran lagi (tv, 190207). Aceh tahun 2004 ditenggelamkan oleh air yang datang dari laut, aceh tahun 2006 ditenggelamkan oleh air yang datang dari gunung. Busyet…. ada apa ini…????. jakarta tahun 2002 skitar 40 persen wilayahnya terendam banjir, jakarta tahun 2007 skitar 60 persen wilayahnya terndam banjir….. pertanyaan lagi, ada apa ini????? Karena manusiakah, atau karena alam???

Nanti saja kita nyari tau…..
Skrg kita coba tau dulu apa itu banjir….

Menurut SK SNI M-18-1989-F (1989) dalam (Suparta (2004)
biar agak ilmiah dikit, sapa tau bisa dijadiin referensi tulisan ilmiah hehehe….
Banjir adalah aliran yang relatif tinggi, dan tidak tertampung oleh alur sungai atau saluran. Nah ini dia nih batasannya tentang banjir. Ada aliran, yang dimaksud disini adalah aliran air (kan ada juga tuh aliran udara…) yang sumbernya bisa dari mana aja. Dan air itu ngeluyur keluar dari sungai atau saluran karena sungai ato salurannya sudah terlebihi kapasitasnya. Kondisi ginilah baru bisa disebut banjir.

Berarti banjir dijakarta itu karena itu donk…????
Mungkin…

Kok mungkin???

Nah menurut ahli hidrologi banjir2 di indonesia itu dibagi menjadi tiga jenis
1. Ketuhanan yang maha esa…. bukan…bukan…. itu mah Pancasila hehehehe….
Pertama itu karena sungainya meluap, biasanya terjadi akibat dari sungai tidak mampu lagi menampung aliran air yang ada disungai itu akibat debit airnya sudah melebihi kapasitas. Kalo dah kayak gini, airnya itu akan mencari tempat lain (mungkin dah bosan kali airnya lewat situ hehehe…) tempat itu ada dikanan kiri sungai yang biasanya merupakan daerah dataran banjir (apa lagi itu “dataran banjir”, itu bahasa Geomorfologi. Masih nyari2 bahan nih……). luapan air ini bisa juga terjadi akibat kiriman (kiriman??? kayak pos aja…), bila crah hujan tinggi di hulu sungai dan sistem DAS dari sungai itu rusak maka luapan airnya akan terjadi di hilir sungai

Kdua banjir lokal. Dari namanya aja mungkin kita bisa langsung ngerti apa yang dimaksud banjir lokal. Yup benar sekali, banjir ini merupakan banjir yang terjadi akibat air yang berlebihan ditempat itu dan meluap juga ditempat itu. Pada saat curah hujan tinggi dilokasi setempat dimana kondisi tanah dilokasi itu sulit dalam melakukan penyerapan air (bisa karena padat, bisa juga karena kondisinya lembab, n bisa juga karena daerah resapan airnya tinggal dikit) maka kemungkinan terjadinya banjir lokal akan sangat tinggi sekali.

Ktiga, banjir akibat pasang surut air laut. (apa hubungannya pasang surut ama banjir….)
Erat bangat men….. saat air pasang, ketinggian muka air laut akan meningkat, otomatis aliran air di bagian muara sungai akan lebih lambat dibandingkan bila saat laut surut. Selain melambat, bila aliran air sungai sdah melebihi kapasitasnya (ditempat yang datar atau cekungan) maka air itupun akan menyebar kesegala arah n terjadilah banjir.

Jenis banjir yang mana yang ada ditempatnya kawan2. ato jangan2 gabungannya lagi…. waow…..

Pranala di Blog ini

Faktor Penyebab Banjir (1)
Faktor Penyebab Banjir (2): Perubahan Lingkungan
Pemanasan Global (catatan mengenai sebabnya)
Pemanasan Global (catatan mengenai akibatnya)
Cuaca dan Iklim
Klimatologi untuk Pertanian
Perubahan Iklim di Bali
Susahnya Memprediksi Hujan
El Nino dan La Nina
Klasifikasi Iklim
Perlukan Informasi Peringatan Dini Kebencanaan???
Aplikasi GIS untuk Klasifikasi Iklim Schmidt-Ferguson
HUJAN
La Nina kah Penyebab Banjir Dimusim Kemarau?
Bencana Cuaca
Info El Nino dan La Nina terkini
Identifikasi Hubungan Fluktuasi Nilai SOI Terhadap Curah Hujan Bulanan Di Kawasan Batukaru-Bedugul, Bali
Perubahan Iklim; Tinjauan Pustaka
PENYEBAB VARIABILITAS HUJAN DI INDONESIA
Hubungan Efek Rumah Kaca, Pemanasan Global dan Perubahan Iklim
EROSI DAN PERUBAHAN IKLIM
PERTUKARAN CO2 ANTARA ATMOSFER DAN LAUT: Pendahuluan
EVALUASI ZONA AGROKLIMAT KLASIFIKASI SCHIMIDT-FERGUSON DI PULAU LOMBOK

Satu Tanggapan to “Apa sih Banjir…?”

  1. Mukti H Says:

    jadi rob itu genangan atau banjir mas?…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!