Hutan Mangrove dan Luasannya di indonesia

r-mucronataIndonesia itu negara yang kaya, kita harus bangga terhadap negara kita ini. kita mempunyai hutan mangrove yang terluas didunia, sebaran terumbu karang yang eksotik, rumput laut yang terhampar dihampir sepanjang pantai, sumber perikanan yang tidak ternilai banyaknya. menurut Rusila Noor, dkk. (1999) Indonesia merupakan negara yang mempunyai luas hutan mangrove terluas didunia dengan keragaman hayati terbesar didunia dan struktur paling bervariasi didunia. Apa coba yang kurang… masalah data entar deh kita lihat dibawah.

Hutan mangrove atau yang biasa disebut hutan bakau, walaupun penyebutan hutan bakau itu tidak pas sebenarnya karena bakau hanya merupakan salah satu dari jenis mangrove itu sendiri yaitu jenis Rhizopora spp. Hutan mangrove merupakan tipe hutan yang khas dan tumbuh disepanjang pantai atau muara sungai yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Mangrove banyak dijumpai di wilayah pesisir yang terlindung dari gempuran ombak dan daerah yang landai di daerah tropis dan sub tropis (FAO, 2007).

Menurut Gunarto (2004) mangrove tumbuh subur di daerah muara sungai atau estuari yang merupakan daerah tujuan akhir dari partikel-partikel organik ataupun endapan lumpur yang terbawa dari daerah hulu akibar adanya erosi. Kesuburan daerah ini juga ditentukan oleh adanya pasang surut yang mentransportasi nutrient.

Berdasarkan data Direktorat Jendral Rehabilitas Lahan dan Perhutanan Sosial (2001) dalam Gunarto (2004) luas hutan Mangrove di Indonesia pada tahun 1999 diperkirakan mencapai 8.60 juta hektar akan tetapi sekitar 5.30 juta hektar dalam keadaan rusak. Sedangkan data FAO (2007) luas hutan Mangrove di Indonesia pada tahun 2005 hanya mencapai 3,062,300 ha atau 19% dari luas hutan Mangrove di dunia dan yang terbesar di dunia melebihi Australia (10%) dan Brazil (7%).

mangrove-world

Di Asia sendiri luasan hutan mangrove indonesia berjumlah sekitar 49% dari luas total hutan mangrove di Asia yang dikuti oleh Malaysia (10% ) dan Mnyanmar (9%). Akan tetapi diperkirakan luas hutan manrove diindonesia telah berkurang sekitar 120.000 ha dari tahun 1980 sampai 2005 karena alasan perubahan penggunaan lahan menjadi lahan pertanian (FAO, 2007).

Data Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KLH) RI (2008) berdasarkan Direktoral Jenderal Rehabilitasi lahan dan Perhutanan Sosial (Ditjen RLPS), Dephut (2000) luas potensial hutan mangrove Indonesia adalah 9.204.840.32 ha dengan luasan yang berkondisi baik 2.548.209,42 ha, kondisi rusak sedang 4.510.456,61 ha dan kondisi rusak 2.146.174,29 ha. Berdasarkan data tahun 2006 pada 15 provinsi yang bersumber dari BPDAS, Ditjen RLPS, Dephut luas hutan mangrove mencapai 4.390.756,46 ha.

Data hasil pemetaan Pusat Survey Sumber Daya Alam Laut (PSSDAL)-Bakosurtanal dengan menganalisis data citra Landsat ETM (akumulasi data citra tahun 2006-2009, 190 scenes), mengestimasi luas mangrove di Indonesia adalah 3.244.018,46 ha (Hartini et al., 2010). Kementerian kehutanan tahun 2007  juga mengeluarkan data luas hutan mangrove Indonesia, adapun luas hutan mangrove Indonesia  berdasarkan kementerian kehutanan adalah 7.758.410,595 ha (Direktur Bina Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kementerian Kehutanan, 2009 dalam Hartini et al., 2010), tetapi hampir 70%nya rusak (belum tau kategori rusaknya seperti apa). kedua instansi tersebut juga mengeluarkan data luas Mangrove per propinsi di 33 Provinsi di Indonesia. luas-luas mangrove di 33 Provinsi dapat dilihat pada tabel berikut:

NASA (2010) juga mengeluarkan informasi tentang luas mangrove dan sebarannya. menurutnya luas mangrove di indoensia telah berkurang 35% antara tahun 1980-2000 dimana luas mangrove pada tahun 1980 itu mencapai 4,2 juta ha dan pada tahun 2000 berkurang menjadi 2 juta ha. lebih ekstrim lagi nieh data hehehe… tp yang paling penting dari data NASA ini adalah sebarang mangrove di Indonesia seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Mereka juga (NASA) mengupload beberapa foto konversi lahan dari hutan mangrove manjadi sawah.

Apapun bentuk datanya, yang jelas hutan mangrove kita telah banyak yang berkurang. Konversi lahan yang dilakukan oleh manusia terhadap areal hutan mangrove sebagai tambak, areal pertanian dan pemukiman menyebabkan luas lahan hutan mangrove terus berkurang. Selain itu pemanfaatan hutan mangrove yang tidak bertanggung jawab sebagai bahan bangunan, kayu bakar dan juga arang memberi kontribusi yang tidak sedikit terhadap kerusakan hutan mangrove. Seperti pada gambar di bawah terlihat perubahan penggunaan lahan hutan mangrove menjadi tambak dari tahun  1992 sampai 1998 didaerah delta mahakam. Menurut Rusila Noor, dkk. (1999) kematian mangrove secara alami tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hilangnya areal mangrove di Indonesia.

perubahan-penggunaan-lahan-hutan-mangrove-delta-mahakam1

Gambar Citra satelit SPOT meliputi sebagian Delta Mahakam. Warna merah mengindikasikan tutupan vegetasi, termasuk hutan mangrove. (a) Tahun 1992, tambak udang hanya meliputi 4 % dari luas hutan mangrove. (b). Tahun 1998, tambak udang telah merusak 41% dari luas hutan mangrove. (c) Inset dari daerah di dalam kotak bergaris putih pada gambar (b), menunjukkan pola tambak yang berkembang di kawasan tersebut (Husein, 2006)

Sekarang kita coba lihat fungsinya. Melana et al. (2000) mengatakan bahwa fungsi hutan mangrove adalah:

  1. Sebagai tempat hidup dan mencari makan berbagai jenis ikan, kepiting, udang dan tempat ikan-ikan melakukan proses reproduksi
  2. Menyuplai bahan makanan bagi spesies-spesies didaerah estuari yang hidup dibawahnya karena mangrove menghasilkan bahan organik
  3. sebagai pelindung lingkungan dengan melindungi erosi pantai dan ekosistemnya dari tsunami, gelombang, arus laut dan angin topan
  4. sebagai penghasil biomas organik dan penyerap polutan disekitar pantai dengan penyerapan dan penjerapan
  5. sebagai tempat rekreasi khususnya untuk pemandangan kehidupan burung dan satwa liar lainnya
  6. sebagai sumber bahan kayu untuk perumahan, kayu bakar, arang dan kayu perangkap ikan
  7. tempat penagkaran dan penangkapan bibit ikan
  8. sebagai bahan obat-obatan dan alkohol

Dengan melihat fungsi tersebut diharapkan kita bisa menjaga hutan mangrove kita sehingga dapat dinikmati oleh generasi setelah kita. Luasan hutan mangrove tidak selamanya berkurang. Pengelolan hutan mangrove yang berorientasi menghasilkan pendapatan bagi masyarakat sekitar seperti pemanfaatan sebagai wisata alam serta perlindungan yang ketat oleh pemerintah bisa meningkatkan luasan hutan mangrove. Pada tulisan berikutnya akan saya coba ulas hasil penelitian peningkatan luasan hutan mangrove di Tahura Ngurah Rai Bali. Yang merupakan contoh pengelolaan yang sukses terhadap hutan mangrove.

diperbaharui pada tanggal 13 September 2011

DAFTAR PUSTAKA

Rusila Noor, Y., M. Khazali, dan I N.N. Suryadiputra. 1999. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. PHKA/WI-IP, Bogor.

FAO. 2007. The World’s Mangroves 1980–2005. Forest Resources Assessment Working Paper No. 153. Food and Agriculture Organization of The United Nations. Rome.

Gunarto. 2004. Konservasi Mangrove Sebagai Pendukung Sumber Hayati Perikanan Pantai. Jurnal Litbang Pertanian, 23 (1). 15-21.

Hartini, S., Guridno Bintar Saputro, M. Yulianto, Suprajaka. 2010. Assessing the Used of Remotely Sensed Data for Mapping Mangroves Indonesia. SELECTED TOPICS in POWER SYSTEMS and REMOTE SENSING. In 6th WSEAS International Conference on REMOTE SENSING (REMOTE ’10), Iwate Prefectural University, Japan. October 4-6, 2010; pp. 210-215.

Melana, D.M., J. Atchue III, C.E. Yao, R. Edwards, E.E. Melana, and H.I. Gonzales. 2000. Mangrove Management Handbook. Departemen of Environment and Natural Resources, manila, Philippines through the Coastal Resource Management Project, Cebu Citu, Philippines.

KLH. 2008. Status Lingkungan Hidup Indonesia 2007. Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI

Husein, S. 2006. Memahami Proses Alamiah Degradasi Lingkungan Delta Mahakam. Inovasi Online

Sumber Gambar: (1) Rusila Noor, dkk. (1999, (2) FAO (2007), dan (3) Husein (2006)

Pranala di Blog ini:

Asyiknya Berjalan-jalan di dalam Hutan Mangrove
 
PERUBAHAN LUASAN TANAMAN MANGROVE DI TAHURA NGURAH RAI – BALI
Perubahan Iklim di Bali
About these ads

25 Tanggapan to “Hutan Mangrove dan Luasannya di indonesia”

  1. yoppie Says:

    salam kenal bung, makasih ya untuk bacaannya. supaya gak terkesan mencuri kekayaan intelektual, kita perlu kenal nih..

    aku di tapaktuan, aceh selatan, wilayah pesisir yang memiliki 2 karakter ekologi sekaligus yakni laut dan gunung, dengan potensi ancaman dari gelombang pasang, banjir dan longsor sekaligus.. so banyak tulisan bung ini relevan sekali buat belajar..

    sekali lagi makasih, terus berkarya bung!

  2. La An Says:

    @yoppie
    salam kenal juga…
    terimakasih dan Alhamdulillah klo artikel ini berguna

  3. yudi ab Says:

    Salam Budaya,
    Perkenalkan saya yudi ab, seniman dari bandung, saya berminat di bidang seni lingkungan, pada karya selanjutnya ini saya akan membuat karya seni yang menggunakan media alam dalam hal ini tanaman mangrove, air pasang dan air surut dll. Untuk keperluan itu saya butuh banyak informasi ttg tanaman mangrove. utk itu sudilah kiranya bapak memberikan informasi ttg tanaman mangrove termasuk juga literatur2 yg bapak ketahui.
    Terimakasih.
    salam
    Pak kalo boleh saya minta no.kontak bapak yg di kirim lewat email saya.
    terimakasih

  4. La An Says:

    @yudi ab
    salam kenal juga pak yudi
    ide yang sangat bagus pak
    utnuk literatur saya sudah tautkan pada halaman Link & Download. silahkan bapak langsung lihat dan download disana
    atau bapak juga bisa mengunjungi situs ini
    semoga berguna buat bapak. email saya bisa dilihat di halaman Tentang Si Tukang Ketik

  5. farikhah Says:

    trima kasih banyak ya Pak, saya ikut copy artikelnya untuk memperkaya bahan kuliah

  6. La An Says:

    @farikhah
    sama2 pak…
    semoga berguna untuk mahasiswa bapak…

  7. ARIFIN Says:

    Btuh sponsor untuk acara penanaman dan pemeliharaan mangrove di Indramayu kerjasama IKADA IPB, bila ada yang mau bantuin to sponsor hub.email dibawah ini

  8. sarno Says:

    terimakasih infonya.
    semoga makin banyak temen2 kita yg tertarik dan peduli dg mangrove dan ekosistemnya…dan ikut melestarikannya.

  9. La An Says:

    @sarno
    sama-sama

  10. wahyu Says:

    boleh minta tolong g, kalo boleh minta data mangrove dari IUCN, cos lagi TA ngerjain mangrove yang sudah langka di dunia ne…tempatnya di madura…

  11. La An Says:

    @wahyu
    waduh… ga punya saya. maaf ya…

  12. Arie B Says:

    terimakasih buat artikelnya mas..berguna banget data2nya buat membantu mempromosikan hutan mangrove terakhir di provisnsi DIY

    salam Lestari dari Kantor Lingkungan Hidup Kab. Kulon progo DIY

  13. aishah Says:

    terima kasih atas infonya ini penting, persentase hutan mangrove di Indonesia yang sudah semakin menipis..kita generasi muda yang harus menjaganya..
    salam kenal..syukuran katsir,,

  14. La An Says:

    @Arie B & aishah
    sama2… semoga mangrove kita tetap bisa terjaga dan lestari. terimakasih dah berkunjung…

    @Andreas H. Muljadi
    salam kenal juga… terimakasih dah berkunjung…

  15. panca Says:

    saya bingung, kenapa data luasan mangrove di Indonesia berbeda-beda, kemudian yang bisa digunakan dan dipertanggungjawabkan data yang mana pak?

  16. La An Says:

    @panca
    setiap institusi yang mempublikasikan data-data tersebut biasanya menggunakan pendekatan dan metode yang berbeda-beda untuk memperoleh informasi luas hutan mangrove, jadi wajar akan menghasilkan output data yang berbeda-beda pula. jadi tidak usah bingung… gunakan saja data-data yang mana saja. yang penting kita tuliskan sumbernya.

  17. ode Says:

    makasih tas infonya…

  18. sazuo Says:

    duch pa mkasih atas infonya semoga berharap dalam karya oma skrang…
    tapi data luas hutan mangrove yang terbaru liatnya di dmn?
    sulit sekali mencari informasinya dengan tepat

  19. adip Says:

    mantab sekali dengan rtikel yg bapak tulis,,ini memberikan wawasan lebih bagi saya,,tapi sama seperti komentar yg ada di atas bagaimana untuk mencari info data luas mangrove valid di indonesia ini??syukur2 kalo ada data yg di bali sama di jawa,,perlu referensi ni pak buwat bahan kuliah…
    mkasih..

  20. La An Says:

    @ode
    sama-sama

    @sazuo dan adip
    sama-sama, semoga berguna. saya sudah mengupdate data luas mangrove di Indonesia di tulisan di atas berdasarkan paper dari Hartini et al. (2010) yang merupakan intisari dari buku “Peta Mangroves Indonesia” yang diterbitkan oleh Bakosurtanal. buku lain yang di terbitkan oleh FAO (2007) yang berjudul “MANGROVE GUIDEBOOK for Southeast Asia” juga mengeluarkan luas mangrove di Asia tenggara dan Indonesia. luas mangrove disini malah beda dengan buku FAO sebelumnya, dibuku ini luas mangrove pada tahun 2000 seluas 2.930.000 ha dengan persentase lebih besar yaitu 59.79% dari luas mangrove yg ada di Asia. di buku itu juga di jelaskan kenapa susah mendapatkan data luas mangrove secara umum dan secara khusus di Indonesia. intinya sih luas indonesia ini suangat luaaaasss hehehe….
    (silahkan di download buku dan paper Hartini et al. lewat halaman Link & Download Ebook, Journal etc)

  21. rachmat, memet Says:

    DIMANA BISA DAPATKAN PETA MANGROVE PANTAI UTARA JAWA BARAT, TERIMA KASIH

  22. nano Says:

    Artikel yang sang bagus pak, ini sangat bermanfaat kebetulan saya juga lagi mau penelitian tentang mangrove yang ada di provinsi banten butuh literatur yang banyak, kalo bisa tolong minta bantuannya tentang rumus2 yang biasa digunakan untuk menghitung, keanekaragaman, dominasi, kerapatan untuk tumbuhan mangrove dan mohon infonya kiranya bpk tau tentang buku identifikasi mangrove, saya lagi nyari buku tentang itu, tapi belum dapat. terimakasih pak

  23. Ayu Fitriana Says:

    ass..
    bang saya mao copy tulisan abangg boleh ga.. ?saya butuh beberapa data tentang hutan mangrove di indonesia.
    klo boleh saya mao tau nama lengkapnya baut di tulis di daftar pustaka..
    trimaksaihh..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!
  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.