Ilmu Tanah

VIVA SOIL…

Ilmu Tanah merupakan salah satu Jurusan di Fakultas Pertanian. Tap tidak semua Fakultas Pertanian itu memiliki Jurusan Tanah. Sangat jarang orang yang tau tentang jurusan tanah apalagi klo menyangkut hal2 yang di pelajari di Ilmu Tanah. Untuk di ketahui secara umum ilmu tanah adalah cabang dari pertanian yang membidangi atau khusus mempelajari tanah sebagai media tumbuh bagi tanaman, bagaimana agar media tanah ini bisa memaksimalkan produksi pertanian dan ujung2nya yag di lihat adalah tingkat kesuburan tanah. Kesuburan tanah saat ini, kemarin dan akan datang. Kesuburan fisik, biologi dan kimia tanah. Dari pokok pemikiran itulah akhirnya di pelajari geologi, geomorfologi, pengindraan jauh, klasifikasi tanah, hidrologi, klimatologi, survei tanah, perencanaan wilayah, konservasi tanah, GIS, dll yang betugas untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Banyak? Yup, karena untuk mendukung produktivitas pertanian dari segi tanah banyak faktor yang harus dilihat. Geologi dan geomorfologi menceritakan asal muasal tanah dan proses pembentukkan bahan2 itu. Dari sini bisa diketahui dan di ramal tingkat kesuburan tanah di masing2 tempat.

Biologi tanah lebih membahas tentang peristiwa-peristiwa bilogi yang terjadi dalam tanah, misalnya mikroba dan hewan apa aja yg berperan dalam meningkatkan kesuburan tanah serta peran mikroba dalam peristiwa daur2 unsur hara

Bioteknologi Tanah lebih menitiberatkan pada penciptaan teknologi untuk memanfaatkan tenaga2 biologi dalam tanah sehingga bisa diketahui kira2 apa yg harus direkayasa.

Kimia Tanah, merupakan dasar dari pada ilmu kesuburan tanah. tingkat kesuburan tanah lebih mengutamakan tentang reaksi2 kimia terutama tentang faktor yang menentukkan reaksi tersebut.

Fisika tanah adalah ilmu yg sangat asyik menurutku. ada beberapa rumus disini tapi ga sebanyak seperti rumus2 fisika kita SMU. fisika tanah lebih banyak becerita tentang gaya2 fisik seperti gaya adhesi, kohesi, pergerakan air, kekuatangesek tanah dll.

Pengindraan jauh akan memudahkan survei2 tanah dan juga sebagai data dasar dalam menentukkan unit2 lahan. Di Ilmu Tanah ilmu pengindraan jauh hanya sebatas memanfaatkan hasil dan mengolahnya sehingga mudah mengaplikasikannya.

Klasifikasi tanah, klo kami di tingkat mahasiswa menyebutnya dengan ilmu kitab tanah. ya….. kenapa kami bilang gitu? Kunci taxonomi tanah yg menjadi dasar dalam klasifikasi tanah itu tebal bangat. Karena ga mungkin di hafal, jadilah itu kitab yg harus di buka saat menentukkan jenis2 tanah. Tapi itu hanya pekerjaan akhir, tp inti dari pelajaran ini adalah bagaimana proses2 alam bisa membedakan tanah2 yg ada saat ini dan bagaimana agar jenis2 tanah yg sama didunia ini bisa menyeragamkan teknologi pengelolaan dan pengolahan tanahnya.

Hidrologi dan klimatologi ilmu yg sangat kompleks tp ilmu ini berhubungan erat bangat dengan ilmu tanah. Selain faktor tanahnya sendiri, faktor lingkungan luar juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan tanah. nah air dan klimatologi itulah yg mempunyai peranan yg sangat penting. Mulai dari hujan, suhu, irigasi dipelajari disini.

Survei tanah. sama seperti survei2 yg lain, metodenyapun mirip. Tp yg membedakannya hanyalah objek yg disurvei. Tp yg bikin ruwet disini adalah persiapannya. Buanyak bangat.. peta, itu yg paling utama. Sumbernya bisa dari citra (pengindraan jauh) ato peta rupa bumi. Alat survei spt altimeter, kompas dll. Akhirnya menyediakan dan menampilkan hasil survei dalam bentuk spasial. Ga harus spasial sih, tp lebih gampang dimengerti klo hasilnya ada yg berbentuk spasial.

Perencanaan wilayah. Apa sih gunanya buat ilmu tanah? banyak yg nanya seperti itu. Gampangnya seperti ini, buat apa kami meneliti kesuburan tanahnya klo toh besok itu tanahnya akan di uruk dan dijadiin Mal dan Supermarket. Selain itu ilmu perencanaan wilayah berguna dalam merencanakan kawasan2 tertentu yg selain berguna untuk pertanian juga berguna untuk keindahan dan kawasan resapan air.

Konservasi Tanah dan Air (KTA) itu nama mata kuliahnya. Intinya bagaimana kita bisa menjaga tanah dan air sehingga pemanfaatan bisa berkelanjutan.

GIS/SIG. Seperti yang dibilang di atas, klo bisa setiap hasil akhir dari survei tanah itu dalam bentuk spasial. Dan GIS bisa mengerjakan itu. Tapi dalam perkembangannya GIS tidak hanya digunakan dalam survei tanah tapi juga dalam ilmu2 lain di Ilmu Tanah. adanya penginteraksian antara GIS dan pengindraan jauh sangat2 mempermudah pengawasan dan pemantauan perubahan penggunaan lahan sehingga setiap unit2 lahan bisa terus di up to date.

Dari apa yg di uraikan di atas, hanya sebagian yg merupakan ilmu2 yang hanya di miliki oleh ilmu tanah. ilmu seperti Geologi, Geomorfologi, Pengindraan Jauh dan GIS adalah milik Fakultas Geografi. Perencanaan Wilyah adalah milik teknik, Konservasi sekarang dah berebutan dengan kehutanan, Hidrologi kadang milik MIPA, Teknik dan Geografi. Dan Ilmu Tanah hanya mempelajari dasar2nya saja.

Yup……… ilmu tanah hanya memepelajari dasar2nya saja. Tp dasar ini menentukkan arah hidup individu yg menekuninya. Mau di bawa kemana aja, klo dah punya dasar yg kuat pasti bisa. Kuasai salah satunya dan tekunin

Pranala di Blog ini:


Ilmu Tanah
Tanah dan Lahan
Tanah
Susunan Utama Tanah
Segitiga Tekstur
Evaluasi Lahan
SUMBERDAYA
Pertanian Berkelanjutan
Pertanian Organik, Latar Belakangnya
Resep Pembuatan Kascing Dari Segi Ilmu Tanah
LAHAN KERING
Konservasi Tanah dan Air di Lahan Kering
Konservasi Tanah di Pulau Nusa Penida
EROSI DAN PERUBAHAN IKLIM
Pengaruh Tutupan Kanopi terhadap Besarnya Erosi Tanah
Prediksi Erosi dengan USLE dan Sistem Informasi Geografi
Klimatologi untuk Pertanian
Klasifikasi Iklim
MIKORIZA
Mikoriza, Tanah dan Tanaman di Lahan Kering
PERTANIAN PADA MASA BALI KUNO
Sejarah FOKUSHIMITI (Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia)
Struktur Organisasi FOKUSHIMITI
Potensi Sampah Kota Sebagai Sumber Bahan Organik
Sampah dan Permasalahannya
Sistem Informasi Geografi (SIG)/Geographic Information System (GIS)
Aplikasi GIS untuk Klasifikasi Iklim Schmidt-Ferguson
Implementasi SIG dalam Menunjang Pertanian Berkelanjutan
Peta Jenis Tanah Bali
Evaluasi Kesesuaian Curah Hujan, Temperatur dan Ketinggian untuk Tanaman Pisang dengan GIS
Aplikasi SIG dalam Proses Perencanaan

About these ads

56 Tanggapan to “Ilmu Tanah”

  1. wisnu Says:

    aduuuh,ternyata ribet ya mempelajari ilmu tanah!!!
    aku juga sebenernya adalah anak tanah di PTN,tepatnya UGM…

    tapi…

    yang aku bingungkan saat ini,masalah prospek ke depan mengenai jurusan tanah ini,,,

    saat pertama kali saya mendapatkan jurusan ilmu tanah di UGM,perasaan saya ya…seneng tapi rasa kecewa juga ada…
    dan masalah utamanya,saya selalu minder apalagi kalau diejek sama teman2,,,

    tapi sekarang saya sedang mencari cari informasi yang lengkap tentang jurusan tanah ini,,,
    agar saya menemukan semangat yang ada pada diri saya,,,

    dan saya ingin sekali membuktikan bahwa jurusan tanah ini tak bisa di bayangkan,betapa ‘waaah..’nya

    dan saya ingin informasinya lebih lanjut lagi tentang tanah ini,barangkali ada,beritahu saya atau kirim ke e-mail saya…

    maklum lah,,,pengetahuan ku belum cukup kan saya baru msuk tahun ini dan angkatan ini angk 2007!!

  2. La An Says:

    waduh kok ribet sih wisnu
    tapi dah dapat sedikit gambaran kan tentang apa aja yg bakal dipelajari di Ilmu Tanah.

    minder karena masuk ilmu tanah, waduh…
    jangan berpikir seperti itu. setiap jurusan pasti punya kelebihan, gitu juga Ilmu Tanah. apa sih spesifikasi Ilmu Tanah? Ilmu Kesuburan dan Ilmu Pemupukan. ga keren ya kedengarannya :), tp klo ilmu2 itu di gabungkan dengan teknologi rekayasa seperti memakai nuklir, tu akan tinggi bangat nilainya. seperti yg dah dibilanhg di atas, Ilmu Tanah itu ilmu dasar, sekarang tergantung mau di bawa kemana ilmu2 yg didapat.

    Prospek kerja. banyak…. sekarang tergantung ilmu apa yg qm dalamin. misal di pusat penelitian, perkebunan, pertambangan, dll.

    mudah2an info ini membantu. mungkin teman2 dr tanah yg lain punya masukkan yg lain???

  3. frida Says:

    mau tanya dong apa itu pertanian?kasi penjelasan ya.hehe.soalnya disuru bikin resume,gw dapet ilmu tanah diunpad,prospek kerjanya apa?mohon dibantu ya.

  4. La An Says:

    coba lihat disini deh arti dari pertanian. mudah2an membantu
    prospek keja ilmu tanah itu lumayan banyak, tergantung dari ilmu mana yg mau di dalamin. karena bnyak yg dipelajarin dr ilmu tanah, menurutku dalamin ilmu yg sesuai dengan hobi. misalnya hobi bunga, coba dalamin kesuburan trus jadiin itu sebagai ilmu yg qm kuasai. klo suka jalan2, dalamin survei. karena survei biasanya kerjanya jalan2. klo suka komp, dalamin PJ dan GIS. karena pekerjaan PJ dan GIS lebih banyak menggunkan komp.
    jadi dalamin materi kuliah sesuai hobimu. nanti qm akan lebih asyik menjalani kuliahmu dan lebih gampang qm nyari kerjanya. semoga betah di Tanah Frida.

    VIVA SOIL !!!

  5. dora Says:

    aku juga anak tanah, tepatnya di IPB.prospek kerjanya banyak buanget loh teman – teman…..apalagi kalo udah belajar gali – gali lobang yaitu pedon wah mantep deh belajarnya eh…gw aja ampe pusing tapi seneng loh.jangan takut untuk masuk jurusan ilmu tanah IPB karena paling is the best ehhhhhhhhhhhhh……..klo mau lebih jelas datang aja ke HIMATAN ilmu tanah di IPB pasti banyak informasi y6ang di dapat disana.

  6. Jagor Says:

    hee…
    ak mo nanya..klo prospek ilmu tanah bagus,,knp ilmu tanah justru krg peminatnya??
    kira2 faktor ap aj yg ngbwt jurusan tanah ini bkn jurusan yg difavoritkan olh para calon mahasiswa??

  7. sendy Says:

    bos e-book nya yang tentang penginderaan jauh ama GIS dan kartografi dunk

  8. La An Says:

    coba masuk sini ttng GIS dan disini tentang pengindraan Jauh

    ini ada pdf “Tutorial: Fundamentals of Remote Sensing” dari Canada Centre for Remote Sensing. versi pdfnya bisa di download disini dan versi htmlnya bisa dilihat disini

    tp bahasa inggris. mudah2 bisa membantu

  9. Akbar Afdilla Fadli Says:

    Halo, saya juga anak Jurusan Ilmu Tanah Pertanian UGM, saya tahun ini (2007) baru semester 3.
    Saya masih agak bingung kenapa Ilmu Tanah dimasukkan di Fakultar Pertanian. Karena kalau dilihat – lihat jurusan ini tidak banyak condong dominan ke bidang pertaniannnya , kalau dilihat dari segi kuliah yang diberikan.

    Bagaimana>?, ada yang komentar

  10. habibi Says:

    dear all

    aku adalah alumni anak tanah 99 universitas jambi

    salam kenal semua

  11. dian Says:

    ada satu lagi nih perluasan dr keilmuan jurusan kita.ttg bioremediasi oil sludge.di Indonesia mmg br bbrp thn ini.intinya ttg bgmn cara kita mengurangi dampak dr limbah lumpur minyak bumi yg sdh mencemari air dan tanah khususnya.setdk2nya dpt membantu masyarakat yg berada di sekitar lingkungan pertambangan.. Masih bnyk ko perluasan dr jurusan kita.ttg jurusan kita kurang diminati,mmg bener,itu pun satu pertanyaan yg pernah terlintas..

  12. La An Says:

    @Akbar
    salam kenal akbar….
    juniornya aziz nieh :lol:
    di paragraf pertama tulisan ini dah ada kok alasannya
    salam buat teman2 di UGM
    (Dino dah lulus blum ya….? :D )

    @Habibi
    yah anak tanah juga ya….
    waduh dah lupa anak2 yg dari jambi sapa2 aja
    salam buat teman2 di Jambi

    @Dian
    bioromidasi….
    ilmu baru nieh, aq aja baru tahu tahun 2003 yang lalu setelah ketemu ama teman2 dari IPB. di IPB emang lagi in kyaknya penelitian tentang ini. beberapa kawan2 dari sana penelitian tentang ini. oh iya mbak dia, klo ada tulisan tentang bioremidasi bisa kok di masukkin kesini. biar semua tau apa itu bioremidiasi

  13. Krishna Says:

    Halo semua warga Tanah..!!

    Aku alumni Ilmu Tanah UPN Jogja.
    Setelah melihat uneg-uneg disini yang membahas “masa depan” alumni dari Tanah, ternyata suangaat menarik..!!

    Sekedar ingin urun rembug, aku lulus Juli 2007, tapi agak malas ngikutin regulasi CPNS jadi milih swasta aja, hehe..
    Alhamdulillah sampe sekarang aku malah dapat kepercayaan jadi staf S.I.G. dan Survey dan Kemampuan Lahan di sebuah perusahan I.N.G.O. milik Jerman.

    jadi, kenapa harus malu jadi anak Tanah..??
    Apa kata dunia..!?!?
    Hehe..

    Tetap semangat dan Viva SOIL SCIENCE….!!!!

  14. PuTrI Says:

    Assalamualaikum,….
    Salam kenal kakak-kakak semua,perkenalkan nama saya Putri.
    Saya juga termasuk anak gak tahu awalnya gimana itu ilmu tanah,soalnya saya ini termasuk anak penurut.
    Ikut aja apa yang diarahkan orangtua,….
    Nah,setelah dapat informasi yang cukup membuat hati saya ini mantap untuk memperdalam ilmu saya dijurusan tanah saya sekarang menjadi orang yang bangga dengan jurusan yang saya lakoni saat ini.
    Yah Wisnu,semangat !!!!
    Kita kan barengan kan ??Alias teman seperjuangan gitu….
    Nah,buat kakak-kaka yang udah mapan alias udah kerja mohon dukungannya…..
    Kasih tips and tricknya gitu….
    Maaf kebanyakan omong yang gak penting ya….
    Pokoknya tetep,
    VIVA SOIL,SOIL SOLID !!!!!
    Wassalamualaikum,….

  15. tia Says:

    emank ya.. ilmu tanah to paling ribet..
    pusiiiiiiiiiiiingg….

    puyeng ne kepala belajar ilmu tanah..

    hebat banget to orang2 yg bener ngerti tenteng ilmu tanah..

  16. meme Says:

    huh…cape dech..tanah mang bener bener ribet bgt..
    sampai q sempat keteteran juga tapi untungnya q dah smt 7 tapi pusing juga mikir skripsi ya…

  17. alinananty Says:

    well your not alone mei…
    VIVA SOIL

  18. Rahman Says:

    kok dibilang ribet sih….
    jngan dipelajari semuanya dunk
    belajar yg perlu2 aja buat qm

    klo suka ama kesuburan, dalamin tuh kesuburan
    klo suka konservasi, dalamin tuh konservasi
    karena kita ga mngkin belajar semuanya.
    liat aja tuh dosen2 yg ngajarin 1 mata kuliah aja ada bnyak
    trus di satu lab juga ada bnyak dosennya
    krena mereka juga ga mungkin nguasain semuanya
    jadi ga perlu minder, dosen2nya aja taunya cuman dikit
    tp mereka dalamin yg sedikit itu

    ikutin aja tuh mereka
    pelajarin yg kalian suka di Ilmu Tanah ini
    dalamin dan cari kira2 apa yg spesifik dari ilmu yg kalian suka itu
    berusaha dan berusaha
    Insya Allah, kalian pasti sukses. amien…..

    VIVA SOIL….!!!!

  19. hamka lutfi Says:

    keinginan membawamu pada tujuan hidup
    tujuan hidup akan mengajakmu menemui pemilik hidup
    sehingga tercapailah puncak hidup
    demikianlah hidup….senada dengan mati tapi tak sama
    karena mereka tak saling mengenal
    hidup tak kenal mati…
    matipun demikian….
    bahagialah yang hidup….
    tenanglah yang mati….
    kita tidak akan kemana-kemana

  20. soil_remsing07 Says:

    tenang teman2 ku seperjuangan di soil science ugm.
    tetaplah semangat dengan ilmu tanahmu. tingkatkan segala kemampuan dan kreativitasmu untuk memajukan IT. yakinlah masa depanmu ada disini.

    saya merupakan alumnus soil science yang sekarang lanjut di S2 penginderaan jauh. yakinlah bahwa semua ilmu bermanfaat. tidak ada sedikit ilmu pun yang tidak bermanfaat.
    jangan pernah memandang sesuatu itu dari luarnya aja.

    Pesan Habibiie “barang siapa yang menguasai IPTEK, dialah yang akan menguasai dunia”.

    Tetaplah semangat dan majukan ilmu tanah. Viva Soil.

    Salam dari Wong tanah……….

  21. rosandy Says:

    kalo pengelola situs ini tak keberatan, saya minta tolong supaya artikel ini dikirimkan ke e-mail saya

  22. dion Says:

    halow anak tanah semuanya salam kenal yak???
    gimana trik buat cepet kerja dari bidang tanah ini??
    apakah BPN bisa muat lulusan tanah??

  23. DION Says:

    apakabar anak tanah se-Indonesia?
    Maaf, buat sobat tanah yang ngelola situs ini tolong minta info tentang S2 bidang tanah atau lingkungan, terutama yang ada di wilayah bandung. salam kenal saya dari Ilmu Tanah UNPAD angkatan 2005. kebetulan saya lagi diberi amanat oleh kakak angkatan saya. dia sekarang lagi kerja di Perkebuanan ASTRA di KALTENG. dia punya niat buat nerusin S2. tolong info secepatnya ya sobat. makasih sebelumnya. viva soil

  24. La An Says:

    @Krishna
    contoh yang menarik krish
    tp bagi2 dunk lowongannya buat alumni2 tanah yg lain
    sapa tau bisa jadi kyak qm
    alumni tanah yg sukses :D

    @Putri
    Waalaikumussalam…
    Salam kenal juga putri
    wah tips ttang apa nieh… :D
    jalanin aja apa yg kalian minati di jurusan tanah ini
    semua pasti akan ada hasilnya kok
    tetap semangat yah…. :)

    @tia
    ga ribet kok
    dan qm bisa mnjadi salah satu orang hebat itu klo qm trus blajar dan bisa mngaplikasikan ilmumu… :)

    @meme
    gimana kabar skripsinya? mudah2an lancar aja. klo mau sharing literatur disini aja, sapa tau ada teman2 yg bisa ngebantu

    @alinananty
    VIVA SOIL…..!!!!

    @hamka lutfi
    makasih puisinya
    puisi yg menggugah semangat…

    @soil_remsing07
    salam kenal…
    terimakasih dah sharing dan kata2 penyemangatnya
    sukses buat qm…

    @rosandy
    silahkan di copy aja artikelnya

    @Dion
    terakhir penerimaan CPNS BPN masih nyari lulusan tanah kok
    untuk S2 tanah sepertinya banyak. Di Unibraw ada, tp sptnya di UGM, IPB saya rasa juga ada
    untuk S2 lingkungan malah lebih bnyak lagi. Unud, IPB, Unibraw dan UGM ada kok. alumni tanah sekarang ada yg ngelanjutin di Lingkungan UGM. dan pasti masih ada lagi kok dan banyak di Univ2 yg ga saya sebutin tu. saya rasa di Unpad juga ada. coba tanya ibu dosen GISmu yg alumni IPB atau Bapak Dosen DASmu yg jg mantan ketua Hiimpunanmu. mereka pasti ngerti
    salam saya buat mereka

  25. alinananty Says:

    ilmu tanah itu gak ribet kok cuma REPOT.

    Aku sama Meme atau meimei (salah ketik katanya) bulan depan mulai tanam caisim buat aplikasi penelitian, doakan caisimnya selamat sampai pengamatan akhir ya!^^

    o ya, kalo punya literatur tentang tricoderma, terutama medium spesifiknya kirim ke aku ya, thx b4

    Viva soil (lagi)!, kalo anak tanah IPB sih jawabnya ‘Hallo Bos’, norak ya??

  26. La An Says:

    @alinananty
    jadi baru mau penelitian ya….
    semoga sukses dan berhasil penelitiannya
    karena penelitian langsung di lapangan itu rawan, jadi di jaga baek2 ya….
    jangan malas buat negok tuh….
    kadang penyakit malas tuh bikin penelitiannya jadi gagal dan harus ngulang deh… :D
    ya semoga jngan sampai deh ngulang penelitiannya

    coba masuk ke link di bawah untuk literatur tentang “trichoderma” ini
    langsung aja aq kasih link hasil search ya…. :D (klik aja tulisannya)
    soalnya ga begitu paham tentang biolagi tanah atau jamur perjamuran… (trichoderma itu fungi kan?… :D )

    buku ini kyaknya bagus
    link yg banyak referensi bukunya
    coba aja di lihat link ini

  27. byu Says:

    mas A’an I love U

  28. La An Says:

    @byu
    makkkkk… kaboooooorrrrrrrrr….. :mrgreen:
    ini nieh salah satu legenda ilmu tanah indonesia
    mas byu, Alumni Ilmu Tanah Unbraw

  29. gory Says:

    gw gory dari himatan unpad

    punya referensi tentang permeabilitas,porositas total ama stabilitas agregat ga coz gw mau penelitian judulnya “Pengaruh penggunaan lahan dan kemiringan lereng terhadap porositas total,permeabilitas dan stabilitas agregat pada sub-das cikapundung bagian hulu”

    salam buat anak2 Unud

    viva…soil…solid

  30. La An Says:

    @gory
    coba buka halaman link & download. ada aq tautkan link di E-book tentang tanah, judulnya “FAO Training Series; About SOIL”
    coba juga buka link yang ini dan yang ini

  31. aergot Says:

    an…baca postingan anak-anak gw jadi rindu berkubang lumpur lagi neh

    salam buat semua

  32. bang yok menteri pertanian Says:

    assalamualaikum,,,saya rifai anak tanah UGM 2006..
    salam buat semua wong tanah di sini….
    btw,,mempelajari tanah itu asyik lho…
    gak nyangka tempat kita berdiri inni,yang selama ini kita injak2
    menyimpan ptensi dan misteri yang luar bisas besar ,,,
    he..he.
    salam,,

  33. himatan Says:

    boss kami dari universitas lambung mangkurat banjarbaru kalimantan selatan
    minta tolong sebarkan blok kami himatan (himpunan mahasiswa ilmu tanah) http://himatanfaperta.wordpress.com

  34. himatan Says:

    kalau bisa keseluruh anggota wilayah yg tergabung dalam fokushimiti

  35. himatan Says:

    viva soil…!!!!!!
    soil solid….!!!!!!

  36. Cheri Says:

    Saya sedang membutuhkan materi hayati siap pakai untuk bioremediasi petroleum hidrokarbon yang berasal dari pertambangan minyak masyarakat (yang tentu saja merusak lingkungan). Walaupun tambang ini milik masyarakat namun dampaknya sangat merugikan karena teknologi yang dipakai lumayan maju (menggunakan tubing yang ditarik dengan generator). Namun proses pemisahan minyak dengan air tidak dikelola dengan baik sehingga minyak berceceran di atas tanah, mencemari tanah. Apakah jurusan ilmu tanah IPB menjual bahan yang saya maksud? Jika ya, bagaimna saya bisa mendapatkannya?

  37. adhi Says:

    Mas,mo nanya…
    Klo skrg d unpad masi ada jurusan ilmu tanah g y?
    Kok saya lihat d situsnya unpad udah gak ada lg?
    Klo anak2 ilmu tanah kebanyakan kerjanya dmn?
    Thx y…

    Keep SOLID

  38. gilang Says:

    mas boleh kan aq posting di blog aq.

    untuk bahan kuliah mas..

    okeyyy..

  39. La An Says:

    @aergot
    elu sih milih jadi wartawan… tp itu emang dah bakat alam lu ya hehehe… sukses selalu boz…

    @gilang
    silahkan… semoga bermanfaat buat semua…

  40. WOZALI Says:

    hiii saya nak ilmutanah jga tp thun 2008…..

    kawan2 semuanya jangan minder masuk ilmu tanah karena itulah jalan yang di tentukan oleh Allah SWT untuk kita semuanya…..

    kalau dipikirkan saya aja dulu dari SMA yg jurusan IPS tapi saya yakin kalaw ilmu tanah itu adalah tepat untuk saya manya saya pilih itu…..

    mengapa banyak orang tidak mau milih ilmu tanah?
    Itu karena orang tersebut Bodoh dan tidak berpikir panjang coba dia bayang kan kita Tercipta dari mana?Dari tanahkan? dan kita akan kembali lagi ketanah..

    MAKA DARI ITU BUAT KAWAN2 JANGAN PERNAH MENGHINDAR DARI TAKDIR YANG DIBERIKAN OLEH ALLAH SWT KARENA APABILA KITA MENGHINDAR MAKA KITA AKAN TERSESAT…………………………….

  41. dhovye Says:

    Viva Soil Solid,…..

  42. arista Says:

    Salam kenal kak
    saya calon anak ilmu tanah ugm tahun 2010
    saya masih bingung
    apa yang menarik dari ilmu tanah sih kak?

  43. Dedy Irawan Says:

    hi teman2 semua alumni ilmu tanah di seluruh indonesia dan adik2 yang masih, mau dan hampir selesai kuliah atau skripsinya. saya alumni ilmu tanah univ’jambi th 1997 dan sekarang bekerja sebagai PNS di DISTAN PROV.Riau, banyak lho manfaat yang saya rasakan setelah kita berkecimpung di pekerjaan, memang ilmu tanah kurang peminat dan paling jarang tamat. Namun apabila kita serius yakinlah bahwa yang kita pilih sangat tepat. Saya merasa sendiri bahwa lulusan ilmu tanah banyak terpakai baik di pemerintahan ataupun swasta. Jadi…..yakinlah…hidup ilmu tanah

  44. taufik-tanahUSU08 Says:

    salam kenal aja yah buat anak2 tanah semua…
    saya anak tanah FP-USU

    viva soil…
    soil solid…

  45. enur Says:

    viva soil!!!!!
    kenalin…nama gw nur.nak tanah ipb.salam kenal smua ^.^

  46. arisra Says:

    viva soil soil solid….
    akhirnya saya jadi ank tanah juga.

  47. fiana Says:

    aku jadi anak tanah juga loe….(ugm ’10)
    salam kenal,,
    viva soil…
    soil solid…

  48. anton Says:

    bisa jelas kan tentang ” kareteristik kimia pada tanah inceptisol pada beberapa pengunaan lahan “>>atau bisa kasih contoh skripsi atau makalah tentang itu ?????

    thankk you bro

  49. joe Says:

    saya mahasiswa ilmu tanah ipb angkatan 2010, saya masih ragu, apakah jurusan ilmu tanah juga bisa bekerja di jurusan pertambangan di bagian selain reklamasi, bukankah bisa juga di bidang survey dan anaalisis lahan pertambangannya dengan keahlian pj dan gisnya? bagaimana menurut kakak n abang? owh iya gmana prospek kerja ke depan jika saya memilih bagian bioteknologi tanah sebagai prioritas saya? bagaimana jika dibandingkan dengan bila saya mengambil bidang penginderaan jauh?

  50. kemprit Says:

    Assalamualikum sobat- sobat ilmu tanah salam kenal.. :D
    sebenarnya sedih juga saat ILmu Tanah di Univ Jen Soed Digabung dengan prodi lain seperti HPT, agronomi,Hortikultura, dan Pemultan. sekarang hanya ada prodi Agroteknologi
    saya anak Agroteknologi.. dan sudah penelitian. pen. saya tentang tanah yaitu ttg Sifat Fisik Tanah. penentuan Angka-Angka Atterberg,
    mohon bantuanya sobat kalau ada materi atau jurnal ttg penelitian pengaruh mikoriza terhadap Angka-angka Atterberg (BC, BL,BG, BBW) tolong diinfokan ya :D
    kebetulan literaturnya sedikit
    Triims :D

  51. Fitraahh Says:

    Ass kakak semua..
    aku mau nanya prospek kerja jrusan ilmu tanah apa aja yaah? susah gak siih dpet kerjanya?
    trus slama kuliahnya itu kita belajar ttg tanah mulu kakak yaah ?

  52. Agro Gemilang Says:

    Bagi saya info ini penting sekali karena kami sedang mengembangkan usaha perkebunan ekaliptus. Terima kasih ya.

  53. elsa lolita putri Says:

    viva soil
    soil solid
    perkenalkan sya mahsswa bru jur ilmu tanah-unand
    sya brw dtrima melalui jalur undangn.
    trimaksh kakak2x smw membwt saya makin brtekat mw ngambil jur ini,ilmu tanah sepertiny menjanjikan jg,
    smoga sya bsa sukses sperti kakak smw,amiin

  54. seo street Says:

    I think the admin of this web site is genuinely working hard for his site, because here every information is quality based material.

  55. noorhakim (@noorhakim34) Says:

    saya maba ilmu tanah UNS, stelah saya membaca artikel dan sluruh comment kaka2 diatas, saya menjadi smakin tertarik dengan prodi ini, VIVA SOIL !!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!
  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 65 pengikut lainnya.