Maksud Dan Kegunaan Studi AMDAL

Maksud pekerjaan penyusunan AMDAL adalah sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi kegiatan proyek pada beberapa tahap antara lain: Pra konstruksi, Konstruksi, Operasi dan pasca operasi, terutama pada aspek yang diperkirakan akan menimbulkan dampak penting terhadap lingkungan;
  2. mengidentifikasi rona awal terkait dengan area kegiatan proyek baik di tapak proyek maupun disekitar lokasi proyek;
  3. memperkirakan dan mengevaluasi dampak penting dan timbal balik antara lingkungan dengan kegiatan proyek,
  4. menyusun Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) untuk melaksanakan pengelolaan lingkungan.

Kegunaan Studi

Hasil Studi AMDAL akan digunakan antara lain untuk

  1. membantu proses pengambilan keputusan tentang kelayakan rencana proyek;
  2. memberi masukkan untuk penyusunan desain rinci proyek berkaitan dengan peralatan pengelolaan dan pelindungan lingkungan;
  3. menjadi arahan bagi pemrakarsa dalam melaksanakan pengelolaan dan pemantauan lingkungan;
  4. memberi informasi kepada masyarakat dan pihak yang terkait mengenai rencana kegiatan.

Ruang lingkup studi AMDAL yang harus dilaksanakan meliputi: pekerjaan persiapan; pengumpulan data; deskripsi kegiatan; informasi rencana kegiatan kepada masyarakat; pengumpulan data sekunder; kajian kualitas udara dan tingkat kebisingan; kajian kualitas air; kajian biologi (flora dan fauna); kajian sosial-ekonomi & budaya, kajian kesehatan masyarakat; penyusunan Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan (KA ANDAL), Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL), Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL), Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL), dan Ringkasan Eksekutif AMDAL yang telah disetujui instansi berwenang

Ditulis dalam Rupa-rupa. 43 Comments »

43 Tanggapan to “Maksud Dan Kegunaan Studi AMDAL”

  1. fernanda oktafianto Says:

    Salam,
    saya adalah staf amdal di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang budidaya udang. Mengingat letak perusahaan yang jauh dari kota (pusat keramaian), apakah kursus amdal jarak jauh bisa dimungkinkan??? berapa biayanya??? teman-teman yang lain juga ada yang ingin ambil (jika ada).

    thanks..

    Salam,
    yayan

  2. La An Says:

    Salam Pak Fernanda,
    terimakasih atas kunjugannya di blog ini
    setelah saya tanyakan ke pengurus kursus AMDAL, ternyata untuk saat ini belum ada kursus AMDAL jarak jauh yang dikarenakan belum adanya konsep pengajarannya.

  3. nover Says:

    salam,,
    bagaimana tentang peraturan perundang-undangan mengenai amdal…
    terdapat pada pasal berapa saja…

    thanks,,,

    nover

  4. yuyun Says:

    tolong dung carikan tempat pelatihan amdal yang ada disemarang,kalau ada emailkan ke aat_med@yahoo.co.id

    thanks ya

  5. Royanto Sanusi Says:

    Tolong beri info konsultant amdal yang dapat menyusun amdal untuk tambang pasir Zircon seluaS 1000 HEKTAR DILOKASI SAMPIT , kALTENG.
    jIKA ADA YANG BERMINAT DAN MAMPU HUBUNGI SEGERA hp.081.703.208.280

  6. yuyan priatmaja Says:

    Kalo ada perusahaan yang telat bikin amdal apa yang dilakukan pemerintah atau penegak hukum??

  7. wardi Says:

    salam…..
    nanya nih..? kalo pembangunan dah berjalan dua tahon bahkan dah difungsikan apa masih perlu Amdal..?,

  8. La An Says:

    @yuyan
    laporin aja ke kepolisian, yg jelas itu dah melanggar UU

    @wardi
    kok bisa ya berjalan tuh perusahaan padahal ga ada dokumen AMDALnya. perlu dipertanyakan tuh… coba aja konsultasi ama Bappedalda setempat gimana jlan kluar terbaik. lebih baik buat secepatnya dr pada ada masalah di blakangnya

  9. icun Says:

    mohon informasi ttg mekanisme kerja AMDAL secara lengkap (kalo ada info referensi skalian). Muakasiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhh………….

  10. icun Says:

    uuuuuuuppssss…. info ttg mekanisme kerja AMDAL n referensi, email saya di: ukicun@yahoo.co.id
    thanks once again…

  11. benz Says:

    jika ada informasi kursus amdal di kalbar infokan ya ke email saya..: benz_greenz@yahoo.co.id

    trims ….

  12. ismet Says:

    tolong dong informasi tentang kriteria-kriteria pelaksanaan amdal. terima kasih

  13. indah pramadha Says:

    Mas,, mas,,
    bisa minta tulung ndak ya…

    gw mw da riset (tepatnya untuk kepentingan skripsi) tentang AMDAL di salah satu rumah sakit di jokja, gw boleh minta all of things `bout amdal ga?
    pemetaannya lebih ke sisi komunikasinya,gw mahasiswa komunikasi soalnya,
    thx b4 yawh…

  14. Dian Says:

    Ditempat saya ada pengeboran pam,tapi saya dengar waktu pertemuan dengan lingkungan sekitar,masyarakat tdk setuju,karena dianggap dpt menurunkan sumber air lingkungan terutama pd musim kemarau,tapi ternyata proyek itu tetap berjalan,bahkan sudah diadakan pemasangan pipa2. Apakah proyek itu butuh amdal dan bagaimana sebenarnya amdal bagi proyek tsbt?

  15. De CntQ Says:

    sblmx tQ bwt info umum tentang AMDAL…Sy mau minta informasi tentang kursus AMDAL didaerah lain yang terdekat dengan Kupang-NTT ..antara lain tentang tempat, waktu pelaksanaan dan biayanya..tq y

  16. echan Says:

    boleh gak saya minta referensi tentang “evaluasi kemampuan lahan”?,

  17. Lanny Says:

    Saya mau minta tolong diberikan alamat untuk kusrsus AMDAL yang ada di Bandung.
    Thanks

  18. lembank Says:

    slmt sore …….
    bisa minta tlg g ya ?…….
    kegiatan2 apa aja sih yg wajib amdal…??
    penting banget nih……
    tlong ya…

  19. jelo Says:

    nyangkut dengan pertanyaan lembak nie, saya pernah mau mengurus amdal, tapi mahal bangeet ya. Waktu itu perusahaan kami di minta 75 juta, Waow??. Ada ngga info jenis kegiatan wajib amdal?
    salam kenal lenga

  20. kelok44 Says:

    Saya tertarik tentang tulisan AMDAl ini, saya ingin bertanya mengenai Pemrakarsa AMdal. Apakah boleh nantinya merubah / hadover/ balik nama pemrakarsa AMDAL ke pihak lain namun proyek tersebut masih sama dan tidak berubah.
    Mohon penjelannya
    Terimaksih

  21. Hadhy Says:

    thanks god ada blog ini, saya lagi cari bahan literatur tentang amdal di bidang tranportasi laut, kira2 bisa dapat refrensi tempat diklat yang tepat dari anda?

  22. Andri Says:

    saya heran ya indonesia ini….
    Tim khusus untuk kelola AMDAL ada tp kenapa tiap ada pabrik,tidak lama kemudian ada pencemaran…..pabrik tersebut juga ngk di tutup….seperti LAPINDO ada apa dengan pihak AMDAL itu sendiri.
    jangan222 ada Udang di blaik batu.

  23. La An Says:

    dokemen amdal itu merupakan dokumen kajian ilmiah dalam bidang lingkungan. yang isinya berupa masukan saran, bentuk pengelolaan dan bntuk pemantauannya. masalah perusahaan itu jalan atau tidak setelah dilakukan studi AMDAL tergantung dari para pengambil kebijakan (bupati dll). jadi AMDAL itu hanya salah satu bntuk masukan yang dijadikan pertimbangan oleh pengambil kebijakan yaitu masukkan dalam bidang lingkungan hidup. soalnya ada bnyak pertimbngan lain, spt ekonomi dan politik.

    untuk tempat pelatihan AMDAL yang saya tau hanya di UNUD, mngkin ada ditempat lain. mohon maaf sebelumnya…

  24. Harry Says:

    setau saya t4 kursus amdal hanya dua yaitu di UI dan UGM, dan utk UGM kursus penyusunan AMDAL mulai tgl 27 april 2009

  25. magaga Says:

    Ass..minta referensi dan mekanisme AMDAL untuk bidang pertambangan…MPulaid@yahoo.com

  26. irwan pahri Says:

    makasi ya…
    saya dah bisa baca-baca tentang kegunaan amdal…
    saya senang belajar…

  27. fiwiz Says:

    aku cinta lingkungan yang hijau

    ilove greeen

  28. Haris Says:

    Saya sangat setuju adanya amdal tapi perlu komitmen kuat dari dalam diri kita!!! Dimana alamat pelatihan amdal dan masalah lingkungan

  29. Haris Says:

    Alamat pelatihan amdal dan masalah lingkungan

  30. Sarah Says:

    saya ingin ikut kursus amdal di daerah bandung. tapi saya tidak tahu adanya di mana… kalau ada yang tahu, tolong infonya ya. thanks :)

  31. fara Says:

    saya setuju dengan adanx amdal,saya ingin mengikuti pelatihan study amdal dan masalah lingkunagan.klo boleh saya minta alamatnx

  32. Lasi'in Fauzi Says:

    Saya dulu Perawat bekerja di salah satu RS di Surabaya, selanjutnya saya selokah Bidan kerja di salah satu Kabupaten di Jawa Timur, sekarang saya Kesehatan Masyarakat, kepingin banget alih profesi menekuni bidang AMDAL apa bisa dan dimana kursusnya .Terimakasih atas bantuan informasinya

  33. yani Says:

    Pak,saya PNS dinas PU bagian Penyehatan Lingkungan. Apakah kami perlu sertifikasi utk Amdal..

    Tlg dikirimi imel tentang Apa sih amdal itu?

    Trmksh.

  34. sinta Says:

    komponen geo-fisik kimia yang terdapat pada pelaksanaan studi amdal apa?

  35. FIRDAUS BIGA Says:

    saya ingin mengetahui kajian AMDAL mengenai gorontalo mineral yang mungkin belum di kaji oleh para kontraktor atau penguasa………………..

  36. Dewa wasista Says:

    Saya maw tanya, apakah sertifikat AMDAL, harus tanda tangan Menteri lingkung hidup?? & jika tidk tanda tangn meteri gmn?? Tolong balasan’a ke email saya raiwasista@yahoo.co.id

  37. franky Says:

    saya mau tahu penjelasan mengenai kegunaan AMDAL bagi para penliti dan ilmuan?
    dan cara menanalisis kemajuan dan ilmu pengetahuan tentang AMDAL.
    terima kasih

  38. enny Oktiviani Says:

    Mohon infonya kursus amdal yg murah dan bersertifikat di jakarta dmn ya???trims

  39. made Says:

    kalau mau sekolah AMDAL dimana ya ??

  40. wira adi Says:

    pak,,saya sedang mendalami amdal untuk diangkat menjadi masalah di skripsi saya,,ada referensi buat saya kah?atau punya soft copy ga gimana bentuk dokumen amdal

    kirim ke email saya ya
    wad_smansa@yahoo.com

  41. Pier Says:

    Bagi Perusahaan yang ingin mengurus AMDAL, bisa menghubungi: 0813 8801 7979 atau email: pier1402@yahoo.com

  42. NORMA YANTI, S.Pd Says:

    Ilmu yg brguna dan mmbantu bnget dlam mengajar….

  43. wily Says:

    kalo boleh tau biaya kursus amdal tipe a di ui brp ya,,,,


Tinggalkan Balasan

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!
  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.