Cuaca dan Iklim

Cuaca dan iklim merupakan dua kondisi yang hampir sama tetapi berbeda pengertian khususnya terhadap kurun waktu. Cuaca merupakan bentuk awal yang dihubungkan dengan penafsiran dan pengertian akan kondisi fisik udara sesaat pada suatu lokasi dan suatu waktu, sedangkan iklim merupakan kondisi lanjutan dan merupakan kumpulan dari kondisi cuaca yang kemudian disusun dan dihitung dalam bentuk rata-rata kondisi cuaca dalam kurun waktu tertentu (Winarso, 2003). Menurut Rafi’i (1995) Ilmu cuaca atau meteorologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji peristiwa-peristiwa cuaca dalam jangka waktu dan ruang terbatas, sedangkan ilmu iklim atau klimatologi adalah ilmu pengetahuan yang juga mengkaji tentang gejala-gejala cuaca tetapi sifat-sifat dan gejala-gejala tersebut mempunyai sifat umum dalam jangka waktu dan daerah yang luas di atmosfer permukaan bumi.

Trewartha and Horn (1995) mengatakan bahwa iklim merupakan suatu konsep yang abstrak, dimana iklim merupakan komposit dari keadaan cuaca hari ke hari dan elemen-elemen atmosfer di dalam suatu kawasan tertentu dalam jangka waktu yang panjang. Iklim bukan hanya sekedar cuaca rata-rata, karena tidak ada konsep iklim yang cukup memadai tanpa ada apresiasi atas perubahan cuaca harian dan perubahan cuaca musiman serta suksesi episode cuaca yang ditimbulkan oleh gangguan atmosfer yang bersifat selalu berubah, meski dalam studi tentang iklim penekanan diberikan pada nilai rata-rata, namun penyimpangan, variasi dan keadaan atau nilai-nilai yang ekstrim juga mempunyai arti penting.

Trenberth, Houghton and Filho (1995) dalam Hidayati (2001) mendefinisikan perubahan iklim sebagai perubahan pada iklim yang dipengaruhi langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia yang merubah komposisi atmosfer yang akan memperbesar keragaman iklim teramati pada periode yang cukup panjang. Menurut Effendy (2001) salah satu akibat dari penyimpangan iklim adalah terjadinya fenomena El-Nino dan La-Nina. Fenomena El-Nino akan menyebabkan penurunan jumlah curah hujan jauh di bawah normal untuk beberapa daerah di Indonesia. Kondisi sebaliknya terjadi pada saat fenomena La-nina berlangsung.

Proses terjadinya cuaca dan iklim merupakan kombinasi dari variabel-variabel atmosfer yang sama yang disebut unsur-unsur iklim. Unsur-unsur iklim ini terdiri dari radiasi surya, suhu udara, kelembaban udara, awan, presipitasi, evaporasi, tekanan udara dan angin. Unsur-unsur ini berbeda dari waktu ke waktu dan dari tempat ke tempat yang disebabkan oleh adanya pengendali-pengendali iklim (Anon, ? ). Pengendali iklim atau faktor yang dominan menentukan perbedaan iklim antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain menurut Lakitan (2002) adalah (1) posisi relatif terhadap garis edar matahari (posisi lintang), (2) keberadaan lautan atau permukaan airnya, (3) pola arah angin, (4) rupa permukaan daratan bumi, dan (5) kerapatan dan jenis vegetasi. Gambar dibawah adalah gambar dari sistem iklim secara umum

Cuaca dan iklim muncul setelah berlangsung suatu proses fisik dan dinamis yang kompleks yang terjadi di atmosfer bumi. Kompleksitas proses fisik dan dinamis di atmosfer bumi ini berawal dari perputaran planet bumi mengelilingi matahari dan perputaran bumi pada porosnya. Pergerakan planet bumi ini menyebabkan besarnya energi matahari yang diterima oleh bumi tidak merata, sehingga secara alamiah ada usaha pemerataan energi yang berbentuk suatu sistem peredaran udara, selain itu matahari dalam memancarkan energi juga bervariasi atau berfluktuasi dari waktu ke waktu (Winarso, 2003). Perpaduan antara proses-proses tersebut dengan unsur-unsur iklim dan faktor pengendali iklim menghantarkan kita pada kenyataan bahwa kondisi cuaca dan iklim bervariasi dalam hal jumlah, intensitas dan distribusinya. Eksploitasi lingkungan yang menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan serta pertambahan jumlah penduduk bumi yang berhubungan secara langsung dengan penambahan gas rumah kaca secara global akan meningkatkan variasi tersebut. Keadaan seperti ini mempercepat terjadinya perubahan iklim yang mengakibatkan penyimpangan iklim dari kondisi normal.

Menurut Winarso (2003) berdasarkan kajian dan pantauan dibidang iklim siklus cuaca dan iklim terpanjang adalah 30 tahun dan terpendek adalah10 tahun dimana kondisi ini dapat menunjukkan kondisi baku yang umumnya akan berguna untuk menentukan kondisi iklim per dekade. Penyimpangan iklim mungkin akan, sedang atau telah terjadi bila dilihat lebih jauh dari kondisi cuaca dan iklim yang terjadi saat ini.

Pranala di Blog ini:

Pemanasan Global (catatan mengenai sebabnya)
Pemanasan Global (catatan mengenai akibatnya)
Pemanasan Global (Catatan mengenai cara menggurangi dampaknya)
Klimatologi untuk Pertanian
Perubahan Iklim di Bali
Susahnya Memprediksi Hujan
El Nino dan La Nina
Klasifikasi Iklim
Perlukan Informasi Peringatan Dini Kebencanaan???
Aplikasi GIS untuk Klasifikasi Iklim Schmidt-Ferguson
HUJAN
La Nina kah Penyebab Banjir Dimusim Kemarau?
Bencana Cuaca
Info El Nino dan La Nina terkini
Identifikasi Hubungan Fluktuasi Nilai SOI Terhadap Curah Hujan Bulanan Di Kawasan Batukaru-Bedugul, Bali
Perubahan Iklim; Tinjauan Pustaka
PENYEBAB VARIABILITAS HUJAN DI INDONESIA
Hubungan Efek Rumah Kaca, Pemanasan Global dan Perubahan Iklim
EROSI DAN PERUBAHAN IKLIM
PERTUKARAN CO2 ANTARA ATMOSFER DAN LAUT: Pendahuluan
EVALUASI ZONA AGROKLIMAT KLASIFIKASI SCHIMIDT-FERGUSON DI PULAU LOMBOK
Apa sih Banjir…?
Faktor Penyebab Banjir (1)

Faktor Penyebab Banjir (2): Perubahan Lingkungan

About these ads
Ditulis dalam Klimatologi. 74 Comments »

74 Tanggapan to “Cuaca dan Iklim”

  1. nurman Says:

    situs yang gak umum. TAPI KEREN!. AKU DONLOT BEBERAPA,BOLEH YAAA?!

  2. La An Says:

    thanks… silahkan Nurman…

  3. wahid Says:

    hanya satu kata yang bisa keluar, luar biasaaaaaa, skali lagi makasih ya mbak, aku jadi tambah wawasan

  4. La An Says:

    makasih…
    mudah2an berguna buat mas wahid…

  5. HAZIM Says:

    AKU TAK FAHAAAAM

  6. firman firdaus Says:

    perbedaan antara cuaca dan iklim lebih simpel dijelaskan oleh situs wwf: http://www.wwf.or.id/attachments/pdf/Q&AClimate.pdf, hehe.

  7. yud Says:

    kurang menarik penjelasannya.

  8. La An Says:

    @HAZIM
    waduh… di pahamin atuh.. :D

    @firman firdaus
    makasih atas linknya. berguna bangat untuk perbandingan

    @yud
    terlalu kaku ya… :D
    nanti coba diperbaiki lagi bahasanya
    makasih kritikannya :)

  9. nunu Says:

    situs yg slama ini saya cari… kebetulan saya mahasiswa Geografi UPI

  10. R1n0.@R Says:

    mas
    tolong perbanyak lagi ya ^^

    thanks lagi nih tadi uda ngambil La nina n El nino

  11. NininG Says:

    SALUTE….!!!!
    punya kemampuan en kemauan buat yg spt ini.
    thankiyu for information

  12. raffles Says:

    cara mendapatkan kan software arcview vesi 3.3 gimana mas. tlg infonya

  13. muhamad iqbal Says:

    ma ksih ya situs ini berguna bgt u/ pelajaran d sklh

  14. fifi n jenny Says:

    ass..
    keren banget link nya…
    but… kurang lengkap tuh…
    jadi harus nya lebih diperbaiki disana-sini…
    okay….
    good luck yaw,,,,

  15. La An Says:

    @fifi n jenny
    namanya juga ilmunya masih cetek, ya masih kurang bngat itu. suatu ada akan coba utk trus diperbaiki. makasih atas kritikannya

  16. Lathifah Al Hakimi Says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Menurut saya, ini merupakan wacana yg cukup menarik, TAPI KURANG SPESIFIK. Tolong bahas donk…tentang iklim yg lebih detail. Diriku butuh data-data baru buat OSN Kebumian 2008. Jazakallah Khairan.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  17. chacha manisss Says:

    eeehh..loe smuax..
    jgn asl kritik situs org laen dunkzz..

  18. chacha manisss Says:

    gw itw cantik……

  19. chacha manisss Says:

    cium.. n peluk..
    4 u all

  20. Ramadhany Says:

    kurang lengkap!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    manfaat cuaca dan iklim bagi manusia!!!!!!!!!
    untuk tugas

  21. linda Says:

    ada informasi perkiraan cuaca untuk beberapa hari kedepan ngak? minta dong, lagi perlu banget nih. kirim ke mail yah klw ada

  22. snubz Says:

    thx yaaa, buat tugas di sekolah gw ni @_@

  23. Lani Says:

    mantaaaabbb… !!

    bwt bahan kliping skolah!1 perbanyak lagi dund!! ^^
    hahaha…

  24. raficsy@ Says:

    th@@@nx y@@@@@ !nf0ny . . . . .

  25. raficsy@ Says:

    tH@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@x . .

    Y@@@@@@@@@@@@@ . . . . . . . .

  26. raficsy@ Says:

    thaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaanx yaaaaaaaaaaaaaaaaaa ttng infonyaaaaaaaaaaaaaa

  27. geel@nz Says:

    KKKKKKKKKKKURAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAANGGGGGGGGGGGGGGGG LLLLLEEEEEEEEEEEEENGKAAPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPP

  28. With This Diet I Shed Thirty Póunds in Under a Month Says:

    Hi, cool post. I have been thinking about this topic,so thanks for blogging. I’ll probably be subscribing to your site. Keep up the good work

  29. La An Says:

    @With This Diet I Shed Thirty Póunds in Under a Month
    thank you to reading this paper…
    and thanks for your visiting in my blog

  30. Papi Says:

    boleh nggak saya ngambil sebagian data buat buku saya?

  31. La An Says:

    @Papi
    Silahkan… tp jngan lupa sumber2nya dicantumkan…

  32. Bimloghika Says:

    Well Bozzz infonya lebih di perlengkap dong dah membantu kok tapi lebih lagi kan tambah ok

  33. Zainal Imron Hidayat Says:

    Mungkin akan lebih bagus jika ditambah mengenai perubahan iklim di Indonesia dan sekitarnya mas……….

  34. Haris Says:

    Oh ya lumayan isinya,tpi krang detail..

  35. aiq Says:

    kalo boleh saya minta daftar pustakanya dilampirkan yang winarso 2003 karena saya sangat membutuhkan.
    terima kasih

  36. La An Says:

    @Bimloghika, Zainal Imron Hidayat, & Haris
    silahkan dilihat pranala2 yang ada di akhir tulisan. tulisan ttang cuaca dan iklim ini hanya potongan kecil dari tulisan ttang klimatologi, atau bisa juga mengklik kategori tulisan Klimatologi disamping. mudah2an menjadi lebih lengkap lagi…

    @aiq
    untuk informasi lengkap tulisan pak Winarso silahkan mengunjungi Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah UGM. kebetulan kutipan2 pak Winarso saya ambil dari makalah beliau yang disampaikan pada seminar nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan tersebut pada tahun 2003

  37. Perbedaan Cuaca dan Iklim « Apa Kamu Tahu ? Says:

    [...] : http://mbojo.wordpress.com/2007/04/15/cuaca-dan-iklim/ Tags: Alam, Cuaca, Fisika, Geografi, Iklim, Iptek Share this [...]

  38. rivaldy aditya Says:

    gimna skrng cuaca djakarta ni hehe…………….

  39. riifaii Says:

    apa dampak negatif n positif cuaca dan iklim?????

  40. fikram Says:

    kurang lengkap

  41. ratna Says:

    ko kuragang lengkap yaaaaaaaaaa

  42. ratna Says:

    ko kurang lengkap yaaaaaaaaaa………

  43. La An Says:

    @riifaii
    dampak positif dan negatif dari cuaca dan iklim tergantung dilihat dari sisi mana iklim dan cuaca tersebut (tujuan kita melihat iklim dan cuaca). contoh klo dari sisi pertanian, klo cuacanya basah di musim kemarau, itu sangat baik bagi petani padi, tp sangat buruk bagi petani kedelai.

  44. FAHMIL AKBAR PANJAITAN Says:

    Marilah kita bersama sama melindungi bumi kita ini dari perubahan iklim,demi kelestarian anak cucu kita Horas………..!Bumi on…………….!Horas hita ganupan………!

  45. ahmad luthfi Says:

    Terima kasih atas ilmunya yang insyaalloh akan menjadi jariyah bagi anda selalu.. Semoga tarbiyah yang anda lakukan akan menjadikan beribu-ribu orang awam menjadi berilmu..aamiin…

  46. Defi Says:

    Ehmmmmm………………………..
    makasih yah……….. tugasku sukses neh……….

  47. riza Says:

    bagus cuaca medan tidak sering hujan

  48. imah Says:

    WOW ,,,,
    bagus juga yach gambar,a aku ingin menggambar kaya gitoh
    kira – kira bisa gak yach ?????

  49. BILA Says:

    ARTI IKLIMNYA YANG LEBIH JELAS DONG YANG BANYAK LAGI

  50. alphabet Says:

    bantu cari pengaruh iklim dan cuaca dalam bidang kehutanan

  51. Pambudi Says:

    Makasih infonya..ya.

  52. airport Says:

    kalian semua harus tunduk pdaku

  53. meii Says:

    agak rumit,, so. . . . ga ngrti ga :D

  54. nuruda Says:

    trima kasih atas datanya…………..

  55. qu suka bngetz ne... Says:

    Qu ska nd mga j bermanfaat j bwt qu

  56. vincent Says:

    makasih telah membantu pekerjaan saya menjadi mudah

  57. ariya cahya Says:

    alhamdullilah ilmu tentang cuaca aku bertambah dan aku bisa meramal cuaca deh sekarang wkwkwkw

  58. hasan nj Says:

    log bsa lbh lgnkap lg pmbhsannya,,,,,,tp q blh ngutip dkit y bwt mklhku………..?

  59. hasan nj Says:

    klo bsa lbh lngkap pmbahasannya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,tapi saya mw ngutip dkit buat makalah saya……………………..
    blh ya…………………………..???????????????

  60. maghfiroh Azzahra Says:

    asslm, triimakasih infonya. sangat membantu.

  61. ayu3 Says:

    PagHi3………

  62. Ekklesia Bella Says:

    Kurang lengkap tuh !!

  63. Zahra Hanantia puteri Says:

    Kalau empat perbedaan antara cuaca dan iklim apa tuh???

  64. c3!!4 NuRm4lL4 Says:

    maS!h BnGun9 N!H …

  65. karen Says:

    gk ad contohnya ya? kurang kepake nih.

  66. Perbedaan Cuaca dan Iklim | Sekolah Berbasis Rumah GAFATAR Says:

    [...] : mbojo.wordpress.com Materi TerkaitMenulis Naskah Drama (BI 13-15)Meronce Berdasarkan Bentuk, Warna, dan Ukuran (MT [...]

  67. Sry inggit Says:

    Nda Lengkap ey,,padahal tugasQ belum selesai

  68. reina Says:

    sipppppp lahhhh……..SANGAT membantu,,,,

  69. Wulan Says:

    wahh,, tugas saya jadi sedikit terbantu deh .. terima kasih

  70. Elsyana Says:

    Kaga ngertii maaakkkk😭

  71. pou Says:

    bang, jam lau kecepetan sejam noh..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!
  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 65 pengikut lainnya.