El Nino dan La Nina

El-Nino, menurut sejarahnya adalah sebuah fenomena yang teramati oleh para penduduk atau nelayan Peru dan Ekuador yang tinggal di pantai sekitar Samudera Pasifik bagian timur menjelang hari natal (Desember). Fenomena yang teramati adalah meningkatnya suhu permukaan laut yang biasanya dingin. Fenomena ini mengakibatkan perairan yang tadinya subur dan kaya akan ikan (akibat adanya upwelling atau arus naik permukaan yang membawa banyak nutrien dari dasar) menjadi sebaliknya. Pemberian nama El-Nino pada fenomena ini disebabkan oleh karena kejadian ini seringkali terjadi pada bulan Desember. El-Nino (bahasa Spanyol) sendiri dapat diartikan sebagai “anak lelaki”. Di kemudian hari para ahli juga menemukan bahwa selain fenomena menghangatnya suhu permukaan laut, terjadi pula fenomena sebaliknya yaitu mendinginnya suhu permukaan laut akibat menguatnya upwelling. Kebalikan dari fenomena ini selanjutnya diberi nama La-Nina (juga bahasa Spanyol) yang berarti “anak perempuan” (oseanografi.blogspot.com., 2005). Fenomena ini memiliki periode 2-7 tahun..

Elnino

El-Nino (gambar di atas) akan terjadi apabila perairan yang lebih panas di Pasifik tengah dan timur meningkatkan suhu dan kelembaban pada atmosfer yang berada di atasnya. Kejadian ini mendorong terjadinya pembentukan awan yang akan meningkatkan curah hujan di sekitar kawasan tersebut. Bagian barat Samudra Pasifik tekanan udara meningkat sehingga menyebabkan terhambatnya pertumbuhan awan di atas lautan bagian timur Indonesia, sehingga di beberapa wilayah Indonesia terjadi penurunan curah hujan yang jauh dari normal (gambar di bawah)

Normal

Suhu permukaan laut di Pasifik tengah dan timur menjadi lebih tinggi dari biasa pada waktu-waktu tertentu, walaupun tidak selalu. Keadaan inilah yang menyebabkan terjadinya fenomena La-Nina (gambar di bawah). Tekanan udara di kawasan equator Pasifik barat menurun, lebih ke barat dari keadaan normal, menyebabkan pembentukkan awan yang lebih dan hujan lebat di daerah sekitarnya

Lanina

Kejadian El-Nino tidak terjadi secara tunggal tetapi berlangsung secara berurutan pasca atau pra La-Nina. Hasil kajian dari tahun 1900 sampai tahun 1998 menunjukan bahwa El-Nino telah terjadi sebanyak 23 kali (rata-rata 4 tahun sekali). La-Nina hanya 15 kali (rata-rata 6 tahun sekali). Dari 15 kali kejadian La-Nina, sekitar 12 kali (80%) terjadi berurutan dengan tahun El-Nino. La-Nina mengikuti El-Nino hanya terjadi 4 kali dari 15 kali kejadian sedangkan yang mendahului El-Nino 8 kali dari 15 kali kejadian. Secara umum, hal ini menunjukkan bahwa peluang terjadinya La-Nina setelah El-Nino tidak begitu besar. Kejadian El-Nino 1982/83 yang dikategorikan sebagai tahun kejadian El-Nino yang kuat tidak diikuti oleh La-Nina. untuk melihat kelanjutan cerita ini, bisa melihat tulisan lain yang berjudul “El Nino dan La Nina serta dampaknya di Indonesia”.

Pranala di Blog ini:

El Nino dan La Nina serta dampaknya di Indonesia
Pemanasan Global (catatan mengenai sebabnya)
Pemanasan Global (catatan mengenai akibatnya)
Pemanasan Global (Catatan mengenai cara menggurangi dampaknya)
Cuaca dan Iklim
Klimatologi untuk Pertanian
Perubahan Iklim di Bali
Susahnya Memprediksi Hujan
Hujan
Info El Nino dan La Nina terkini
Perubahan Iklim; Sebuah Batasan
PENYEBAB VARIABILITAS HUJAN DI INDONESIA
Identifikasi Hubungan Fluktuasi Nilai SOI Terhadap Curah Hujan Bulanan Di Kawasan Batukaru-Bedugul, Bali
La Nina kah Penyebab Banjir Dimusim Kemarau?
Bencana Cuaca
About these ads

82 Tanggapan to “El Nino dan La Nina”

  1. zora Says:

    thx yah blokny!!
    brgna bgt buat tgs aku!

  2. mbojo Says:

    sama2 Zora. mudah2 informasi kecil ini bisa membantu. :)

  3. Dr Donny Gunawan Says:

    el nino dan la nina bisa mengganggu kesehatan.dengan seperti siangnya panas sementara sorenya hujan,karena perbedaan suhu yang spontan otomatis kesehatan kita juga rada terganggu,makanya dalam keadaan seperti ini jagalah kesehatan

  4. kadarsah Says:

    El Nino untuk mengetahui tingkat kekuatannya maka ada yang membuat kategori menjadi kategori El Nino lemah,sedang dan kuat.
    Pengkategorian tersebut berdasarkan anomali temperatur. Sehingga kita bisa mengetahui kuat-lemahnya El Nino dari anomali tersebut.Contoh Elnino tahun 1997 merupakan salah satu El Nino yang kuat.

    Cogito ergo sum
    Kadarsah

  5. La An Says:

    @Dr Donny Gunawan
    El Nino dan La Nina merupakan efek dari peningkatan GRK yg juga mempengaruhi suhu. karena iklim global sudah di pengaruhi oleh GRK, maka memang dah sewajaranya kita menjaga kesehatan sebagai bentuk proses adaptasi kita menghadapi efek rumah kaca

    @Kadarsah
    terimakasih masukannya pak kadarsah

  6. andrhe Says:

    alhamdulillah,ada juga yang membahas el nino.
    Udah payah nyari2 akhirnya ketemu juga.
    Thanks buat yang telah menulis tulisan ini.

  7. Elis Says:

    Thanks buat artikelnya, Mas!!
    Saya memang lagi cari data mengenai El Nina dan La Nino!! Eh, kebalik! La Nina dan El Nino!
    Kebetulan buanget, saya ketemu di sini! Trims…
    Sukses selalu, Mas!

  8. adhie Says:

    Hm..1 Pertanyaan donk!
    Yg menyebabkan angin tornado el-nino atau la-nina atau ke-2nya?
    Mohon dijawab.

  9. La An Says:

    @Elis
    sama2, sukses juga buat qm

    @Adhie
    pertama kita harus nyari tau dulu, ada ga hubungan antara tornado dan anomali el nina dan la nina (ENSO)
    ENSO itu terjadi di samudera pasifik. fluktuasi suhu permukaan laut yg berakibat pada berubahnya unsur iklim hujan. apakah juga mempengaruhi angin? itu, tapi hnya angin pasat yg melewati samudera pasifik. angin pasat inilah yg seharusnya membawa awan dari samudera pasifik ke arah indonesia, tp karena el nino, pergerakan angin menjadi kacau.
    sekarang tornado, mnurut yg aq baca tornado itu hanya terjadi di daerah2 lintang tengah baik itu di Lintang selatan maupun di Lintang Utara. sedangkan ENSO itu terjadi di equator. mngkin ada pngaruhnya, krena klo qta ngomngin iklim itu faktornya banyak, tp untuk saat ini, mnurut aq ga ada hubungan yg jelas antara kejadian EL Nino dan La Nina dengan tornado

  10. kukhe Says:

    apa ini juga disebabkan karena banyaknya pembalakan hutan yang terjadi di Indonesia……????? iiiihhh…ngeri…
    Thanks blogx kueren n ilmiah buanget……

  11. La An Says:

    @kukhe
    sampai saat ini masih terus dilakukan peneltian untuk bisa mnjelaskan secara ilmiah kenapa terjadi pemanasan dan pendinginan di samudera pasifik itu. sebenrnya bukan hanya di samudera pasifik, tp juga di samudera2 yang lainnya juga. seperti di samudera hindia yang fenomenanya sering di sebut sebagai IOD (Indian Ocean Dipole). akan tetapi perubahan suhu bumi sebagai akibat dari efek rumah kaca dikaitkan dengan fluktuasi suhu permukaan laut tersebut. pembalakan hutan di indonesia juga merupakan salah satu sumbangsih dalam meningkatkan gas CO2. nah semuanya berkaitan, sekarang tinggal cari tau, yg mana yg paling besar pengaruhnya…

    @adhie
    sorry sebelumnya dhie karena ilmu ku cetek. kmarin baru ikut seminar yg di adakan oleh MAPIN dan Seacom. di situ ada presentasi mengenai pengaruh suhu permukaan laut terhadap terjadinya badai di selatan indonesia. tenyata ada pengaruh antara fluktuasi suhu di samudera pasifik dengan fluktuasi suhu di samudera hindia (ENSO dan IOD) terhadap terbentuknya siklon badai di selatan indonesia. akan tetapi badai tersebut tidak bisa disamakan dengan tornado. tornado itu terjadi lokal mirip seperti puting beliung, sedangkan badai pengaruhnya sangat luas

  12. bagus Says:

    wow – berguna bgt blog’nya. x) memudahkan tugas” sekolah yang makin lama makin nuntut siswa buat lebih aktif dari guru. melelahkan. thanks ya.

  13. dini Says:

    makasih iia tas info nay…
    b’guna bangeeet lohhhhhhhhhh….

  14. sulistyo Says:

    matur suwun Mas. .
    saestu kulo seg butuh buangett info about el nino n la nina
    sekali lagi. . .thanks yaw. . .

  15. R1n0.@R Says:

    mas nambah lagi dunk
    tentang iklim ^^

    THanks buat info nya jd aku bisa ngerjain tugas

  16. Dyt Says:

    Thanks ya infonya… tugasku jadi beres

  17. La An Says:

    @bagus, dini, sulistyo, R1n0.@R, Dyt
    Sama2…. semoga trus berguna… :)

  18. Spiderpig Says:

    Mas,mau nanya nih :
    Penyebab dari el nino dan la nina itu sendiri apa sih?
    Kok tiba2 terjadi anomali kayak gitu atau tiba-tiba terjadi interaksi yang begitu kuat antara atmosfer-laut,sehingga membuat terjadinya el-nino dan la nina.Terakhir,ada nggak hubungannya sama dipole mode?

  19. zaki Says:

    thnx y,berguna bgt wat ilmu pengetahuan

  20. unie@zza Says:

    thx ya mas… bagus nech, ada lagi g?
    apapun info yg b’hub dgn badai…
    he… :)

  21. fifi n jenny Says:

    Ass….
    waw… wonderful…
    apalagi..sekarang efek el nino dan lanina
    sedang kita rasakan pada saat sekarang ne….
    thx ya… buat informasi yang sangat bermanfaat…

  22. La An Says:

    @Spiderpig
    wah pertanyaan yg ga hanya qm yg lontarin tuh, tp aq juga :D . sampai saat ini blum diketahui secara jelas kenapa sampai ada fluktuasi Suhu Permukaan Laut (SPL) di samudera pasifik, para peneliti masih menduga bahwa fluktuasi suhu tersebut disebabkan oleh arus laut dan sirkulasi samudera pasifik. tp pertanyaannya knapa kok rutin sehingga hampir menjadi sebuah siklus? itu yg blum terjawab. sabar ya… kita tunggu jawabannya.

    @zaki, unie@zza dan fifi n janny
    sama2. semoga berguna buat kalian.

  23. sandra Says:

    1. apa aktivitas manusia yg ikut berperan dalam fenomena el nino dan la nina?
    2. Solusi dari fenomena el nino dan la nina?

    Thx cblume…^_^

  24. slatem Says:

    ASS. SALAM KENAL

    MAAF NIH NUMPANG BAGI2 SEDIKIT ILMU.
    EL-NINO BERKAITAN DENGAN KEADAAN DIMANA SUHU PERMUKAAN LAUT DI PACIFIK BAGIAN TENGAH HINGGA TIMUR SECARA SIGNIFICAN LEBIH PANAS DARI NORMALNYA. KONDISI DEMIKIAN SECARA BERULANG TERJADI DALAM PERIODE 3 – 8 TAHUN DAN BIASANYA BERKAITAN DENGAN SOUTHERN OSCILLATION INDEX (SOI) YANG BERNILAI NEGATIF.
    SAMUDRA PACIFIK MEMPENGARUHI IKLIM SEANTERO DUNIA
    KARENA KARENA WILAYAH PACIFIK BAG EKUATOR LEBIH LUAS DIBANDINGKAN DGN SAMUDRA INDIA DAN ATLANTIK.
    SELAMA KEJADIAN EL-NINO SIRKULASI WALKER ( SIRKULASI TIMUR-BARAT ATMOSFER PD BIDANG MENEGAK DIATAS PACIFIK TROPIS) LEBIH JELAS LIHAT GB. 1 DIATAS, SIRKULASI WALKER MELEMAH DAN SUATU KETIKA SIRKULASI MENJADI BERBALIK PADA KONDISI EL-NINO DENGAN INTENSITAS SANGAT KUAT. PADA KONDISI DEMIKIAN ANGINBARATAN TERAMATI DI ATAS PACIFIKEKUATOR BAG BARAT DAN TENGAH YG MANA PD KONDISI NORMAL BIASANYA DIDOMINASI ANGIN PASAT TIMURAN. SAMUDRA DI SEKITAR AUSTRALIA MENJADI DINGIN DAN SEDIKIT UAP AIR.
    -EL-NINO SECARA LANSUNG TDK MENGGANGGU KESEHATAN MANUSIA MUNGKIN LEBIH DIKARENAKAN BANYAKNYA DEBU AKIBAT KEKERINGAN YG BERKEPANJANGAN SEHINGGA MENYEBABKAN ISPA ATAU SEJENISNYA
    -KUAT LEMAHNYA EL-NINO DILIHAT DARI BESAR KECILNYA NILAI SOI YG BERNILAI NEGATIF.
    – AKTIFITAS MANUSIA BERPENGARUH ATAU TIDAKNYA SECARA LANGSUNG DLM TERJADINYA EL-NINO MUNGKIN LEBIH KE FENOMENA GLOBAL WARMING.
    KALAU SEKARANG SUHU TERASA PANAS SEKALI ITU BUKAN KARNA EL NINO TP KARNA EFEK RUMAH KACA TERUTAMA DSEBAKAN GAS CO2 YG MELEBIHI AMBANG BATAS.
    -TORNADO DAN PUTING BELIUNG SAMA2 DSEBABKAN KARNA WAN CB (CUMULUNIMBUS) BUKAN KARNA ELNINO OR LANINA. TP KALO TORNADO ADA DI LINTANG MENENGAH SAJA

    OK SEKIAN DULU KALO KURANG JELAS KIRIM AJA KE EMAIL GW (lamet-35@yahoo.co.id)
    maaf kalo kurang jelas maklum belum ahli bgt di meteorologi meski dah kuliah 3 tahun di BMG.
    OK WASSALAM

  25. mulyadi Says:

    Pada saat El Nino (panas) indonesia dan australia mengalami musim kering karena suhunya sangat tinggi dan curah hujan berkurang jadi sedikit, karena daerah curah hujan tinggi bergerak ke arah Tahiti atau ketimur, keadaan seperti ini sering mengakibatkan kebakaran hutan di indonesia.
    Pada saat La Nina, indonesia dan australia mengalami banjir karena curah hujan sangat tinggi bahkan berlimpah.
    Pembagian ENSO Juga bisa phase panas (El Nino, La Nina), phase dingin (La Nina), dan phase netral. Untuk memprediksi ENSO diperlukan berbagai indices data yang telah berkembang sedemikian pesat. Diantaranya ada SOI, Nino1, Nino2, Nino3, Nino3, Nino34, TNI, MEI, JMA, dan lain-lain.

  26. bayu Says:

    thanx y !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  27. denias Says:

    kurang lengkap mas…
    faktor apa saja yang membedakan “suhu permukaan air laut”

  28. La An Says:

    @sandra
    1. secara tidak langsung iya, krn fenomena El Nino dan La Nina berhubungan erat dengan perubahan iklim.
    2. untuk mengatasinya? sama seperti kita mengatasi perubahan iklim. tp akan lama sekali baru kita rasakan manfaatnya. skrg yg bisa kita lakukan adalah beradaptasi dan mnciptakan teknologi utk bisa beradaptasi terhadap perubahan ini…

    @slatem dan mulyadi
    trims bangat atas tambahan ilmunya… semoga ilmunya berguna buat orang lain…

    @bayu
    sama2…

    @denias
    maaf, saya tdak begitu mngerti. mkasudnya SPL berbeda kenapa gitu. saya juga belum tau kenapa spt itu…

  29. dempo Says:

    betul sekali..bagi anda yang punya berita terbaru tentang el nino tolong kirimkan email ke alamat saya dempo_mount@yahoo.com

    makasih

  30. yefta Says:

    blog yg mendidik… sip! fta_roeryaza@yahoo.com

  31. Liken Says:

    Kawan ko Mantap …………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Sy dengan teman-teman Polikant Tual Ucapkan terima kasih

  32. La An Says:

    @dempo
    sudah lama sekali saya tdak mnulis ttng perubahan iklim ini. mudah2an dalam waktu dekat ini saya bisa mnulis lagi

    @yefta
    terimakasih….

    @Liken
    Terimakasih….
    salam buat teman2 Polikant Tual

  33. dendy Says:

    bagaimana sih cara mengatasi masalah la nina dan penyebab terjadinya la nina?

  34. Intha Says:

    El Nina dan el Nino tu dampaknya kan lumayan merugikan banget,,,, truz bagaimana usaha kita dalam mengatasi dampak tersebut, karna itu kan sudah alamiah???????

  35. arasy Says:

    Blog edukatif. Lumayan buat bahan ajar. Great

  36. La An Says:

    @dendy
    mengatasi masalah dan penyebab terjadinya La Nina tidak seperti mengatasi permasalah kalau baju kita robek yang langsung bisa dijahit. La Nina dan juga El Nino adalah suatu masalah global yang juga diakibatkan oleh akumulasi masalah global. karena La Nina dan El Nino merupakan rangkain dari efek pemanasan global. maka cara nanggulanginya seperti kita nanggulangi peningkatan pemasan global…

    @Intha
    adaptasi…. kita harus cepat beradaptasi dengan perubahan iklim yang semakin cepat ini. salah satunya dampak akibat El Nino dan La Nina ini. pelajari dampak kedua fenomena itu dan coba untuk meminimalisir akibatnya. mengetahui prakiraan waktu kejadian akan lebih baik untuk meminimalisir dampak yang ada. misalnya dampak El Nina adalah kebakaran hutan. bila sudah tau atau ada tanda2 fenomena ini akan melanda indonesia, maka minimalkan untuk membakar hutan, karena efeknya akan lebih berbahaya bila dibandingkan pada tahun2 non El Nino. prakiraan kejaidan El Nino juga akan membantu para petani dalam menentukan jenis tanaman yang akan di tanam. El Nino menyebabkan kekeringan, jadi petani ga perlu nanam pada pada saat El Nino, tapi tanam jagung atau kedelai. karena kedua jenis tanaman ini tahan terhadap kekeringan

    @arasy
    terimakasih pak

  37. aziz Says:

    Tadi malam anak saya yang kls 2 Sekolah Dasar tanya tentang ini, sekarang sambil sarapan sabtu pagi saya bisa dengan gagah menerangkan “sedikit lebih tahu dari hari kemarin”
    Untuk penulis, teruslah berkarya dan terima kasih banget,

  38. La An Says:

    @aziz
    sama2… Alhamdulillah ternyata tulisan ini berguna buat bapak dan si kecil…

  39. anik Says:

    bacaan yang bermanfaat
    terima kasih. kapan-kapan saya download njeh

  40. Akin Says:

    Thx bro…btw dokter gunawan..(numpang leat nanya orang laen)klo siang panas sore hujan itu mempengaruhi tubuh..y…kek penyakit gthuu…penyakit ny model kek panas demam bgthuu bukan..??

  41. alev Says:

    matur suwun nggih…

  42. Bodro Says:

    Saya masih bingung, apa bedanya el nino, la nina dengan musim kemarau dan musim hujan yg terjadi di indonesia ?

  43. marisa wajdi Says:

    makin bingung mas..tapi sippppp!!

  44. La An Says:

    @anik & Akin & alev
    sama2… silahkan…

    @Bodro
    musim hujan dan musim kemarau merupakan gejala alam dalam hubungan nya dengan besaran curah hujan yang relatif tetap siklusnya dan relatif sama setiap tahunnya baik itu besarnya curah hujan maupun awal dan khir dari musim kemarau tersebut. nah klo EL Nino dan La Nina membuat sikls yang relatif tetap tersebut menjadi aneh dari biasanya baik itu besarnya curah hujan maupun mulai dan berakhirnya musim tersebut. kenapa berbahaya? kita taukan siklus itu suatu yang relatif tetap. krn relatif tetap maka proses bercoco tanampun relatif tetap misalnya klo nanam padi itu waktu musim hujan antara Oktober sampai Maret, klo nanam kacang2an antara mei sampai septrmber. akibat adanya el nino dan la nina kebiasaan ini berubah dan kadang kita ga tau harus nanam apa dan kapan harus nanamnya…

  45. Emi Says:

    Thax… bisa nambah reverensi aku nih…

  46. wulan Says:

    wah blognya pas banget sama tugasku. thx ya :)

  47. uLLi Says:

    Mengenai nilai SOI, bila SOI nya negatif bagaimana bila positif bagaimana?
    mohon penjelasan. Terima kasih

  48. ani Says:

    mas, dimana memperoleh data SOI, SST dan DMI 20 tahun terakhir ya. Bs bantu ga..
    Apakah semua wilayah indonesia data SOI, SST dan DMI nya sama??

  49. La An Says:

    @Emi & wulan
    sama-sama. alhamdulillah kalau ternyata membantu…

    @uLLi
    coba lihat pranala tulisan ini yang berjudul “Info El Nino dan La Nina terkini”

    @ani
    coba lihat tautannya di link di samping kanan pada bagian web. yaitu tautan bernama Index IOD dan Index SOI. untuk SST bisa didownload citra MODISnya yang tautannya saya simpan di bagian itu juga. untuk data DMI, yang terakhir datanya adalah tahun 2008, untuk SOI datanya selalu terupdate. data SOI dan DMI sama untuk seluruh Indonesia karena itu adalah indeks yang membandingkan kondisi di dua tempat yang berbeda. penjelasn tentang SOI bisa dilihat disini. untuk SST, karena merupakan hasil analisis citra, jadi berbeda2 setiap tempat, saya sarankan untuk tentukan dahulu lokasi dimana mau mengambil data SST dan analisislah menggunakan data citra MODIS tersebut

  50. jian Says:

    wichh pas2 aq mau cri tau tntang el nino
    thanksx truus tntang pmanasan globall dlll
    makasehx yg tuliis nie

  51. edri Says:

    apakah daerah kami pasaman barat propinsi SUM-BAR juga termasuk daerah dampak dari el nino tau la Nina karna disini siang panas sore hujan……….?
    thanks

  52. La An Says:

    @jian
    sama2…

    @edri
    saya belum tau itu. tp di sumbar saya rasa selain efek El Nino dan La Nina juda ada efek IOD. bisa jadi kedua fenomena itu terjadi bersamaan di daerah sumbar

  53. hafizh Says:

    okokokokokookokookokokkokoo

  54. nita Says:

    thanks ya an u memperdalam ilmu u ngajar kemurid2ku diprimagama

  55. nita Says:

    thanks ya an perbanyak lagi infonya

  56. kj_1104 Says:

    tks banget informasi.a,, sgt berguna trutama bwt yg lgii nyari tugas tntg la nina & el nino

  57. meri amalia Says:

    cara mengatasinya ??

  58. rizki Says:

    wow…
    keren banget, thanks ilmunya yaa!!

  59. aidil vitrah Says:

    apa hubungan antara angin tornado dengan al nina dan al nino ?

    mksiih sbLum nya . :D

  60. risal Says:

    “Thanks, Buat Semua Yang Sudah Menulis Tentang EL Nino Dan LA Nina.”
    Bermanfaat Sekali Buat.

  61. La An Says:

    @nita
    sama2… aq coba nambah2 lagi nanti… semoga berguna ya…

    @kj_1104, rizki, & risal
    sama2… semoga bermanfaat…

    @meri amalia
    untuk saat ini belum ditemukan cara untuk mengatasinya. karena belum diketahui secara pasti (secara ilmiah) apakah anomali iklim ini disebabkan oleh perubahan iklim. yang bisa kita lakukan saat ini hanya mencari cara penanggulangan akibatnya sama beradaptasi terhadap hal tersebut

    @aidil vitrah
    saya belum pernah melakukan studi ttng hubungan angin tornado dengan El Nino maupun La Nina. tp beberap studi menemukan adanya hubungan antara siklon tropis dengan kejadian El Nino dan La Nia

  62. El nino | Trimawiasa Says:

    [...] Selain terjadinya fenomena menghangatnya suhu permukaan air laut ( El Niño ) proses sebaliknya yaitu pendinginan permukaan air laut [...]

  63. syarif Says:

    trim’s ksih kk yg telah membuat web ni sya nak SMPN1 citeureup merasa senang karena ada web yg menceritakan tentang elnino & lsnins

  64. widhy Says:

    mkah yh ka’ an ttg pengetahuanx. pas bnget quu d ksh tgs ma guru cari tntang el nino dan la nina.. perdalam lg yh pengetahuanx .. mga sakses slalu..

  65. Fazlann Says:

    thanks a lot,
    sangat membantu sekali..
    salut,

  66. lia Says:

    makasih yaa
    bisa untuk ngerjain tugaas :D
    terbantu deeh :)

  67. Ana Yuliana Sabda Says:

    Thanks Yaa

  68. Biyanda Rarasari Says:

    Makasih atas infonya.
    Saya jadi tau.

    Oh ya saya mau bagi ilmu, tapi silahkan lihat di info.com
    =)

  69. arculeta helmi Says:

    Aku anak SMA SEJATERAH mksh tentang Infonya yawwwwwww

  70. arculeta helmi Says:

    nama aq HELMI SURYANATA ank SMA SEJATERAH XII IPS3

  71. AdeVanJava Says:

    thanks ya artikelnya,,,

  72. Dhevy Says:

    sya akan mempelajari tentang EL NINO dan EL NINA ithu akan bisa menambah ilmu pengetahuan

  73. Nurul Tiara Says:

    wah……bagus banget sungguh lengkap saya salut good job!!!!!!!

  74. pikih Says:

    daus

  75. Budi Says:

    tulisan ini sangat membantu dalam menyusun tugas…thanks.

  76. naufal septiansyah Says:

    trims karena sudah berturut turut gak ketemu akhirnya disini trims ya mass

  77. ismalia andi saputri Says:

    barng kali ujian masuk tentang la nino dan el nino :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!
  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 65 pengikut lainnya.