Faktor Penyebab Banjir (1)

Pada tulisan sebelumnya telah diceritakan apa itu banjir dan jenis2 banjirnya. Tapi kenapa kok bisa terjadi banjir…

Nah sekarang kita coba cari tau kenapa banjir bisa terjadi.

Pada dasarnya banjir itu disebabkan oleh luapan aliran air yang terjadi pada saluran atau sungai. Bisa terjadi dimana saja, ditempat yang tinggi maupun tempat yg rendah.

Pada saat air jatuh kepermukaan bumi dalam bentuk hujan (presipitasi), maka air itu akan mengalir ketempat yang lebih rendah melalui saluran2 atau sugai2 dalam bentuk aliran permukaan (run off) sebagian akan masuk/meresap kedalam tanah (infiltrasi) dan sebagiannya lagi akan menguap keudara (evapotranspirasi).

Sebenarnya banjir merupakan peristiwa yang alami pada daerah dataran abnjir, mengapa bisa alami??? Karena dataran banjir terbentuk akibat dari peristiwa banjir. Dataran banjir merupakan derah yang terbentuk akibat dari sedimentasi (pengendapan) banjir. Saat banjir terjadi, tidak hanya air yang di bawa tapi juga tanah2 yang berasal dari hilir aliran sungai. Dataran banjir biasanya terbentuk di daerah pertemuan2 sungai. Akibat dari peristiwa sedimentasi ini, dataran banjir merupakan daerah yg subur bagi pertanian, mempunyai air tanah yang dangkal sehingga cocok sekali bagi pemukiman dan perkotaan.

Itu faktor penyebab yg alami…. sekarang kita tengok yg tidak alami atau akibat dari perubahan

Ada dua faktor perubahan kenapa banjir terjadi

Pertama itu perubahan lingkungan dimana didalamnya ada perubahan iklim, perubahan geomorfologi, perubahan geologi dan perubahan tata ruang. Dan kedua adalah perubahan dari masyarakat itu sendiri

Hujan merupakan faktor utama penyebab banjir. Perubahan iklim menyebabkan pola hujan berubah dimana saat ini hujan yang terjadi mempunyai waktu yang pendek tetapi intensitasnya tinggi. Akibat keadaan ini saluran2 yg ada tidak mampu lagi menampung besarnya aliran permukaan dan tanah2 cepat mengalami penjenuhan.

bersambung ke…….

Pranala di Blog ini:

Apa sih Banjir…?
Faktor Penyebab Banjir (2): Perubahan Lingkungan
Pemanasan Global (catatan mengenai sebabnya)
Pemanasan Global (catatan mengenai akibatnya)
Pemanasan Global (Catatan mengenai cara menggurangi dampaknya)
Cuaca dan Iklim
Klimatologi untuk Pertanian
Perubahan Iklim di Bali
Susahnya Memprediksi Hujan
El Nino dan La Nina
Klasifikasi Iklim
Perlukan Informasi Peringatan Dini Kebencanaan???
Aplikasi GIS untuk Klasifikasi Iklim Schmidt-Ferguson
HUJAN
La Nina kah Penyebab Banjir Dimusim Kemarau?
Bencana Cuaca
Info El Nino dan La Nina terkini
Identifikasi Hubungan Fluktuasi Nilai SOI Terhadap Curah Hujan Bulanan Di Kawasan Batukaru-Bedugul, Bali
Perubahan Iklim; Tinjauan Pustaka
PENYEBAB VARIABILITAS HUJAN DI INDONESIA
Hubungan Efek Rumah Kaca, Pemanasan Global dan Perubahan Iklim
EROSI DAN PERUBAHAN IKLIM
PERTUKARAN CO2 ANTARA ATMOSFER DAN LAUT: Pendahuluan
EVALUASI ZONA AGROKLIMAT KLASIFIKASI SCHIMIDT-FERGUSON DI PULAU LOMBOK
About these ads

57 Tanggapan to “Faktor Penyebab Banjir (1)”

  1. niky 13thn Says:

    faktor yang dominan selain faktor yang di atas

  2. vin Says:

    hujan bukan termasuk penyebab banjir… jangan salahkan iklim…
    banjir terjadi karena air hujan yang melimpas di permukaan lebih banyak darai pada air yang meresap… sehingga seluruh air yang melimpas akan masuk ke dalam sungai, maka badan sungai tidak mampu menampung lagi… maka terjadilah banjir,,,

    reboisasi itu penting,,, dengan banyaknya pohon maka air yang meresap kedalam tanah akan lebih banyak daripada air yang melimpas,,, sehingga banjir dapat dicegah….

    sekali lagi jangan salahkan iklim,,, salahkan manusia yang menghuni bumi ini….

  3. La An Says:

    @niky 13th
    secara umum hanya itu penyebab banjir. tp klo ngomongin yg khusus itu bnyak. contohnya banjir jakarta februari 2002, juni 2004 dan februari 2007 itu terjadi pada saat minggu El Nino dan di atas kota jakarta ada fenomena MJO (Madden – Julian Oscillation), kedua fenomena ini sangat erat kaitannya dengan fluktuasi hujan.

    @vin
    faktor penyebab banjir itu ada banyak, salah satunya adalah hujan. di bilang utama karena air banjir berasal dari air hujan. umpamakan aja bahwa tempat hunian kita di bumi ini adalah sebuah wajan yg apabila di tambahkan sesuatu maka harus kita kelola. nah cara pengelolaannya itu bisa dengan reboisasi ataupun memperbaiki saluran2 sungai yang telah rusak sehingga wajan itu ga terus meluap. bila ga ada tambahan, wajan itu ga akan meluapkan? :) . hasil penelitian LAPAN 2007 bahwa penyebab banjir di jakarta itu ada 3 yaitu faktor hujan (klimatologi), perubahan penggunaan lahan dan kondisi hidrologi (penyempitan sungai, mengecilnya waduk dll).

  4. rafa Says:

    Banjir adalah hasil interaksi antara hujan dan kualitas lingkungan setempat. Kualitas lingkungan yang dimaksud adalah kondisi lingkungan daerah hulu ( hutan ), kondisi lingkungan daerah saluran (sungai,dll), kondisi tata kota, dan kondisi lingkungan daerah hilir. Memang hujan bisa jd faktor utama,namun banjir tidak akan terjadi jika kondisi lingkungan diatas masih terjaga dengan baik. ( Dalam hal ini kami BMG hanya berwenang dalam masalah data hujan saja baik evaluasi maupun prediksinya ke depan, so perlu koordinasi dengan instansi terkait yang bersifat kontinu dalam rangka memetakan daerah potensi banjir wilyah kita masing2).

  5. y-si Says:

    banjir tdk hanya dari ulah manusia tapi jg karna faktor alam

  6. La An Says:

    @rafa
    terimakasih atas penjelasannya pak. memang faktor2 penyebab banjir itu sangat kompleks

    @y-si
    iya, dan semua itu berinteraksi dan setiap tempat penyebab utamanya berbeda2

  7. muhammad syarif Says:

    apakah dengan mengendalikan aliran permukaan (run off) berarti sudah mengendalikan banjir?

  8. diah purnama Says:

    terima kasih atas penjelasannya,

  9. subadio Says:

    terimakasih atas penjelasannya. tapi apa benar yg ditulis itu?

  10. pHu3 Says:

    emH ..
    tHx ioo ??

    jaDi LEbIH gampaNg keRjain tugaS

    hho~
    bahasanya enak dan kayanya bisa di terima sma guru …

    makasiiih bNyak ..

  11. La An Says:

    @muhammad syarif
    hujan sebagai sumber air banjir jelas tidak mungkin di kendalikan. skrg tinggal yg ada di permukaan tanah. intinya gimana air hujan tidak semuanya mengalir sebagai air permukaan, tetapi juga masuk sebagai air bawah tanah. klo sudah air permukaan sudah melebihi kapasitas saluran irigasi, otomastis banjir/genangan pasti terjadi

    @diah purnama
    sama2

    @subadio
    sama2. dr sedikit ilmu yg saya peroleh. saya percaya, tulisan di atas sudah menggambarkan penyebab banjir

    @pHu3
    sama2…

  12. rahmat Says:

    hehe..ternyata la an tu km tho kang aan…ak rahmat yg numpang kasih beberapa pendapat ttg banjir atas nama rafa…

  13. ocidfm@yahoo.com Says:

    banjir ada 2 macam, 1) banjir cileuncang terjadi dipinggir atau disepanjang jalan raya, banjir ini terjadi ketika hujan turun dan air tidak mengalir ke saluran drainase, ini dapat diakibatkan oleh tidak berfungsinya saluran drainase atau perencanaan geometrik jalan yang salah. atau bahkan untuk sebagaian jalan di kota-kota besar tidak tersedia saluran drainase 2) banjir akibat meluapnya air sungai, ini diakibatkan oleh karena sungai sudah tidak dapat menampung air yang masuk ke dalam aliran sungai. banjir yang ke 2 inilah kalau kita telusuri asal-muasalnya adalah akibat dari keserakahan manusia, untuk mendapatkan yang lebih dengan cara penggundulan hutan……………..

  14. La An Says:

    @rahmat
    iyo pak… thanks ya… :D

    @ocidfm@yahoo.com
    trimakasih infonya… mungkin untuk yg nomor satu saya lebih cenderung ke pengertian genangan…

  15. Jenny :P Says:

    Banjir adalah kelalaian manusia juga sich suka buang sampah sembarangan,ntar kalau uda banjir baru mengeluh….huhuhuhu T-T,SO bagi kita kita yang doyan buang samapah sembarangan nich mulai sekarang keep clean dech,untuk apa ada tong sampah kalau gak dipergunakan,setuju khan……hahahaah

  16. claudya Says:

    apa akibat yg ditimbulkan banjir?

  17. claudya Says:

    pak,, mohon bantuan nya ya……

    saya lagi ada tugas buat karya tulis tentang banjir…

    pertanyaan saya………….
    dampak apa yg terjadi akibat banjir bagi kehidupan??

  18. La An Says:

    @claudya
    coba baca buku “Hutan dan Banjir” ama Proseding ini. semoga membantu

  19. miniminimo Says:

    kok kayaknya hujan bukan penyebab banjir,ya?

  20. miniminimo Says:

    wah,artikelnya bagus banget.Cocok buat tugas gw:-)

  21. Rizal Says:

    hujan bukan penyebab banjir. Tapi loe jarang mandi. Heheheheheheh

  22. amsar Says:

    Salam kenal dari saya, Muhammada Amsar di Banda Aceh, sangat menarik dari argumen2 taman2, memang benar kalo bencana alam ini bukan kita salahkan satu faktor, kitab suci kita al-qur’an karim juga sudah lebih detil menerangkan, sebab2 terjadi kerusakan di muka bumi, karena ulah perbuatan manusia, manusai yang mana? mereka yang tidak beriman kepada Allah SWT, manusia yang suka berbuat dhalim, dhalim kepada ALLAH SWT, dhalim kepada makhluk, dhalim kepada diri sendiri, dan semua yang dilarang oleh agama Islam.
    oke,, sekian dulu, tapi yang sangat menarika adalah bagaimana kita bisa buat sebuah model dnegan perkiraan kapan terjadinya bencana banjir, apalagi negara kita adalah wilyah yang rentan penyakit Sang banjir ini, semoga degnan musibah alam ini, kita bisa sadar kalau kejadian yang tidak kita inginkan terjadi tanpa kita ketahui,.. Wallahu’alam… salam bahagian kepada kamu yang terus mempersiapkan diri menuju Persiapan di akhirat kelak..

  23. ndah15 Says:

    mudah-mudahan indonesian gak banjir lg

  24. Murid_Rajin Says:

    thx bgt y kk, gara2 kk aku jadi lbih gmpg nih krjain tugasnya, hhe

  25. Murid_Rajin Says:

    Jayus bgt seh lo, ga jlz

  26. Rizal Says:

    nape ? lo ga sneng ?

  27. regakanata Says:

    lg pada ngomongin apaan sich????

  28. Yongky Says:

    Bnjir trjdi krn ktidak fungsiany tanah mengerosikan air scr bsar2an dan ktidak teraturany daratn jg bs menjdikn bnjir tp smw tu bs trtanGgulanGi bila kt menjga lingkungn kt

  29. YUYUN Says:

    BUKAN SETAKAT 2 JE PERUBAHAN IKIM DUNIA Y MENYEBABKAN KEADAAN BANJIR. CUACA GLOBAL Y SEMAKIN PANAS MENYEBABKAN AIS DIKUTUB UTARA SEMAKIN CAIR DAN ADA SEBAHAGIAN AIS 2 BERPINDAH TEMPAT KEDUDUKANNYA. DI ASTRULIA TELAH MUNCUL KETULAN AIS YANG BESAR SELUAS 100 PADANG BOLA ADALAH SALAH SATU PUNCA PEMANASAN GLOBAL HARI INI.

  30. yanty Says:

    cocok buanged dehc buat tgs ku,, thnx

  31. yanty Says:

    cara menanggulanginya gmna ea ?

  32. M4RW4N H4K1M Says:

    ALHAM DULILLAH, dgn adx informasi kita dpt mengethui sgla berita yg blum kita ketahui.
    Thanks . . .

  33. b4rr0n Says:

    bagai mana cara menanggulanginya?….

  34. b4rr0n Says:

    kita bisa chat loh di sini hahahaha…..:)

  35. fitri Says:

    pemerintah terhadap banjir bisa menaggulangi dengan cepat and aegera

  36. vivid Says:

    .,.,ape to.,????

  37. sesilya ELF Says:

    .

  38. Althea Allegramente Marcello Says:

    Guru” skarang up-to-date yah ..

  39. lalu yuan virarki Says:

    apakah terjadinya bencana banjir hanya di sebabkan oleh ulah manusia,,,,??

  40. zivilia Says:

    tidak ula manusia saja tapi banjir juga disebut cobaan dariyang maha kuasa

  41. Firman Says:

    Sangat memprihatinkan sebagai negara kepulauan kita belum bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam yg dimiliki untuk kesejahteraan rakyat dan bangsa…. Semoga para pemimpin bangsa ini terus berjuang bahwa rakyat membutuhkan kearifan dan keseriusan untuk menuju indonesia yang jaya

  42. Zhaim Says:

    Klo kemarin gubernur DKI bilang, “jakarta tidak banjir, hanya terjadi genangan di sejumlah titik”. Klo bs dijelaskan sbenarnya apa sie bedanya banjir n genangan???

  43. La An Says:

    @Zhaim
    banjir dalam bhasa inggris itu artinya flood, klo genangan itu inundation. klo banjir/flood itu terjadi karena meluapnya saluran. sedangkan genangan/inundation itu terjadi karena air yang masuk (air hujan) tidak memiliki tempat untuk keluar. untuk mengerti genangan, bayangin aja air yang ada dalam baskom. ga ada tempat untuk mengalir kan dia hehehehe… sebenarnya ada kok tempat kluarnya air tersebut seperti lewat evapotranspirasi atau infiltrasi (secara alami), atau di buatkan saluran2 kecil (buatan) yang menuju ke sungai-sungai…

  44. reny Says:

    bRi solusi donkk spy bnjr tdkkRjDi lgiiiiiiiiiiiiiiii ?????????

  45. Krsyithent Says:

    Thanks for the information posted. Sorry for my English

  46. navista Says:

    .trima kasih ya? penjelasannya!

  47. 2010 in review [Terimakasih dah mengunjungi] « A.R. As-syakur Says:

    [...] Teratas Hubungan Efek Rumah Kaca, Pemanasan Global dan Perubahan IklimFaktor Penyebab Banjir (1)Faktor Penyebab Banjir (2): Perubahan LingkunganEl Nino dan La Nina serta dampaknya di [...]

  48. putry Says:

    . makasih yaa untuk semua penjelasan tentang bencana banjir !!!!!!!!!

  49. MR24 Cell Says:

    Banjir tidak akan teratasi sampai kapan pun! hanya kita bisa meminimalisir

  50. yosion Says:

    |I’d have to check with you here. Which is not something I usually do! I enjoy reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to comment!

  51. meriyanti surbakti Says:

    menurut qw banjir tu masalah kecil,asal kita mau menjaga lingkungan kita n giat berdoa, gbu
    he……he….

  52. Jefrido Nxs Tarix Jabrixs Says:

    tRmksH Krena tenTng ide ini sYa dPt meNylesaikan kliPing q……………___

  53. Fahrizal Says:

    Mungkin Karena tuhan telah muak terhadap polah tingkahlaku manusia

  54. Maulida Ikrima Khan Says:

    kenapa ya/??.. kok di dunia ne ada banjir juga?hehehe..

  55. ainy Says:

    kurag lengkap

  56. vitha Says:

    kurang lengkap, tugas kelompok ga selsai.

  57. Solar Energy Home Affordable Says:

    After checking out a handful of the blog posts on your web page, I seriously appreciate your technique of blogging.

    I saved it to my bookmark website list and will be checking back in the near future.
    Take a look at my web site too and tell me how you feel.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • counter
  • Add to My Yahoo!
  • Powered by WordPress - WordPress Blogs Directory
  • Top Academics blogs
  • Bookmark and Share
  • Monitored by Pingdom
  • Review www.mbojo.wordpress.com on alexa.com
  • free counters
  • Read this FREE online!
  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 66 pengikut lainnya.